7 Cara Aneh Kurangi Stres yang Bisa Anda Coba!

Di Kesehatan 593 views

 Cara Aneh Kurangi Stres

Stres merupakan efek alamiah yang terjadi pada seseorang manakala ada suatu hal yang mengganggu pikiran. Misalnya pekerjaan menumpuk, baru putus cinta atau yang lain. Stres bisa timbul kapan saja selagi kita masih bernyawa. Akan tetapi stres berlebihan bisa membahayakan seseorang bahkan yang paling fatal bisa mengancam nyawa.

Liburan bersama keluarga merupakan salah satu cara mengatasi stres yang paling umum. Selain itu berolahraga atau melakukan hobi yang disukainya tentu akan membuat pikiran sedikit lega. Namun, Anda akan terkejut dengan cara-cara kurangi stres ini.

Ada 7 cara aneh kurangi stres yang bisa Anda coba di rumah, meskipun cara ini ‘sedikit’ tidak wajar bagi orang pada umumnya:

1. Meledakkan balon

Terdengar aneh, tapi meledakkan balon akan membuat Anda lebih tenang ketika stres melanda. Syaratnya, balon yang diledakkan ditiup sendiri. Saat menium balon, Anda akan terpaksa menghirup dan menghembuskan nafas secara perlahan dan berkali-kali. Sehingga diafragma bekerja dan akan membuat stres berkurang.

Siapkan balon-balon tiup yang banyak dilaci kantor atau lemari rumah, agar setiap saat Anda merasa stres bisa mengaplikasikan cara aneh ini.

2. Menjerit sekeras-kerasnya

Jangan cuma menjerit saat marah atau galau saja, menjeritlah saat stres dengan jeritan semaksimal mungkin. Sebab dengan begitu Anda akan mendapatkan ketenangan dan kontrol. Meskipun sederhana, cara aneh ini mampu mengurangi stres dan telah terbukti. Hanya saja jangan dilakukan dalam kantor atau di rumah, bukan ketenangan yang didapat, justru keributan dengan rekan kerja dan orang rumah terjadi.

3. Minum segelas jus jeruk

 Kortisol merupakan hormon stres dapat diturunkan dengan vitamin C. Jeruk merupakan salah satu buah dengan sumber vitamin C yang baik. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 120 orang di Jerman yang mengalami stres. Hasilnya bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen lebh rendah tingkat kortisolnya. Selain menyegarkan di siang hari, Anda bisa meminum jeruk saat stres yang biasa terjadi siang hari menjelang sore.

4. Memijat telinga

Ah, ini lebih aneh, padahal hanya memijat telinga, tak tahunya bisa mengurangi stres. Tahukah Anda bahwa pada telinga Anda terdapat titik-titik tekanan yang dapat membantu mengatur emosi. Dengan sentuhan yang benar maka ketenangan akan Anda dapatkan.

Caranya: Gosok perlahan daerah dalam telinga dengan jari Anda dan bergerak ke daerah-daerah rawan luar. Lakukan berulang kali selama 3 menit untuk masing-masing telinga. Cara aneh kurangi stres ini bisa Anda aplikasikan ketika sedang istirahat di kantor atau dimanapun.

5. Ngemil kacang Pistacio

Kacang Pistacio ini memang kurang populer daripada kacang almond. Mungkin karena harganya yang mahal, biasanya oleh-oleh haji sering bawa jenis kacang ini. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Penn State University ditemukan bahwa ngemil 300 gram pistachio sehari akan membuat arteri lebih tenang dan jantung tidak bekerja terlalu keras.

6. Menghirup aroma terapi

Menghirup aroma terapi memang bisa mengurangi stres. Bahkan cara ini sudah umum dilakukan oleh para bule di kampung halamannya. Aroma-aroma lain yang biasanya disukai diantaranya lavender, melati, vanili, kelapa dan aroma lain.

7. Berjalan di atas rumput tanpa alas kaki

Setiap pulang kerja, sempatkan bersantai di atas rumput taman depan rumah Anda. Atau Anda bisa mendatangi taman-taman kota dan berjalanlah di atas rumput tanpa alas kaki. Selain mampu mengurangi stres, berjalan di atas rumput dengan telanjang kaki juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan, memperbaiki kualitas tidur, mengatur keseimbangan kadar gula darah dan variabilitas detak jantung

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top