Istilah Tidur Hailulah, Qailulah dan Ailulah yang Harus Kamu Ketahui

Di Islam 5318 views

Istilah Tidur Hailulah, Qailulah dan Ailulah

Tidur merupakan waktu untuk kita beristirahat dari berbagai aktivitas. Aktifitas tidur tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Sebagian dari kita  sudah terbiasa dengan aktifitas tidur karena sudah menjadi bagian rutinitas kita. Tidur tidak saja dilakukan di malam hari ada juga yang melakukan aktifitas tidur di pagi hari, siang hari bahkan di sore hari. Berikut ini adalah istilahTidur yang harus kamu ketahui:

Hailulah

Hailulah ialah tidur sehabis shalat Subuh. Tidur jenis ini dilarang karena dapat menghalangi kita dari rezeki yang Allah turunkan pada pagi hari.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Apabila kamu telah selesai shalat Subuh janganlah kamu tidur tanpa mencari rezeki.” [HR. Thabrani]

 

Qailulah

Qailulah secara bahasa artinya tidur pada pertengahan siang. Karena artinya “tidur siang”, sebagian besar orang menyangka qailulah merupakan “tidur siang” dalam arti sebenarnya, yaitu benar-benar tidur.  Pada nyatanya,qailulah tidak harus tidur, istirahat pada siang hari juga sudah termasuk qailulah.

 

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan” [Ar-Ruum :23]

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” [HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 1637: isnadnya shahih]

Dalam riwayat lain dijelaskan

“Dahulunya ’Umar bila melewati kami pada tengah hari atau mendekati tengah hari mengatakan, “Bangkitlah kalian! Istirahat sianglah! Yang tertinggal menjadi bagian untuk setan. [HR.Bukhari]

Tidur siang ini selain menjadi sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa salam juga mempunyai berbagai manfaat dalam kesehatan salahsatunya adalah meningkatkan daya ingat serta bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Ailulah

Ailulah ialah tidur yang dilakukan setelah melaksanakan shalat Ashar. Tidur jenis ini dapat memicu berbagai penyakit. Di antaranya sesak napas, gelisah, dan murung. Selain itu, tidur setelah ashar juga menyebabkan jam biologis kita terganggu serta memungkinkan terlewatnya waktu shalat maghrib.

Tags: #Ailulah #Hailulah #Qailulah #Tidur

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top