Cara Merekam Radio Streaming

Saya gelisah, berkali-kali ingin merekam radio streaming tapi tak kunjung menemukan solusi. Lama-kelamaan rasa penasaran itu hilang dan kembali datang beberapa hari yang lalu. Alhamdulillah kini saya sudah mengetahui cara merekam radio streaming dengan mudah. Dan kali ini saya akan membagi gratis ilmu yang sudah dapatkan itu di blog ini kepada para sahabat. Benar-benar baik hati kan dirikyuu, hahaha *dikeroyok orang sekampung*

Sebenarnya sederhana saja, kita hanya membutuhkan software yang bernama Screamer Radio. Saya baru mengetahui bahwa ternyata tidak hanya ada satu software saja untuk merekam radio streaming, tapi banyak. Tapi tetap saja kalau tidak ada pengetahuan akan suatu hal rasanya yang banyak menjadi sangat sedikit. Selain screamer radio saya juga pernah mencoba dengan software Aimp2.

Oke, mari kita lanjutkan topik utamanya.

Screamer Radio

Cara Merekam Radio Streaming

Screamer Radio adalah software untuk memutar radio secara online. Fungsinya hampir sama seperti software yang kita kenal, winamp. Hanya saja screamer khusus untuk memutar radio online. Selain untuk memutar radio online, screamer radio juga bisa sekaligus merekam dalam bentuk file mp3 dengan kualitas yang bagus :D

Untuk bisa merekam radio online pertama yang harus disiapkan adalah alatnya, Screamer Radio. Anda bisa dapatkan dengan cara download secara gratis melalui websitenya di sini _http://www.screamer-radio.com/download/. Software ini benar-benar dapat diunduh secara gratis tanpa dipungut biaya, kecuali jika anda ingin memberikan donasi. Yahh, itung-itung sebagai tanda terima kasih.

Nah, di sana ada dua pilihan link download. Jangan bingung, pilih saja salah satunya mau portable atau yang diinstal di komputer. Kalau saya pilih yang portable. Untuk sementara saya belum mengetahui perbedaannya selain dalam instalasinya. Oke, saya anggap anda sudah download softwarenya.

Setelah selesai instal, screamer radio akan muncul dalam penampakan sebagaimana di bawah ini:

Screamer Radio

Keterangan:

1. Meter bar, menampilkan amplitudo suara yang sedang diputar

2. Play, tombol untuk memutar radio streaming

3. Rec, tombol  untuk memulai merekam radio streaming yang diputar

4. Mute, tombol untuk mengheningkan suara. Tombol ini hanya untuk mendiamkan suara radio, bukan rekamannya

5. Information, berisi informasi radio streaming yang sedang diputar

6. Volume, mengatur volume rekaman

Cara Memulai Merekam Radio Online

Pertama, harus mempersiapkan URL radio online yang hendak diputar, dan copy URL tersebut.

Kedua, klik File –> Open URL –> Paste URL radio yang hendak diputar. Radio berhasil diputar setelah terdengar suara radionya (ya iyalah :mrgreen:) dan tentunya setelah status di bawahnya dari “idle” menjadi “playing”

Ketiga, setelah memastikan radio bersuara normal, rekamlah. Caranya, klik tombol “rec” hingga berubah menjadi “REC” (huruf kapital semua). Dalam posisi REC, berarti anda telah merekamnya.

Cara lain:

Klik menu bar “Recording” lalu ~> klik “Begin Recording” untuk memulai merekam

“Recording” ~> “Stop Recording” untuk mengakhiri rekaman

Membuka Hasil Rekaman

Hasil dari rekaman yang tadi kita buat secara otomatis akan masuk ke folder default. Cara membukanya adalah sebagai berikut:

Klik menu bar “Recording” ~> “Open Recording Folder“, kita akan otomatis tertuju pada hasil rekaman tadi.

Format rekaman adalah mp3, sehingga mudah untuk didengarkan melalui berbagai macam media player, seperti windows media player dan sejenisnya. Atau bahkan bisa didengarkan melalui VCD Player anda di rumah dengan cara memindahkan file rekaman ke CD. Sejauh ini, saya selalu mendapatkan hasil bagus dengan kualitas suara yang memuaskan, top markotop.

***

Satu hal yang paling saya suka dari software ini (mungkin ada pada software sejenis) yaitu hasil rekaman akan otomatis terpisah sesuai judul dari radio streaming yang kita putar, sehingga kita tak perlu susah payah memberi nama file untuk hasil rekamannya. Menurutku itu sangat penting, sebab bisa dibayangkan jika judul file hasil rekaman harus kita edit satu persatu. Terlebih apabila rekamannya sudah numpuk banyak.

Menariknya lagi, setiap radio yang berbeda maka folder akan terpisah dengan sendirinya. Jadi, kita hanya tinggal menekan tombol “Rec” menjadi “REC” maka semua selesai.

Oh iya, satu lagi kelebihannya. Screamer radio sangat cocok digunakan di kantor saat mencuri waktu ingin mendengar radio favorit anda tanpa terdengar suara. Putar radio online –> REC –> Mute –> SELESAI. Dan hasil rekaman bisa didengar di rumah atau saat rehat kerja, hehe.

Demikian cara merekam radio streaming yang bisa saya share. Untuk mengetahui lebih detail, silakan eksplorasi sendiri seluk beluknya. Screamer radio ini sangat membantu saya untuk merekam kajian islam secara live dari radio agar bisa disetel ulang pada lain waktu. Dan mudah-mudahan informasi tentang cara merekam radio streaming ini bermanfaat juga untuk anda.

Ari Tunsa

Seorang pemuda asal Tunsa, beristri satu dan satu-satunya. Sembari mengejar mimpi, mari nikmati secangkir kopi | Twitter | Facebook | Google+
Posted in Tutorial. Tagged with , , , , , .

12 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose