Inilah Sunnah Nabi Ketika Bangun dari Tidur Yang Belum Kita Ketahui

Di Islam 1330 views

Sunnah Nabi Ketika Bangun dari Tidur

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam merupakan teladan terbaik bagi seluruh umat manusia di muka bumi ini. Betapa tidak semua aktivitas yang dilakukanya merupakan ibadah mulai dari hal yang paling sederhana sampai hal yang paling tinggi. Ibadah Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam adalah ibadah 24 jam non stop karena setiap aktivitasnya dimulai dengan membaca doa, mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Salah satu sunnah Nabi ketika bangun dari tidur perlu kita teladani.

Sunnah Nabi Ketika Bangun dari Tidur

Diantara sunnah-sunnah Nabi yang perlu kita teladani adalah sunnah Nabi ketika bangun tidur. Ada beberapa amalan sunnah ketika kita bangun dari tidur diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama – Duduk dan Mengusap Bekas Tidur di Wajah

Hal yang dilakukan pertamakali oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam ketika bangun tidur adalah beliau duduk kemudian mengusap bekas tidurnya. Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa beliau pernah menginap di rumah bibinya, Maimunah Radhiyallahu ‘anha, saah satu istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kata Ibnu Abbas,

Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya. (HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya).

Kedua – Membaca Doa

Setelah duduk dan membersihkan bekas tidurnya kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam membaca doa. Adapun doa yang di baca adalah sebagai berikut:

الحَمْدُ ِللهِ الَّذِي أَحْيَاناَ بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَ إِلَيْهِ النُّشُوْرُ

“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.”

Ketiga – Membaca 10 Ayat terakhir Surat Ali-Imran

Setelah membaca doa bangun tidur Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam membaca sepuluh ayat terakhir surat Ali-Imran. Ibnu Abbas menceritakan pengalaman beliau ketika menginap di rumah bibinya Maimunah,

Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya, kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran. [HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya].

Itulah beberapa sunnah Nabi ketika bangun dari tidur yang harus kita teladani.

Semoga Bermanfaat

Tags: #doa bangun tidur #sunnah bangun tidur #sunnah nabi

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top