Cara Bikin SIM Online Yang Harus Kamu Ketahui

Di Info 6741 views

Cara bikin sim online

Di Indonesia, Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan (Pasal 77 ayat (1) UU No.22 Tahun 2009).

Peraturan perundang-undangan terbaru adalah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 yang menggantikan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992. UU No. 14 Tahun 1992 telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku, tetapi Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1993 yang menjelaskan UU No. 14 Tahun 1992 dinyatakan tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan atau belum diganti dengan yang baru berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009.

Sebagai wujud kinerja kopolisian terhadap kemudahan layanan publik bagi masyarakat indonesia, satuan polisi lalulintas memberikan kemudahan layanan pendaftaran SIM baru secara online yang dapat diakses melalui website http://sim.korlantas.polri.go.id/ dari komputer dan handpone android yang ada jaringan internet.

Cara Bikin SIM Online

Dari pendataran SIM secara online ini pemohon sim bisa mendaftar dimanapun berada waktu dan harinya pun bisa ditentukan sendiri serta terhindar dari praktik percaloan. Panduan pendaftaran online bisa di download disini .Setelah melakukan pendaftaran secara online dan telah menentukan waktu, tanggal dan hari  pemohon SIM langsung mendapat nomor antrian untuk mengikuti ujian teori dan praktik.

Ujian Teori

Seperti waktu yang telah ditentukan oleh pemohon, pemohon datang dan langsung menuju ke Pokja pendaftaran SIM. Pemohon beserta pemohon lainya diberikan pengarahan oleh petugas dan dibagi beberapa kelompok untuk mengikuti ujian teori. Melalui ujian teori yang berbasis audio video visual pemohon diharapkan mampu menjawab seluruh rangkaian pertanyaan yang diajukan.

Ujian Praktik

Setelah melakukan ujian teori  pemohon diharuskan mengikuti ujian praktik. Setelah pemohon mengisi formulir ujian praktik para pemohon berkumpul untuk diberikan arahan dan diberikan contoh ujian praktik. Selanjutnya pemohonpun melaksanakan ujian praktik dengan seksama.

Saat dinyatakan lulus dan pemohon diperkenankan mengisi formulir kembali, selanjutnya pemohon  diarahkan untuk registrasi kembali dan melakukan pembayaran di loket bank. Pemohonpun diarahkan ke ruangan pengisian formulir untuk mengisi formulir dan menunggu giliran untuk melaksanakan proses  pemotretan, scan sidik jari dan tandatangan pemohon.

Setelah selesai pemohon diarahkan menuju loket pengambilan kartu SIM dan pemohon pulang dengan sudah memiliki kartu SIM

 

Tags: #Cara Bikin SIM Online #SIM #SIM Online

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top