Hukum Memakai Mukena Warna Warni

Posted on

hukum memakai mukena warna warni, mukena bergambar, mukena saat sholat

Sholat merupakan salah satu ibadah rutin yang wajib dilaksanakan umat muslim di seluruh dunia. Apapun suku, bangsa, aliran, selama masih termasuk seorang muslim maka tidak boleh meninggalkan sholat. Sebab amalan pertama yang akan dihisab di hari akhir adalah sholat.

Ada banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan sholat ini, baik tata caranya, sunnah-sunnahnya dan lain-lain. Tapi hal yang menjadi topik kali ini tentang sholatnya seorang wanita. Lebih spesifik lagi tentang apa ketentuan pakaian yang boleh dipakai saat sedang sholat.

Sudah sangat umum di negeri kita, Indonesia, seorang wanita yang akan melaksanakan sholat akan mengenakan pakaian khusus yang disebut mukena. Dalam bahasa lain ada yang menyebutnya telekung hingga rukuh. Istilah tersebut akan berbeda beda di setiap daerah.

Warna Putih Lebih Dianjurkan untuk Sholat

Sebetulnya tidak hanya untuk sholat, tapi juga untuk dipakai sehari-hari. Bahkan pakaian warna putih disunnahkan menurut banyak dalil yang menyebutkannya. Salah satu dalil dianjurkannya diantaranya sebagai berikut:

Pakailah pakaian putih karena pakaian seperti itu adalah sebaik-baik pakaian kalian dan kafanilah mayit dengan kain putih pula.” [HR. Abu Daud no. 4061, Ibnu Majah no. 3566 dan An Nasai no. 5325]

Warna pakaian yang dianjurkan di luar sholat adalah putih, apalagi untuk sholat yang mana kita sedang secara langsung beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Bolehkah Pakai Mukena Warna Warni

Seperti kita ketahui mukena yang beredar dipasaran saat ini banyak yang berwarna warni dengan berbagai motif. Kita juga sudah biasa melihat orang-orang memakainya saat sholat. Lihat saja di masjid-masjid sekitar rumah Anda. Tentu hal ini sudah menjadi kebiasaan yang membudaya di Indonesia.

Lalu pertanyaannya, bolehkah memakai mukena warna warni saat sholat menurut pandangan syariat Islam?

hukum memakai mukena warna warni, mukena bergambar, mukena saat sholat

Dalam syarat dan rukun sholat, tidak ada dalil yang menyebutkan atau mengatur tentang warna pakaian yang dipakai untuk sholat. Yang ada, kita diwajibkan untuk mengenakan pakaian yang menutup aurat. Itu artinya tidak ada yang dalil yang menyebutkan harus memakai warna apa.

TAPI…

Ada sebuah dalil tentang dilarangnya kita memakai pakaian yang mencolok. Baik itu mencoloknya karena nyentrik maupun karena lusuh. Berikut ini dalilnya:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memberinya pakaian hina pada hari kiamat.” [HR Ahmad, Abu Daud, dan An Nasai]

Pakaian syuhrah menurut para ulama adalah pakaian yang terlalu berlebihan sehingga menarik perhatian banyak orang. Ini berlaku tidak hanya di dalam sholat saja, tapi pakaian apapun yang kita kenakan. Terlebih saat sholat, jika kita menggunakan mukena dengan berlebihan sehingga diperhatikan banyak orang maka tentu lebih baik dijauhi.

Semua orang tentu saja tidak ingin menjadi penyebab orang lain memperhatikan kita sehingga mereka tidak khusu’ saat sholat bukan?

Tapi sekali lagi, saat ini sudah banyak wanita yang memakai mukena warna warni sehingga kita sudah tahu dan tidak lagi menjadi perhatian. Hanya saja, patut berhati-hati dan perbaiki niat agar tidak menjadi ujub atau bangga diri saat mengenakan mukena saat sholat.

 

Gravatar Image
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.