Doa Masuk Pasar dan Mall

Posted on

Pasar sudah menjadi tempat yang wajib dikunjungi ibu-ibu setiap harinya. Sebab di pasar lah, bahan-bahan makanan tersedia dengan lengkap. Zaman sekarang, jangan menganggap bahwa pasar itu hanya pasar tradisional, mall dan super market juga termasuk pasar.

Bukan kelengkapan barang-barangnya yang hendak jadi pembahasan kali ini, melainkan tentang adab kita seorang muslim ketika akan masuk pasar. Ya, Islam telah mengatur kita dalam hal apapun termasuk tentang pasar. Disamping itu, kita dianjurkan berdoa karena pasar merupakan sarang jin dan setan.

Sebagaimana yang telah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan:

“Janganlah engkau menjadi orang pertama yang masuk pasar jika engkau mampu dan jangan pula menjadi orang paling terakhir yang keluar darinya pasar karena pasar itu adalah tempat peperangan para syaitan dan disanalah ditancapkan benderanya.” [HR Muslim]

doa masuk pasar, doa hendak ke pasar, doa memasuki pasar

Doa Masuk Pasar

Setelah kita memilih waktu yang tepat untuk pergi ke pasar maka yang harus dilakukan adalah berdoa sebelum memasuki pasar.

Berikut doa masuk pasar, mall, super market dan sejenisnya:

لا إِلهَ إِلا اللهُ وحدَهُ لا شريكَ لَهُ ، لَهُ المُلكُ ، ولَهُ الحَمْدُ، يُحيي ويُمِيتُ، وهوَ حيٌّ لا يَمُوتُ ، بِيَدِهِ الخيرُ ، وهوَ على كلِّ شيءٍ قَديرٌ

Artinya:

“Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya kebaikan. Dia-lah Yang Maha kuasa atas segala sesuatu.”

Doa diatas bukanlah doa karangan, melainkan sesuai yang dianjurkan oleh nabi kita melalui hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa yang memasuki pasar, kemudian dia membaca doa (seperti diatas) maka akan dicatat untuknya satu juga kebaikan, dihapuskan satu juta kesalahan dan diangkat satu juta derajat.” [HR Tirmidzi dan Hakim]

Semoga kita selalu terjaga dari segala keburukan dan kejahatan yang akan menimpa kita. Jangan lupa di dalam pasar kita juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir karena kebanyakan penghuni pasar melalaikan hal tersebut.

Gravatar Image
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.