Inilah 3 Maskapai Penerbangan Terbaik di Indonesia

Di Travelling 4394 views

Bagi sebagian orang yang senang bepergian jarak jauh dengan menggunakan pesawat pasti sudah bisa merasakan dan membedakan maskapai penerbangan terbaik versi diri sendiri, hehe. Sebagaimana yang lain, saya juga mempunyai versi sendiri. Ada 3 maskapai paling baik di Indonesia menurut saya ­čśÇ

Mungkin penilaian saya tidak objektif dalam hal ini karena saya belum pernah mencicipi semua maskapai yang ada di Indonesia. Hanya saja ada kriteria tertentu yang bisa dilihat atau diamati melalui media ataupun testimoni dari orang lain setelah menggunakan jasa transportasi masal itu. Nah, kriteria terbaik menurut saya harus meliputi 4 hal:

  • Pelayanan kepada pelanggan
  • Harga tiket pesawat
  • Rute penerbangan
  • Ketepatan jadwal

Baiklah langsung saja inilah 3 maskapai penerbangan terbaik di Indonesia versi saya:

1. Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan Indonesia milik BUMN ini saya nobatkan sebagai maskapai terbaik untuk posisi pertama. Sudah beberapa kali saya naik garuda domestik ke berbagai rute. Saya rasa ini maskapai yang paling keren, paling keren biayanya, mahal maksudnya haha. Tapi bener, meskipun mahal diimbangi dengan pelayanan yang TOP.

Tidak hanya pelayanan yang baik, Garuda Indonesia paling jarang delay untuk rute kota-kota besar kecuali jika ada keadaan cuaca tidak mendukung. Garuda juga yang mempunyai rute ke seluruh wilayah Indonesia, dari kota besar hingga pelosok negeri.

 

Banyaknya rute menjadikan Garuda satu-satunya pilihan yang mengedepankan kenyamanan bagi penumpang. Saya kira pelayanan menjadi prioritas semua maskapai, tapi terkadang tidak sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Untuk rute sebenarnya ada pesaingnya lion air yang juga mempunyai rute yang sangat banyak. Tapi Garuda mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan burung besi lainnya.

Masalah tiket memang Garuda tidak main level bawah, tapi sepadan dengan pesawatnya. Jarak antar tempat duduk lebih luas dan tidak ada pembedaan kursi. Maksudnya jika di pesawat lain, ada jarak antar kursi yang lebih luas tapi hanya untuk kursi terdepan dan tengah saja. Sedangkan Garuda mempunyai jarak kursi yang cukup luas untuk semua seat.

maskapai penerbangan termurah di Indonesia, maskapai penerbangan terbaik di indonesia, garuda indonesia

Bahkan ada salah seorang temanku waktu itu minta dibelikan tiket pesawat, dia hanya mau Garuda. Kata dia tubuhnya gemuk, jika naiknya Garuda, kursi satu baris yang harusnya isi 3 orang dia duduki berdua bersama istri. Sedangkan jika pesawat lain hanya muat satu orang ­čść

Jika dua kursi saja untuk satu orang, kebayang kan betapa gemuknya orang itu. Padahal menurutku besarnya kursi sama saja, hanya jaraknya yang beda. Atau hanya perasaan saja ya, haha

Pembelian tiket Garuda juga cukup mudah karena websitenya user friendly untuk memesan tiket pesawat secara online. Sudah begitu tidak ada opsi penambahan biaya untuk memilih seat. Bagasi gratis yang tersedia juga cukup banyak, 20 kg. Check in online garuda bisa dilakukan 3 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

2. Lion Air

Maskapai kedua terbaik di Indonesia adalah Lion Air. Meskipun maskapai ini yang paling sering muncul di media dengan berita buruk tapi tetap saja penumpangnya berjibun. Lion Air tidak pernah sepi dan menang pada jumlah pesawatnya, terbanyak di Indonesia.

maskapai penerbangan termurah di Indonesia, maskapai penerbangan terbaik di indonesia, garuda indonesia

Rutenya pun demikian, jadi Lion Air itu sebenarnya masih wajar sering kita lihat di media dengan berbagai masalah sebab pesawat dan rutenya juga banyak. Jelas saja banyak muncul keluhan dari penumpang, sebab Lion Air mempunyai penumpang terbanyak diantara maskapai lain. Penumpangnya banyak juga karena pesawatnya banyak. *Muter-muter nggak karuan haha*

Berbeda dengan Garuda, Lion menyasar harga untuk level bawah. Terbukti dengan banyaknya promo dari maskapai berlogo singa tersebut. Lion juga memberikan gratis bagasi sebanyak 15 kg untuk setiap penumpang. Kemudahan lain diantaranya penjualan tiket bisa dengan mudah diperoleh secara online dan ada fasilitas check in online yang memungkinkan penumpang tidak antri lagi di counter check in bandara. Namun check in via web hanya bisa dilakukan 1 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

3. Air Asia

Meskipun bukan pesawat dari dalam negeri, Air Asia mempunyai banyak rute penerbangan di wilayah Indonesia. Tercatat 16 rute ke seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Banda Aceh hingga Lombok. Saya pernah menulis tentang Air Asia maskapai termurah di Indonesia.

Kenapa Air Asia ada di tempat ketiga, karena maskapai ini bukan milik Indonesia ­čśÇ Juga karena murah bukan berarti terbaik, karena ada beberapa kriteria yang merupakan terbaik, halah. Kelebihan Air Asia yang saya kagumi memang ada harga tiketnya. Sebenarnya tiket standarnya Air Asia juga tidak murah bahkan tergolong mahal. Akan tetapi promonya itu yang murahnya nggak ketulungan.

maskapai penerbangan termurah di Indonesia, maskapai penerbangan terbaik di indonesia, garuda indonesia

Dulu sebelum ada peraturan bahwa setiap maskapai harga murah harus ada penambahan biaya bahan bakar, Air Asia gila-gilaan murahnya. Paling murah yang pernah saya dapat sebesar 55 ribu pergi-pulang. Sekarang promonya masih murah juga tapi tidak semurah dulu.

Meskipun murah pelayanan Air Asia juga tetap terjaga loh. Selama saya menggunakan Air Asia baru satu kali kena delay, itupun karena cuaca buruk. Eh, waktu itu ada kendala teknis juga sih, tapi sebentar saja.

Untuk pembelian secara online tidak perlu dijelaskan lagi, website memang dikhususkan benar-benar untuk memudahkan penumpang memesan tiket. Diantara situs resmi maskapai yang saya kenal, Air Asia lah yang paling unggul. Loading cukup cepat dan tampilannya user friendly. Selain itu juga responsive, bisa dibuka menggunakan gadget apa saja, laptop, tablet, smartphone dan lainnya.

***

Demikian beberapa maskapai terbaik di Indonesia versi saya. Tulisan ini ditinjau dari saya sendiri seorang penumpang. Saya bukan ahli atau pengamat maskapai penerbangan, tapi hanya iseng saja, haha. Tergantung Anda ingin pesawat yang mempunyai keunggulan dimana.

Kalau mau yang premium maka pilih Garuda, tapi jika suka harga murah ya pilih Air Asia. Jika yang penting ada pilih saja Lion Air karena pesawatnya paling banyak. Kalau saya sih sebenarnya maunya yang penting ada, cuma di Pekalongan belum ada bandara, wkwkwk.

*Note:

Mungkin tulisan ini sudah tidak relevan saat Anda membacanya dikarenakan sekarang, 
era teknologi semakin berkembang. Tentu saja perubahan ke arah lebih baik akan 
ditempuh setiap maskapai. Dan kelebihannya, para penumpanglah yang diuntungkan :)

Tags: #3 Maskapai Penerbangan Terbaik #AirAsia #Garuda Indonesia #Lion Air #Maskapai Penerbangan di Indonesia

author
Penulis: 
Blogger asal Pekalongan yang punya mimpi BESAR. Terima kasih telah membaca tulisan saya, silakan SHARE jika bermanfaat!
Baca Juga×

Top