Inilah Pola Hidup Sehat Rasulullah yang Wajib Kamu Tahu

Di Islam, Kesehatan 1504 views

pola hidup sehat rasulullah

Islam merupakan agama yang diturunkan Allah Subhanahuwata’ala untuk menyebarkan keselamatan, kebahagiaan serta kesejahteraan umat manusia lahir dan batin baik di dunia maupun di akhirat. Karena itu islam mengajarkan keselamatan hidup secara utuh termasuk di dalamnya masalah kesehatan.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam diutus Allah kepada seluruh umat manusia di bumi menjadi contoh dan teladan terbaik dari segala aspek kehidupan. Dalam bidang kesehatan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mencontohkan pola hidup sehat yang berdasarkan wahyu dalam Al-quran.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah orang yang memberikan keteladanan kepada kita sampai pada masalah kesehatan. Kesehatan beliau sungguh amat luar biasa terbukti beliau adalah orang yang sangat jarang sakit kalaupun sakit adalah sakit-sakit yang ringan.

Berikut Pola Hidup Sehat Rasulullah

Bangun Pagi

Beliau bangun sebelum subuh untuk Qiymul lail, sehingga asupan awal ke tubuh beliau adalah udara sepertiga malam terakhir. Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara pada waktu ini sangat kaya akan oksigen, sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh, yang berpengaruh terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya sehari penuh. Itulah sebabnya orang yang yang memulai aktivitas dengan bangun subuh, biasanya menjalani hari dengan penuh semangat dan optimis.

Berolahraga

Rasulullah pun melakukan berbagai jenis olahraga yang menunjukkan bahwa tubuh beliau tidak hanya sehat tetapi juga kuat. beberapa olahraga yang di sukai Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah berkuda, berenang, memanah.

Menjaga Pola Makan dan Minum

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga menjaga betul pola makan dan minum tiap harinya. Beliau memperhatikan segala unsur makanan yang diperlukan tubuh, segi kualitas dan kuantitas makanan hingga campuran bahan-bahan makanan menjadi poin penting untuk selalu menjaga pola hidup sehat. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam  menganjurkan seluruh umatnya membagi ruang perutnya dengan cermat, bahkan beliau mengajurkan untuk mengkonsumsi makanan secukupnya hanya sebatas untuk mengembalikan energi tubuhnya saja 

Ternyata hidup sehat tidaklah sulit, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berobat atau membeli vitamin. Cukup ikuti sunnah Rasulullah SAW maka insya Allah hidup anda akan sehat jasmani dan rohani.

Tags: #hidup sehat #poha hidup sehat

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top