Apakah Hewan Juga Masuk Surga? Ini Penjelasanya

Di Islam 3346 views

Apakah Hewan Juga Masuk Surga

Setiap mahkluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Jika manusia mati maka akan dibangkitkan saat hari pembangkitan untuk di hitung amal perbuatan baik dan perbuatan jeleknya. Setelah itu manusia akan mendapatkan balasan atas amal perbuatanya selama di dunia ini berupa surga ataupun neraka. Lalu bagaimana dengan hewan apakah hewan juga masuk surga atau masuk neraka?.

Apakah Hewan Juga Masuk Surga?

Pertanyaan semacam ini kadang terlintas dibenak kita. Banyak diantara kita yang belum mengetahui kemana hewan-hewan yang sudah mati apakah masuk surga atau masuk neraka? Apakah hewan juga akan dibangkitkan lagi di hari kiamat kelak seperti manusia?

Allah Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya:

“Tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.” [QS. Al-An’am: 38]

“Apabila binatang-binatang dikumpulkan.” [QS At-Takwir: 5]

Ayat tersebut diatas menunjukan bahwa semua makhluk termasuk hewan akan dikumpulkan kelak. Hewan akan dibangkitkan untuk di qishas atau dilakukan pembalasan atas kedzaliman atas sesama mereka.

Hewan Akan Diqishas

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

Allah akan menegakkan qishas antar-semua makhluknya, jin, manusia, dan binatang. Pada hari itu, akan diqishas dari kambing yang tidak memiliki tanduk untuk membalas kambing bertanduk. Hingga setelah tidak tersisa lagi kedzaliman apapun yang belum terbalaskan, Allah berfirman kepada binatang, “Jadilah tanah.” di saat itulah, orang kafir mengatakan, “Andai aku menjadi tanah.” [HR. Ibnu Jarir dalam tafsirnya, 24/180 dan dishahihkan al-Albani].

Hadis ini menunjukkan bahwa binatang dibangkitkan oleh Allah. Hanya saja mereka tidak mendapat balasan berupa pahala atau hukuman. Mereka tidak berakal. Akan tetapi mereka diqishas, selanjutnya dijadikan tanah. Karena itu, kita tidak menyatakan bahwa binatang yang perah hidup di dunia ini, ada yang dimasukkan ke  dalam surga.

Baca Juga :

Hewan ini dilarang untuk dibunuh

Hewan yang disunnahkan untuk dibunuh

Tags: #apakah hewan masuk surga #hewan akan di qishas #hewan akan dibangkitkan #hewan masuk surga

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top