Cara Baru Daftar BPJS Kesehatan Tanpa Repot

Di Kesehatan 1126 views

Beberapa waktu yang lalu, saya telah menuliskan step by step cara mendaftar BPJS Kesehatan secara online melalui website. Bagi Anda yang belum pernah membaca, silakan bisa cari artikel saya tersebut. Semakin maju, ternyata BPJS kesehatan semakin berbenah.

Ditambahkannya chanel-chanel untuk mempermudah masyarakat menjadi peserta, BPJS kesehatan menambah layanan baru. Ini ada cara baru daftar BPJS kesehatan tanpa repot dan ribet. Tanpa menunggu loading website yang terkadang mirip siput dikala kuota mepet.

cara daftar bpjs online, bpjs kesehatan online, cara daftar bpjs

Bagaimana cara mendaftarnya?

Pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan tersebut dengan cara melalui telpon ke call center BPJS Kesehatan. Jika Anda juga tak mau repot saat hendak mendaftar BPJS kesehatan silakan bisa hubungi nomor iniĀ 1500400. Tapi, ada yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum Anda memencet tombol CALL.

Berikut ini persiapan sebelum daftar BPJS kesehatan melalui telepon:

1. Persiapan Pulsa

Jika Anda menghubunginya menggunakan handphone maka wajib isi pulsa dulu ya, hehe. Kecuali jika nomor Anda adalah pascabayar. Ini serius, jangan sampai saat ngobrol dengan CS BPJS Kesehatan enak-enak malah terputus gegara kehabisan pulsa. Rasanya nanggung gimanaa gitu, haha. Saran saya, gunakan telepon kabel agar tarifnya murah. Dan juga telpon kabel biasanya pascabayar bukan?

2. Dokumen penting

Jangan lupa dokumen-dokumen administratif juga dipersiapkan sebelum menelpon call center. Ini berkaitan dengan persiapan pertama juga. Kita tidak perlu menghabiskan pulsa hanya untuk menunggu mencari-cari dokumen yang diminta BPJS Kesehatan. Dokumen yang perlu dipersiapkan adalah KTP, KK dan lain sebagainya. Sama seperti jika Anda mendaftar lewat website.

3. Besaran iuran

Setelah proses registrasi dokumen selesai, Anda diminta untuk melakukan pembayaran iuran sejumlah anggota peserta BPJS yang terdaftar. Untuk itu Anda juga harus mempersiapkan uang untuk pembayaran agar lancar. Waktu pembayaran iuran pertama kali BPJS kesehatan maksimal 14 hari setelah Anda menerima nomor Virtual Account.

4. Alamat email

Meskipun daftar BPJS Kesehatannya dengan cara telpon tapi tetap membutuhkan alamat email. Email ini bertujuan untuk mengirimkan nomor VA dari BPJS Kesehatan. Nomor tersebut sebenarnya juga dikirim ke ponsel, tapi untuk berjaga-jaga kita juga harus memberikan alamat email aktif.

cara daftar bpjs online, bpjs kesehatan online, cara daftar bpjs

Kartunya gimana?

Mungkin diantara Anda ada yang akan bertanya, setelah daftar lalu bagaimana cara mendapatkan kartunya? Tenang saja, pihak BPJS Kesehatan akan mengirimkan kartu JKN ke alamat Anda melalui Pos Indonesia. Anda tidak perlu khawatir kartunya tidak sampai.

 

Tags: #BPJS Kesehatan Online #Daftar BPJS Kesehatan #Daftar BPJS lewat telpon

author
Penulis: 
Blogger asal Pekalongan yang punya mimpi BESAR. Terima kasih telah membaca tulisan saya, silakan SHARE jika bermanfaat!
Baca Juga×

Top