Cara Naik Pesawat Pertama Kali

Posted on

Pesawat masih menjadi salah satu alat transportasi yang paling diandalkan masyarakat dunia. Khususnya Anda yang ingin bepergian jauh tapi dalam waktu singkat. Semakin meluasnya teknologi, kini jenis pesawat pun bermacam-macam. Mulai dari yang paling kecil untuk jelajahi pelosok, hingga pesawat dengan daya tampung besar.

Bagi Anda yang sudah berkali-kali naik pesawat mungkin sudah tidak canggung lagi bepergian menggunakan burung besi tersebut. Namun, sebagian besar orang yang belum pernah ada pengalaman naik pesawat, tentu beda cerita. Hal pertama kali yang ada dalam benak mereka adalah bagaimana cara naik pesawat pertama kali??

Sebagian dari Anda mungkin akan berkata, “Kalau tidak bisa naik pesawat kenapa gak naik transportasi lain?”

Memang kita bisa memilih transportasi lain, tapi kadangkala tidak semudah itu. Mungkin mereka juga terpaksa dihadapkan pada suatu opsi hanya pesawat terbang yang bisa digunakan karena keterbatasan waktu. Atau barangkali sudah dibelikan oleh kantor dengan alasan pekerjaan?

Yang jelas, ada banyak alasan seseorang harus naik pesawat sedangkan ia belum pernah sama sekali. Jangan dikira orang yang belum pernah naik pesawat itu hanya orang-orang “ndeso” seperti saya. Masih banyak orang yang belum pernah naik pesawat lho, mungkin juga termasuk Anda? 😀

Tips Utama Ketika Pertama Naik Pesawat

Pertama kali yang harus diperhatikan ketika hendak naik pesawat dimana belum pernah ada pengalaman sama sekali adalah jangan sekali-kali berpikiran negatif dahulu.

Manakala Anda terpaksa harus naik pesawat, rileks aja. Hiraukan semua hal negatif yang kamu ketahui tentang alat transportasi satu ini. Apalagi Anda sengaja mencari-cari sesuatu ‘keburukan’ pesawat. Baik itu tentang delay maupun berita kecelakaan pesawat.

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap hari sebuah pesawat beroperasi dan berjalan lancar-lancar saja, tidak ada kendala apapun. Sekali ada sesuatu, media langsung menyebar luaskan begitu cepat. Sehingga seolah kejadian buruk tentang pesawat sudah sering terjadi. Padahal dari sekian banyak pesawat, sekian banyak rute, dan sekian banyak maskapai hanya ada satu dua kejadian buruk dunia penerbangan.

Jadi, intinya hal yang paling utama dilakukan adalah positive thinking.

Persiapan Sebelum Keberangkatan

1. Langkah pertama: Beli Tiket Pesawat

Ada banyak sekali maskapai penerbangan yang bisa Anda pilih. Tapi perlu diingat, mungkin ada beberapa maskapai yang tidak ada layanan rute tujuan Anda. Begitupun juga situs online booking pesawat yang bisa Anda pilih. Tapi kalau saya merekomendasikan tiket.com.

Coba saja, langsung klik disini untuk memesan tiket pesawat.

2. Catat kode booking dan terminal keberangkatan

Setelah selesai Anda memesan tiket pesawat dan melakukan pembayaran, maka catatlah kode bookingnya. Anda bisa mencatatnya di note maupun dengan cara difoto. Selain itu, ingat-ingat tanggal dan waktu keberangkatannya. Termasuk terminal keberangkatan pesawat Anda.

Ada beberapa bandara, terutama bandara besar yang mempunyai banyak terminal keberangkatan. Artinya, darimana Anda akan naik pesawat. Misalnya, Bandara Soekarno Hatta di Jakarta, ada terminal 1A, 1B, 2D, 2E & 3G, 2F dan lainnya. Setiap terminal itu letaknya berjauhan, sehingga saat Anda salah masuk terminal maka kemungkinan tertinggal pesawat lebih besar.

3. Kemas barang bawaan sepraktis mungkin

Persiapan barang bawaan tak kalah penting diperhatikan saat pertama kali Anda naik pesawat. Kemas dengan rapi dan sepraktis mungkin. Jika memungkinkan, masukkan dalam satu koper. Perlu diketahui bahwa bagasi pesawat itu dibatasi. Maksudnya, dibatasi yang gratisan. Biasanya setiap maskapai berbeda-beda peraturan, untuk pesawat sedang berpenungpang seraturan biasanya 20 kg free.

Kalau Anda hanya membawa tas ransel kecil sih tak perlu dimasukkan bagasi. Bawa saja ke kabin, tempat duduk di dalam pesawat. Oiya, identitas diri seperti KTP jangan lupa dibawa, ini penting untuk masuk bandara Anda butuh KTP atau identitas lain.

Yang Harus Dilakukan Saat Hari H

1. Datang lebih awal

Anda harus memperhatikan betul jam keberangkatan. Datanglah lebih awal, paling lambat satu jam sebelum jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Pesawat tidak sama seperti bus yang bisa masuk sesaat sebelum bus melaju. Meski belum terbang, pintu menuju pesawat Anda akan ditutup 30 menit sebelum berangkat, jika belum check in.

 

Gravatar Image
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.