Bolehkah Mandi Setelah Makan?

Di Kesehatan 18434 views

Bolehkan mandi setelah makan?

Orang awam seperti saya tentu akan berkata, boleh-boleh saja siapa yang melarang. Makan memang merupakan kegiatan rutin yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga asupan gizi penting agar bisa beraktivitas sehari-hari. Makan yang dimaksud adalah makan besar. Namun banyak aktivitas yang tidak baik jika dilakukan setelah makan. Salah satunya mandi setelah makan.

mandi setelah makan, makan setelah mandi, bolehkah mandi setelah makan

Mandi memang fungsinya untuk membersihkan tubuh, tapi jika dilakukan sehabis makan justru akan menyebabkan sesuatu yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ketika makan, sebagian besar aliran darah dalam tubuh terkonsentrasi pada saluran pencernaan. Oleh karena itu biasanya bagian perut akan terasa lebih hangat dibanding bagian tubuh yang lainnya.

Suhu tubuh bagian perut meningkat disebabkan karena setelah makan tubuh melakukan kegiatan metabolisme, mengolah, menyerap dan mengalirkan zat-zat makanan sehingga suhu tubuh meningkat tajam. Itu sebabnya sebagian kita merasa gerah karena berkeringat saat makan. Bukan karena kita Orang Indonesia 😆

Merusak Pencernaan dan Pembuluh Darah

Mandi setelah makan akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh terutama kaki dan tangan. Jika seorang mandi setelah makan maka jumlah aliran darah disekitar perut akan meningkat dan mengalirkan ke seluruh tubuh. Hal itu bisa menyebabkan sistem pencernaan melemah.

Selain itu mandi setelah makan juga bisa mengakibatkan aliran darah pada saluran usus dan lambung akan berkurang, sehingga bisa berpengaruh pada fungsi lambung dan membuat fungsi pencernaan menjadi kacau. Pada umumnya setelah makan suhu tubuh meningkat karena aliran darah lebih cepat.

Bila tiba-tiba kita menyiram tubuh dengan air berarti sama saja dengan memberi kejutan pada permukaan tubuh. Jika sudah demikian aliran darah dan syaraf-syaraf pada kulit tiba-tiba menjadi dingin. Kejadian seperti itu yang berulang terus menerus maka lama kelamaan akan terjadi kerusakan permanen pada pembuluh darah. Dan bisa jadi itu pertanda awal stroke.

Berapa Lama Setelah Makan Boleh Mandi?

Jika kita sudah terlanjur makan sebelum mandi maka dianjurkan untuk memberikan rentang waktu minimal 30 menit setelah makan sebelum mandi. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi efek negatif kesehatan kita. Itulah juga sebabnya kenapa bayi tidak boleh diberi ASI sebelum mandi.

Bagi yang mempunyai kebiasaan makan dahulu sebelum mandi, perlu dilakukan perubahan kebiasaan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama anak sekolah dan pekerja kantor, sehabis tidur jangan langsung makan lalu mandi. Lebih baik mandi dahulu baru makan 😀

Saya termasuk kategori orang yang suka mandi setelah makan, semoga tidak terjadi sesuatu pada kesehatan saya. Dan mulai saat ini setelah kita ketahui bersama, kebiasaan mandi setelah makan akan saya ubah, mandi dulu baru boleh makan, termasuk pada anak dan istriku.

Tags: #Mandi Setelah Makan

author
Penulis: 
Blogger asal Pekalongan yang punya mimpi BESAR. Terima kasih telah membaca tulisan saya, silakan SHARE jika bermanfaat!
Baca Juga×

Top