Inilah Fungsi Penting Hastag di Instagram

Posted on

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digandrungi masyarakat Indonesia saat ini. Setelah facebook. Sebagaimana dilansir dari laman Kompas, pengguna aktif instagram dari Indonesia mencapai 45 juta pada tahun 2017. Angka tersebut mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2016 yang hanya 22 juta.

Hal itu disebabkan karena pada dasarnya, semua orang suka yang simpel. Di instagram, lebih menonjolkan foto daripada tulisan sehingga terkesan lebih praktis. Tinggal jepret, kasih caption seadanya, lalu upload. Sebagian orang juga menyatakan bahwa hanya dari foto, kita bisa tahu sesuatu kisah dibaliknya, hehe.

hastag instagram, fungsi hastag, hestek instagram, tagar instagram, instagram tips, instagram hack

Karena faktor pengguna yang begitu besar itu banyak para pelaku bisnis online memanfaatkannya. Bayangkan, dengan segitu banyak pengguna, Anda bisa meraup traffic darinya. Sehingga kemungkinan besar “jualan” Anda akan laku. Sebagaimana hukum ekonomi, semakin banyak pengunjung maka kemungkinan akan semakin laris pula apa yang kita tawarkan.

Manfaatkan Hastag pada Instagram Gratisan

Tapi tunggu dulu, jangan langsung menelan mentah-mentah kata-kata saya di atas. Instagram ternyata mempunyai TOS (Terms of Service), mengenai jualan online disana. Sebenarnya, kita hanya boleh melakukan aktivitas jualan jika menggunakan Instagram for Business. Silakan klik link tadi, Anda bisa mempelajarinya lebih lengkap disana.

Sayangnya, instagram untuk bisnis memang digunakan secara profesional alias lebih powerfull jika berbayar. Sedangkan instagram biasa yang kita kenal mempunyai fungsi sebagaimana media sosial umumnya, untuk membangun engagement atau interaksi antar sesama pengguna.

Faktor berbayar itulah yang menyebabkan penjual online masih menggunakan instagram pribadi untuk jualan. Nah, ada triknya berjualan lewat media sosial yang sudah dibeli oleh facebook tersebut. Yaitu dengan mengoptimalkan penggunakan hastag.

hastag instagram, fungsi hastag, hestek instagram, tagar instagram, instagram tips, instagram hack

Inilah fungsi penting hastag di instagram untuk menunjang aktivitas kita dalam berniaga:

1. Mempermudah Seseorang Menemukan Jualan Anda

Tahukah Anda bahwa di Instagram setiap harinya ada 95 juta postingan foto dan video dipublikasikan. Bayangkan, dari jutaan foto tersebut, dimana foto atau video milik kita? hehe. Andai saja, foto yang dishare itu merupakan foto jualan produk maka siapa yang akan melihat jualan Anda?

Dengan hastag, pengguna instagram di seluruh dunia akan bisa menemukan postingan jualan kita. Misalnya, Anda menjual kosmetik, lalu memposting “jualan” dengan testimoni pengguna kosmetik tersebut. Tanpa menggunakan hastag, maka foto itu hanya akan terlihat pada followers Anda, itupun tidak semuanya akan melihat. Tapi, berapapun sedikitnya followers Anda, ketika menyematkan hastag yang berhubungan maka orang lain akan bisa melihat foto Anda.

Dengan demikian, semakin banyak orang melihat, semakin banyak juga orang tertarik bahkan membeli produk yang Anda post di instagram.

2. Menaikkan Jumlah Followers

Sebagaimana poin pertama, secara ringkas kesimpulannya adalah hastag berfungsi untuk lebih banyak menjangkau pengguna lain. Tentunya hastag yang berhubungan dengan postingan kita ya… Ketika menggunakannya, maka banyak orang akan menemukan foto Anda dan mereka secara suka rela akan memfollow jika hastagnya relevan.

Dengan demikian Anda bisa mendapat followers bukan dari teman facebook saja secara gratisan dengan cepat. Jika sudah menjadi followers maka foto post kita dengan mudah akan menempati beranda Instagram mereka.

Demikian fungsi penting hastag di Instagram yang bisa saya share. Sebenarnya masih banyak fungsi lain, seperti menaikkan branding, menghasilkan top post, dan sebagainya. Tapi jika dua hal itu kita lakukan dengan konsisten insya Allah yang lainnya akan ikut naik 😀

Jika dirasa bermanfaat, silakan share ke media sosial Anda. Terima kasih telah membacanya hingga tuntas.

Gravatar Image
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.