Beribadah 24 Jam Non Stop, Kok Bisa?

Di Islam 1340 views

Beribadah 24 Jam

Segala sesuatu yang Allah ciptakan, baik di langit maupun di bumi pasti ada tujuan dan hikmahnya. Tidaklah semata mata karena hanya suka-suka saja. Bahkan seekor nyamuk pun tidaklah diciptakan sia-sia. Begitupula manusia diciptakan oleh Allah Subhanahuwata’ala memiliki maksud dan tujuan tertentu. Manusia diciptakan tidak lain bertujuan untuk beribadah kepada Allah Subhanahuwata’ala sebagaimana yang disebutkan dalam firman-Nya.

Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”. [QS. Adz Dzariyat: 56]

Ayat di atas jelas menyebutkan bahwa tujuan diciptakanya manusia adalah untuk beribadah, hanya menyembah Allah Subhanahuwata’ala semata.

Apa makna ibadah?

Ibadah secara bahasa berarti perendahan diri, ketundukan dan kepatuhan. Adapun secara istilah Ibadah adalah suatu istilah yang mencakup segala sesuatu yang dicintai Allah dan diridhai-Nya, baik berupa perkataan maupun perbuatan, yang tersembunyi (batin) maupun yang nampak (lahir).

Beribadah 24 jam Non Stop

Beribadah tidak hanya sholat saja, semua aktifitas yang kita lakukan apabila aktivitas tersebut tidak mendatangan dosa maka bisa bernilai ibadah. Berbuat baik kepada orang atau hewan , memanjatkan do’a, berdzikir, bekerja, membaca Al Qur’an dan lain sebagainya adalah termasuk bagian dari ibadah maka hendaknya setiap aktivitas yang kita lakukan harus bernilai ibadah.

Agar semua aktifitas kita bernilai ibadah maka harus dimulai dengan niat yang tulus dan disertai doa karena segala amal perbuatan kita tergantung pada niatnya. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa salam bersabda:

Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” [HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits]

Dari hadits tersebut diatas dijelaskan bahwa setiap amal yang tidak diniatkan karena mengharap Wajah Allah Subhanahuwata’ala adalah sia-sia, tidak ada hasil sama sekali baik di dunia maupun di akhirat. Untuk itu jangan sampai kita lewatkan waktu-waktu kita tanpa beribadah kepada Allah Subhanahuwata’ala

Tags: #ibadah #ibadah 24 jam

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top