6 Tips Cegah Mabuk Kendaraan

Di Travelling 612 views

Sebentar lagi ‘momen tahunan’ para anak rantau terjadi, mudik. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang sering mabuk kendaraan saat mudik

Tidak enak rasanya mabuk kendaraan, pergi kemana-mana berasa tersiksa dalam perjalanan. Tidak hanya itu, orang-orang yang ada dalam kendaraan bersama Anda pun akan terganggu. Mabuk kendaraan biasanya terjadi para orang yang tidak pernah atau jarang bepergian menggunakan kendaraan baik umum maupun pribadi.

Berdasarkan jenis kendaraan yang ada, mabuk kendaraan juga terbagi atas itu, ada tiga. Mabuk laut, mabuk darat, dan mabuk udara. Mabuk laut disebabkan karena menumpangi kendaraan laut, kapal. Begitu juga yang lain, mabuk berdasarkan jenis kendaraan yang ditumpangi (darat, laut dan udara).

enam tips hindari mabuk kendaraan, mabuk di pesawat, mabuk perjalanan, mual dan muntah di kendaraan, kendaraan umum, penyebab mabuk kendaraan

Penyebab Mabuk Kendaraan

Dalam istilah medis, mabuk kendaraan disebut juga dengan motion sickness. Yaitu terganggunya pusat keseimbangan sistem vestibular yang terletak di dalam telinga. Gangguan keseimbangan ini juga bisa disebabkan karena naik kendaraan.

Efek yang terjadi jika sistem keseimbangan terganggu diantaranya, timbul perasaan tidak enak, pusing, mual bahkan muntah hingga lemas. Secara medis bisa digambarkan, saat ada gangguan pada pusat keseimbangan tubuh akan mengeluarkan hormon histamin. Hormon ini yang menyebabkan mual bahkan sampai memperparah muntah.

Sebelum tahu cara menghindarinya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja faktor penyebab terjadinya mabuk kendaraan. Dengan mengetahui penyebab mabuk kendaraan maka diharapkan bisa meminimalisir mabuk kendaraan.

Secara umum, mabuk kendaraan terjadi karena faktor penyebab berikut ini:

  • Kendaraan bergerak cepat sehingga timbul guncangan keras
  • Bau tidak sedap dalam kendaraan
  • Suasana kendaraan sumpek karena kadar oksigen rendah
  • Posisi duduk tidak nyaman dan tidak seimbang
  • Tips Hindari Mabuk Kendaraan

Satu hal yang perlu ditanamkan dalam pikiran Anda, meskipun sering mabuk kendaraan bukan berarti setiap naik kendaraan Anda pasti mabuk. Yakinlah bahwa keadaan tersebut bisa membaik dan Anda tidak mabuk kendaraan lagi setelah melakukan tips-tips ini.

Jika Anda sendiri tak yakin bisa menghentikan kebiasaan mabuk saat naik kendaraan maka jangan lakukan enam tips hindari mabuk kendaraan berikut ini:

1. Minum obat anti-histamin

Sebagaimana telah diketahui bahwa hormon histamin sebabkan mual bahkan memperparahnya hingga muntah. Agar tidak mabuk kendaraan maka Anda bisa mengkonsumsi obat anti-histamin. Obat tersebut adalah dimenhidrinat. Telah banyak warung-warung menjual obat jenis ini dengan berbagai merk. Minumlah dua jam sebelum berangkat, jika masih mual dalam kendaraan maka Anda bisa meminumnya setelah 6 jam dari obat yang pertama diminum.

2. Usahakan duduk di depan

Jika Anda naik kendaraan umum, angkot misalnya, maka Anda yang gemar mabuk kendaraan lebih baik duduk di depan. Duduk di depan bertujuan agar guncangan dari mobil sedikit berkurang tidak seperti duduk di belakang. Selain itu pandangan Anda harus lurus ke depan dan tertuju pada benda yang jauh di depan. Namun sayang tips ini tidak bisa diaplikasikan pada kendaraan tertentu seperti kereta, kapal dan pesawat.

3. Makan sebelum naik kendaraan

Ini penting tapi sering dilupakan. Bahkan ada yang beranggapan bahwa makan sebelum naik kendaraan itu sia-sia belaka sebab di dalam kendaraan juga akan dimuntahkan. Hal itu salah kaprah, justru setelah makan perut sudah terisi dan energi lebih besar dan tidak lemes yang malah semakin membuat mual dan muntah.

4. Hindari bau menyengat dalam kendaraan

Bau-bau menyengat yang dimaksud seperti asap rokok, bau bensin, termasuk bau parfum yang menyengat. Bau-bauan seperti itu akan merangsang hidung dan membuat perut bertambah mual. Mungkin pada kendaraan umum, hal ini susah dihindari karena kita berada pada kendaraan yang tidak hanya kita yang menumpang.

5. Pandangan jangan terfokus pada satu hal

Jangan fokuskan pandangan Anda pada satu hal. Misalnya membaca sms ataupun membaca buku. Sesekali selang beberapa menit Anda harus berganti pandangan pada benda yang tidak bergerak di dalam kendaraan. Pandangan yang tertuju pada satu benda saja biasanya justru membuat semakin mual dan muntah.

6. Makan permen mint atau jahe

Permen jahe atau rasa mint sedikit membuat lega di dalam kendaraan saat mual. Anda bisa membeli permen sebelum berangkat naik kendaraan. Atau jika tidak ada permen mint atau jahe, Anda bisa memakan jeruk manis. Buah jeruk ternyata efektif sebagai anti mual.

Demikian 6 tips cegah mabuk kendaraan yang harus dilakukan saat melakukan perjalanan dengan kendaraan. Jika Anda membawa kendaraan pribadi opsi paling baik berhenti untuk istirahat terlebih dahulu sembari jalan dan melihat pemandangan di luar mobil. Memandang dedaunan hijau akan jauh membuat kita semakin lega.

Tags: #Motion Sickness #Tips Cegah Mabuk Kendaraan

author
Penulis: 
Blogger asal Pekalongan yang punya mimpi BESAR. Terima kasih telah membaca tulisan saya, silakan SHARE jika bermanfaat!
Baca Juga×

Top