Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online Terbaru

Di Kesehatan 1577 views

Diluar polemik pro dan kontra BPJS kesehatan, ternyata masih banyak orang atau keluarga yang belum mendaftarkan diri menjadi anggota BPJS Kesehatan. Terbukti, pencarian cara daftar BPJS secara online masih banyak peminatnya.

Terlebih karena pendaftaran secara langsung di kantor BPJS kesehatan cabang masing-masing kota antriannya masih mengular. Sejak dimunculkannya program JKN oleh pemerintah beberapa waktu silam, BPJS Kesehatan telah beberapa kali memperbaharui sistem pendaftaran online di websitenya.

Cara daftar BPJS Kesehatan secara online terbaru sekarang lebih mudah. Hanya saja, sekarang setiap KK (kartu keluarga) wajib didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Lebih seperti pemaksaan sih sebenarnya karena seluruh anggota keluarga yang tercantum dalam KK harus terdaftar juga.

=====

 

Tampilan website BPJS Kesehatan pada kolom daftar online juga sekarang lebih sederhana. Cuma ada beberapa opsi saja sebelum akhirnya pada menginput nama masing-masing calon peserta BPJS Kesehatan.

Baiklah berikut langkah demi langkah cara daftar BPJS Kesehatan secara online terbaru:

1. Klik DAFTAR

Setelah Anda klik link DAFTAR di atas lalu akan dibawa ke halaman BPJS Kesehatan. Kemudian langsung centang (klik) kotak kecil di sebelah kiri bawah, lalu klik tombol “Pendaftaran

cara daftar bpjs online, bpjs kesehatan online, cara daftar bpjs

2. Isi Nomor Kartu Keluarga

SESUAI PERATURAN PRESIDEN NO.111 TAHUN 2013 PASAL 11 AYAT (3): SETIAP PEKERJA BUKAN PENERIMA UPAH WAJIB MENDAFTARKAN DIRINYA DAN ANGGOTA KELUARGANYA SECARA SENDIRI-SENDIRI ATAU BERKELOMPOK SEBAGAI PESERTA JAMINAN KESEHATAN PADA BPJS KESEHATAN DENGAN MEMBAYAR IURAN.

Prtama pilih kolom JENIS KEPESERTAAN. Ada dua jenis yang tercantum, yaitu Pekerja Penerima Upah (karyawan) dan Bukan Pekerja. Jika Anda memilih Bukan pekerja maka selanjutnya harus memilih SUB JENIS KEPESERTAAN.

Pada sub jenis kepesertaan ada tiga pilihan, yaitu Investor, penerima pensiun swasta, dan pemberi kerja. Pilih sesuai dengan status Anda masing-masing. Ketika kita pilih dan klik maka pada kolom keterangan di bawahnya akan dijelaskan maksud dari sub kategori kepesertaan tersebut.

cara daftar bpjs online, bpjs kesehatan online, cara daftar bpjs

Setelah semuanya dipilih maka kolom Nomor Kartu Keluarga akan aktif setelah kotak kecil nomor 2 diklik (centang). Jika tidak dilakukan maka Anda tidak akan bisa mendaftar BPJS Kesehatan online. Proses terakhir pada fase ini diakhiri dengan klik tombol Inquiry Kartu Keluarga.

PENTING!

Sekarang BPJS Kesehatan mewajibkan seluruh anggota keluarga yang tercantum dalam Kartu Kelurga (KK) didaftarkan. Sebelumnya Anda telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka anggota yang terkait dalam KK Anda tidak bisa daftar secara online. Harus ke kantor cabang BPJS terdekat (tidak harus sesuai wilayah KTP).

  • Isi kolom Nomor Kartu Keluarga
  • Masukkan kode verifikasi
  • Centang pernyataan ketersediaan mendaftarkan diri beserta Anggota Keluarga
  • Klik Inquery Kartu Keluarga

Sistem akan memverifikasi secara otomatis, jika salah satu anggota keluarga yang tercantum pada satu KK (Kartu Keluarga) tersebut sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan maka sistem akan otomatis menolak dan menyarankan untuk mengurus anggota keluarga lain melalui kantor cabang.

