Inilah Jalan Tol Menuju Surga

Di Islam 4971 views

jalan tol menuju surga

Mungkin kita semua sudah tidak asing lagi dengan istilah jalan tol. Jalan tol merupakan jalan pintas untuk kita mencapai tujuan dengan jalan tol kita bisa mencapai tujuan dengan cepat.

Untuk menuju surga kita juga bisa melewati “Jalan Tol” untuk bisa sampai di tujuan dengan cepat. Namun kita pasti akan bertanya-tanya bagaimana kita bisa lewat jalan tol itu?. Untuk bisa melewati “jalan tol” menuju surga ini salah satu diantaranya adalah dengan menikah.

Jalan Tol menuju Surga

Seseorang jika sudah menikah maka sudah berada di pintu gerbang tol utama dan dia tinggal lurus saja untuk menuju ke surga karena dengan menikah bisa menyelamatkan setengah dari agamanya sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wa salam yang artinya:

“Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah atas separuh yang lainnya.” [HR. Al Baihaqi]

Al Ghozali rahimahullah (sebagaimana dinukil dalam kitab Mirqotul Mafatih) berkata, “Umumnya yang merusak agama seseorang ada dua hal yaitu kemaluan dan perutnya. Menikah berarti telah menjaga diri dari salah satunya. Dengan menikah, berarti seseorang membentengi diri dari godaan syaithon, membentengi diri dari syahwat (yang menggejolak) dan lebih menundukkan pandangan.”

Jika seseorang telah menikah maka setengah agamanya sudah terselamatkan artinya kita tinggal bertakwa kepada Allah Subhanahuwata’ala untuk melengkapi setengahnya lagi dan kehormatan agamanya sudah terjaga.

Kenapa Masih Ragu untuk Menikah?

Kalau dengan menikah kita sudah bisa menyelamatkan setengah agamanya dan kita sudah berada di gerbang utama jalan tol untuk masuk ke surga, lalu bagaimana kita masih ragu untuk menikah? kebanyakan orang yang masih ragu-ragu untuk melangkah ke pernikahan karena masih di was-wasi oleh syaiton. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa nikah itu harus sudah mapan, cukup umur, sudah mempunyai rumah dan lain sebagainya.

Padahal Allah sudah memberikan janji kepada setiap orang yang mau menikah untuk menjamin rizkinya sebagaimana dijelaskan dalam Firman-Nya yang artinya:

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui”. [An Nuur: 32]

Ayat di atas merupakan jawaban buat mereka yang ragu untuk melangkah ke jenjang pernikahan karena alasan ekonomi. Yang perlu ditekankan kepada para pemuda dalam masalah ini adalah, bahwa yang terpenting adalah mereka mau terus berusaha memberi nafkah, dan terus bekerja mencari penghidupan keluarga.

 

 

Tags: #jalan tol menuju surga #menikah

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top