Bikin SIM Baru Secara Online Cuma 15 Menit

Di Info 5618 views

Menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya tidak boleh sembarangan, pemerintah mewajibkan pengendaranya memiliki dan membawa Surat Izin Mengemudi (SIM). Oleh karenanya, benda satu itu tidak boleh tertinggal di rumah atau hilang saat naik kendaraan bermotor.

Sebagaimana tercantum dalam Undang-undang no. 22 Tahun 2009 pasal 77 menyatakan bahwa semua orang yang mengendarakan kendaraan di jalan wajib memiliki SIM. Akan tetapi tidak semua orang bisa memilikinya, hanya orang yang masuk kriteria seperti cukup umur, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengendarai kendaraan.

Meskipun sepele, ternyata tidak semua orang mengetahui jenis SIM yang ada di Indonesia. Ada beberapa jenis SIM di Indonesia, dibagi berdasarkan kendaraan yang dikendarai. Jika Anda belum tahu maka ini harus Anda ketahui terlebih dahulu.

sekarang bikin sim bisa lewat online, cara membuat sim online, sim online, pembuatan sim baru secara online, perpanjangan sim secara online

Berikut ini jenis SIM di Indonesia berdasarkan pasal 211 (2) PP 44 / 93, sebagaimana dikutip dari website resmi polri.go.id

→ Golongan SIM A

SIM untuk kendaraan bermotor roda 4 dengan berat yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 Kg.

→ Golongan SIM A Khusus

SIM untuk kendaraan bermotor roda 3 dengan karoseri mobil (Kajen VI) yang digunakan untuk angkutan orang atau barang (bukan sepeda motor dengan kereta samping)

→ Golongan SIM B1

SIM untuk kendaraan bermotor dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 Kg.

→ Golongan SIM B2

SIM untuk kendaraan bermotor yang menggunakan kereta tempelan dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 Kg.

→ Golongan SIM C

SIM untuk kendaraan bermotor roda 2 yang dirancang dengan kecepatan lebih dari 40 Km / Jam

→ Golongan SIM D

SIM khusus bagi pengemudi yang menyandang disabilitas/berkebutuhan khusus.

Cara Bikin SIM secara Online

Jika sebelumnya, untuk mendapatkan SIM yang Anda inginkan harus dengan mendatangi langsung kantor polisi sesuai kota yang ada di KTP maka sekarang bikin SIM bisa lewat online. Layanan SIM online memang sudah ada sejak lama, dimulai 1 Juli 2015 silam.

Kepala Korlantas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Condro Kirono, mengatakan, akan mempermudah masyarakat dalam membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Oleh karenanya sistem online ini ditempuh, tanggal 1 Juli 2015 lalu polisi meluncurkan progran baru membuat SIM secara online. Akan tetapi sistem baru tersebut hanya bisa digunakan untuk perpanjangan SIM saja. Pilot project pembuatan SIM secara online pertama dilakukan di Yogyakarta.

Namun baru-baru ini, pelayanan SIM online sudah bisa dilakukan untuk pembuatan SIM baru. Hanya saja masih belum diterapkan secara nasional. Tidak semua kota bisa melakukan pembuatan SIM baru secara online.

Oiya, jangan beranggapan cara membuat SIM secara online ini sama seperti belanja online yang bisa dilakukan sendiri di rumah masing-masing. Maksudnya sistem database nama-nama pendaftar bisa diakses secara online. Sehingga semua warga bisa membuat atau memperpanjang SIM dari berbagai tempat meskipun tidak sesuai domisili di KTP.

Bikin SIM Baru Hanya 15 Menit

Hingga saat ini, layanan online pembuatan SIM hanya bisa dilaksanakan pada 45 daerah saja. Belum dijelaskan daerah mana saja tepatnya. Yang jelas kota besar seperti Jakarta dan Surabaya sudah menerapkannya. Dengan sistem online ini, Kepolisian mengambil data KTP penduduk dari Kementrian Dalam Negeri sehingga semua wilayah bisa terintegrasi.

Cara tersebut mampu membuat pelayanan pembuatan maupun perpanjangan SIM jadi lebih cepat. Bikin SIM baru secara online cuma 15 menit, Anda sudah bisa memperpanjang SIM baru. Untuk pembuatan baru kira-kira memerlukan waktu 1 jam.

Alur pembuatan SIM baru secara online

  1. Peserta datang ke kantor polresta setempat
  2. Isi formulir pendaftaran
  3. Lakukan pembayaran administrasi di BRI
  4. Lakukan tes
  5. Pengambilan photo
  6. Tunggu SIM jadi

Memang tidak banyak berbeda, perbedaannya hanya terdapat pada saat petugas menginput NIK. Jika sebelumnya dimasukkan manual, sekarang dilakukan secara online. Sekali masukkan nomor KTP maka semua data tentang pemilik KTP akan keluar. Dengan cara ini semakin efektif menghindarkan antrean panjang dalam membuat SIM.

Alur perpanjangan SIM baru secara online

  1. Mengisi formulir perpanjangan SIM
  2. Serahkan dokumen (SIM lama, KTP dan surat keterangan sehat dari dokter)
  3. Pengambilan foto
  4. Tunggu SIM baru

Kelemahan proses pembuatan maupun perpanjang SIM secara online adalah koneksi internet harus stabil. Jika internetnya mati maka prosesnya tidak bisa dilakukan. Tapi saat lancar maka prosesnya akan lebih cepat.

Kekurangan lainnya, saat ini belum semua bisa melakukan perpanjangan maupun pembuatan SIM baru secara online. Jika domisili Anda sekarang di Sidoarjo tapi mempunyai SIM Surabaya maka tidak bisa perpanjang dari Sidoarjo sebab wilayah tersebut belum termasuk lokasi servis.

Tags: #Cara Bikin SIM Baru #Cara Membuat SIM Online #Cara Perpanjang SIM secara Online #SIM Online

author
Penulis: 
Blogger asal Pekalongan yang punya mimpi BESAR. Terima kasih telah membaca tulisan saya, silakan SHARE jika bermanfaat!
Baca Juga×

Top