Hati-hati..!! Inilah Hukum Memelihara Anjing dalam Islam

Di Islam 1772 views

Hukum Memelihara Anjing dalam Islam

Belakangan ini banyak orang islam memelihara anjing, sebagian diantara mereka memilih untuk memelihara anjing hanya karena kesenangan semata untuk dijadikan hewan peliharaan atau memeliharanya karena anjing itu lucu, imut dan menggemaskan.

Tahukah anda bila memeilhara anjing seberapa besar hilangnya pahala meraka setiap hari? tahukah anda dengan adanya anjing di dalam rumah mereka membuat malaikat enggan memasuki rumah mereka? Bagaimanakah sesungguhnya hukum memelihara anjing dalam islam dengan tinjauan syari’at ?

Hukum Memelihara Anjing dalam Islam

Dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk menjaga binatang ternak, maka amalannya berkurang setiap harinya sebanyak dua qiroth (satu qiroth adalah sebesar gunung uhud).” [HR. Muslim]

 

dalam hadits yang lain juga disebutkan Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jibril berjanji akan datang menemuiku malam tadi, ternyata dia tidak datang. Ketahuilah, dia pasti tidak menyalahi janji denganku! ‘ Demikianlah Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam senantiasa kelihatan susah dan sedih sehari itu. Kemudian beliau melihat seekor anak anjing di bawah tempat tidur kami, lalu beliau menyuruh keluarkan anak anjing itu. Kemudian diambilnya air lalu dipercikinya (bekas-bekas) tempat anjing itu. Ketika hari sudah petang, Jibril datang menemui beliau. Kata beliau kepada Jibril: ‘Anda berjanji akan datang pagi-pagi.’ Jibril menjawab; ‘Benar! Tetapi kami tidak dapat masuk ke rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar-gambar.” [HR. Muslim]

Dari hadits-hadits tersebut diata dapat kita simpulkan bahwa memelihara anjing hanya dibolehkan apabila dimaksudkan untuk berburu, menjaga binatang ternak, kebun dan rumah. Selain dari maksud yang disebutkan, maka memelihara anjing tidak diperbolehkan, meski jika karena mengagumi jenis anjing itu.

Tags: #memelihara anjing dalam islam

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top