Jika salah satu anggota keluarga dari Nomor Kartu Keluarga yang tercantum telah menjadi peserta JKN dari BPJS Kesehatan. Jika belum ada yang terdaftar maka akan muncul tampilan seperti terlihat pada Gambar 2.1

PENTING!

Apabila Anda berniat hanya ingin mendaftarkan sebagian anggota keluarga dalam KK saja dengan menghilangkan centang pada nama anggota keluarga tersebut maka sistem akan menolak.

3. Isi Identitas Data Peserta

Sistem sudah memverifikasi anggota yang ada pada setiap KK. Jika di dalam KK tersebut ada 4 nama maka berarti data yang dipersiapkan ooleh sistem 4 nama. Tinggal isi kolom kosong yang belum terisi secara default oleh sistem. Isi saja formnya secara detail.

Keterangan:

  • Kolom yang belum terisi secara default hanya Nomor HP, NPWP, Kelurahan, Faskes
  • Lengkapi data selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya
  • Centang opsi “Alamat surat menyurat sama dengan alamat KTP”
  • Terakhir upload foto close up peserta yang didaftarkan, maksimal besar foto 50 KB (ukurannya sekitar 450×450 px)
  • Klik tombol “Proses Selanjutnya”

Pada proses selanjutnya, Anda lakukan sama seperti proses tadi untuk data identitas anggota yang lain, dalam contoh kali ini berarti ada 4 identitas dan foto yang harus dipersiapkan (Kepala Keluarga, Istri, Anak, Anak).

4. Konfirmasi Alamat Email

Setelah proses isi data terakhir maka akan muncul konfirmasi “Daftar keluarga yang didaftarkan” dengan menampilkan foto semuanya yang sudah diunggah sebelumnya.

cara daftar bpjs online, bpjs kesehatan online, cara daftar bpjs

⇒ Kelas Perawatan dan Iuran yang Dipilih

Anda bisa memilih fasilitas rumah sakit jika berobat dengan kelas I, II atau III. Perbedaannya ada pada jumlah iuran bulanan yang harus dibayar ke BPJS Kesehatan dan juga fasilitas yang didapatkan saat berobat ke rumah sakit. Di bawahnya tertera jumlah yang harus dibayar untuk setiap bulan dalam satu KK yang terdaftar.

⇒ Isi Nomor Rekening Bank yang Digunakan Untuk Membayar Iuran

Nomor rekening ini sekarang harus dicantumkan jika Anda mendaftar secara online BPJS Kesehatan individu pekerja bukan penerima upah. Asumsi mereka, pekerja bukan penerima upah itu berarti wirausahawan. Saya kurang tahu apakah nomor rekening harus diisi dengan nama si pendaftar atau bisa diisi nomor rekening orang lain atau mungkin bisa diisi nomor rekening bank lain yang tidak bekerjasama. Kalau dulu, masih bisa diakali dengan menulis nomor rekening palsu alias ngawur untuk mengelabuhi sistem. Pembayaran iurannya kan bisa lewat teller bank.

⇒ Isikan Nomor HP dan Alamat Email

Email digunakan untuk verifikasi e-ID kartu JKN BPJS Kesehatan, mulai dari proses ini kurang lebih sama seperti proses pendaftaran BPJS Kesehatan secara online yang terdahulu. Isi email, konfirmasi, verifikasi, dan klik tombol kirim email. Cek email Anda, silakan lakukan aktivasi dan pembayaran nomor Virtual Account (VA) dan cetak e-ID setelahnya.

Demikian langkah-langkah daftar online BPJS Kesehatan terbaru 2015. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang kebingungan mencari info yang tepat tentang pendaftaran BPJS Kesehatan via online. Jika masih ada yang bingung dan kurang jelas bisa tulis pertanyaan di kolom komentar. Insya Allah jika memungkinkan dan saya tahu akan saya jawab.

Tags: #Cara Daftar BPJS Online #Daftar BPJS Kesehatan #Daftar Online

author
Penulis: 
Blogger asal Pekalongan yang punya mimpi BESAR. Terima kasih telah membaca tulisan saya, silakan SHARE jika bermanfaat!
Baca Juga×

Top