Inilah Jalan Keluar dari Semua Persoalan

Di Islam 717 views

Jalan Keluar dari Semua Persoalan

Setiap manusia selalu  menghadapi persoalan, Apakah persoalan dirumah, persoalan pekerjaan, ataupun masalah di lingkungan sosial. Masalah yang sering muncul tidak hanya masalah yang kecil kadang masalah-masalah besar pun sering bermunculan.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Jalan keluar kadang bisa didapat dengan mudah tapi tidak jarang harus melalui perjuangan yang sedikit berat. Allah Subhanahuwata’ala telah memberikan cara kepada kita untuk menyelesaikan masalah itu.

Jalan Keluar dari Semua Persoalan

Allah Subhanahuwata’ala memerintahkan kepada kita untuk senantiasa berihtiar atau berusaha semaksimal mungkin dalam mengatasai permasalahn. Selain dengan ikhtiar kita juga harus selalu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahuwata agar diberinya Jalan Keluar.

Allah Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya :

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. [At-Talaq 65 : 2-3]

Dari ayat tersebut diatas Allah Subhanahuwata’ala memberikan janji kepada orang yang bertakwa akan diberinya jalan keluar dan memberi rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Jadi ketika kita bertakwa maka akan ada solusi kehidupan yang Allah Subhanahuwata’ala berikan kepada kita.

Ayat tersebut diatas  secara tersurat juga membahas mengenai keterkaitan antara perihal taqwa dengan masalah rezeki, kemudahan berbagai urusan, jalan keluar dari setiap masalah, serta janji akan penghapusan dosa dan ganjaran pahala yang besar.

Itulah janji Allah Subhanahuwata’ala secara terang-terangan menjelaskan kepada para hamba-Nya bahwa jika saja kita mau bertaqwa kepada Allah maka rezeki akan dicurahkan dari arah yang tak tertebak, kalau kita menghadapi masalah berat dan rasa-rasanya sudah buntu , maka Allah akan buka jalan keluarnya.

Semoga kita selalu bisa meningkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahuwata’ala dan selalu diberikan jalan keluar dari persoalan-persoalan yang sedang kita hadapi serta dimudahkan semua urusan urusan di dunia ini dan urusan urusan di akhirat kelak.

Aamin Ya Rabbal ‘Alamin.

 

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top