Dosa Jariyah

Di kehidupan yang penuh dengan kefanaan ini bukan hanya amal baik saja yang akan mengalir terus pahalanya sampai hari kiamat nanti, begitu pula dengan amal buruk yang dosanya pun akan terus mengalir sampai hari kiamat. Inilah yang disebut dengan dosa jariyah. 

Jika semasa hidup kita tidak memiliki amal jariyah, maka pastikanlah kita tidak mempunyai dosa jariyah setelah kematian. Rugi besar jika kita memiliki dosa jariyah yang dosanya akan terus mengalir sampai kiamat.

Contohnya:

  • Pernah share video porno di media sosial dan meninggal sebelum sempat bertaubat akan hal itu
  • Pernah share foto dengan aurat terbuka yang terlihat oleh laki-laki bukan mahram
  • Atau pernah mengajarkan keburukan kepada orang lain

Sebagaimana firman Allah tentang orang yang mengajarkan atau mencontohkan perbuatan dosa kepada oranglain, ia akan menanggung dosa orang yang mengikutinya

” Mereka akan memikul dosa-dosanya dengan penuh pada hari Kiamat, dan MEMIKUL DOSA-DOSA ORANG YANG MEREKA SESATKAN, yang tidak mengetahui sedikitpun (bahwa mereka disesatkan). (QS. An Nahl : 25)

Sebelum malaikat maut menjemput, sebelum nafas keluar dari kerongkongan maka bertaubatlah dengan taubat yang sungguh-sungguh insyaallah Allah akan mengampuni.

Perbaiki diri dengan banyak istighfar dan memberi manfaat kepada oranglain walaupun dengan hal yang sangat kecil, seperti memberi hadiah untuk menunjang ibadah kepada Allah. Jangan dilihat dari nilainya, tetapi manfaat kedepannya.

Kehidupan kita di dunia ini pasti akan memberikan dampak setelah kita mati dan meninggalkan jejak baik kebaikan atau keburukan. Dan semoga kelak kita banyak meninggalkan kebaikan-kebaikan yang membawa kebahagian orang di sekitar, aamiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *