Subhanallah Inilah Doa Yang Tidak Tertolak Selamanya

Di Islam 4432 views

Doa Yang Tidak Tertolak

Dalam balutan untaian kata-kata lirih yang terucap doa menjadi muara suara seorang hamba memohon kepada Rabb yang maha tinggi. Sungguh Allah Subhanahuwata’ala begitu dekat kepada seorang hambanya yang berdoa. Allah Subhanahuwata’ala berfirman dalam Al-Quran yang artinya:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” [QS. Al-Baqarah 186]

Ada begitu banyak keajaiban yang terwujud dari sebuah doa. Saat seseorang berdoa ia bisa mengucap, meminta, dan memohon apa saja yang kita inginkan. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Tidak ada sesuatu yang lebih mulia disisi Allah daripada doa”. [HR. Ibnu Majah]

Doa Yang Tidak Tertolak

Kekuatan doa pun tidak diragukan lagi jika dilakukan dengan benar dan sesuai tuntunan nabi Shallallahu’alaihi wa sallam. Doa yang dipanjatkan selama tidak mengandung kejahatan dan pemutusan silaturahmi  Allah Subhanahuwata’ala akan mengabulkan satu dari tiga hal. Yang pertama pengambilan doaanya dipercepat, pengabulan doanya diakhirkan di akhirat, dan pengabulan doanya berupa dihindarkan dari kejelekan yang semisal.

Lalu bagaimana agar doa cepat terkabul dan apakah adakah doa yang tidak tertolak?. Ada tiga macam orang yang doanya tidak tertolak Allah Subhanahuwata’ala. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: 

Dari Abu Hurairah ra, Rosulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, ” Ada tiga orang yang doa mereka tidak ditolak : seorang yang berpuasa hingga ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang didzalimi, Allah mengangkat doa itu di atas awan dan dibukakan untuknya pintu-pintu langit, dan Allah berfirman : ” Demi kemuliaan-Ku, aku akan menolongmu, walaupun pada suatu saat nanti, [HR Ahmad]

Kenapa Doa Ketiga Orang Tersebut Tidak Tertolak?

Pertama – Doa Orang Yang Berpuasa

Doa Orang yang berpuasa tidak tertolak karena orang yang berpuasa itu hatinya bersih jiwanya suci. Dia lebih dekat dan lebih taat kepada Allah SWT, meninggalkan makanan dan minuman karena takut kepada Sang Maha Pemberi. Dia tidak memperturutkan hawa nafsu karena mentaati Tuhan Pemilik langit dan bumi. Oleh karena ketakwaannya itulah mak doanya tidak tertolak.

Kedua – Doa Pemimpin Yang Adil

Doa pemimpin yang adil tidak tertolak karena dalam hal tertsebut dipundaknya terdapat pengharapan hajat hidup orang banyak. Pemimpin yang adil adalah seorang yang dapat menjadi panutan dan sekaligus dapat menempatkan segala sesuatu yang sesuai dengan proporsi agar dapat mengambil keputusan dengan baik. Seorang pemimpin yang adil akan menciptakan kesejahteraan untuk rakyatnya.

Ketiga – Doa Orang Yang Terdzalimi

Orang-orang yang terdzalimi baik secara hati dan raga berada dalam kondisi teraniaya. Maka sebagai bentuk kasih sayang-Nya, Allah Subhanahuwata’ala mengabulkan doa yang dipanjatkanya.

Sesungguhnya doa merupakan hal yang amat penting. Doa merupakan wujud kehambaan diri, bentuk ketawadhu’an kepada Allah Subhanahuwata’ala. Mengabaikanya merupakan kerugian yang sangat besar. Hendaknya jangan berputus asa dalam berdoa kepada Allah Subhanahuwata’ala.

 

Tags: #doa #doa tidak tertolak #doa yang tidak tertolak

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top