Adakah Tradisi Tunangan Dalam Islam?

Di Islam 2217 views

Tradisi Tunangan Dalam Islam

Pernikahan adalah ibadah suci yang terkandung dalam Al-Quran dan Hadits-hadits Nabi. Pernikahan sendiri terdapat beberapa hikmah dan keistimewaan maka barangsiapa yang mampu melaksanakan dengan sempurna serta menjadikan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warohmah maka ia beserta pasanganya akan mendapatkan pahala yang luar biasa. Di dalam pernikahan banyak tatacara atau tradisi-tradisi yang harus dijalani mulai dari sebelum prosesi akad nikah hingga resepsi pernikahan. termasuk didalamnya adalah tradisi tunangan.

Tradisi Tunangan Dalam Islam

Dizaman sekarang ini sudah tidak asing lagi bagi kita dengan istilah tunangan. Kata atau istilah tersebut sudah dikenal mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas dari desa hingga kota pasti mengenal istilah tunangan. Sebenarnya istilah tunangan sudah dikenal dalam islam hanya saja dalam istilah lain yaitu khitbah. Namun khitbah yang ada dalam islam seakan-akan berbeda jauh dengan apa yang ada sekarang ini.

Dalam prosesi tunangan yang kita ketahui kedua pasangan diharuskan memakaikan cincin di jari pasanganya namun dalam syariat khitbah tidak diharuskan demikian bahkan dengan memakaikan cincin di jari pasanganya harus bersentuhan dengan pasanganya hal tersebut tidak dibolehkan dalam ajaran islam karena mereka belum sah dalam ikatan perkawinan.

Khitbah/Tunangan/Pinangan menurut syariat adalah langkah penetapan atau penentuan sebelum pernikahan. dalam islam dianjurkan untuk menyembunyikan atau tidak meramaikan pinangan dalam artian perayaanya dalam batas-batas yang lebih sempit dengan hanya melibatkan anggota keluarga saja tidak perlu mengadakan acara ramai-ramai layaknya pernikahan.

Di Indonesia sendiri banyak istilah untuk Tunangan. Dalam bahasa Jawa tunangan berarti tetalen yang diambil dari kata tali. Karena seseorang yang telah mengikuti istilah tersebut merasa tali sudah mengikat mereka. kedua pasangan tetalen tidak bisa memilih atau menerima pasangan untuk pernikahanya selain dengan pasangan tetalen itu sendiri kecuali ikatan itu sudah terputus.

Kesalahan Setelah tunangan

Suatu kesalahan yang sering terjadi di masyarakat banyak yang menganggap bahwa mereka yang sudah mengkhitbah seolah-olah sudah menikah sehingga kerap melakukan hal-hal yang dilarang agama seperti pergi berdua, bergandengan tangan, atau lebih dari itu semuanya di haramkan dalam islam dan hendaknya calon pengantin tidak merusak kesucian pernikahan dengan sesuatu yang diharamkan Allah Subhanahuwata’ala.

Khitbah adalah proses mukadimah dan belum terjadi pernikahan oleh karena itu untuk menghindari kemaksiatan dianjurkan agar jarak antara waktu khitbah dan akad nikah tidak terlalu lama sehingga calon istri tidak lama dalam waktu menanti.

Bertunangan/Khitbah dalam islam bertujuan untuk mengikat antara calon pasangan dan proses untuk saling mengenal antara kedua belah keluarga calon pasangan. Tetapi kita sebagai muslim yang baik hendaknya bisa melakukan khitbah sesuai syariat islam yang benar

Tags: #Tunangan #tunangan dlam islam

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top