Kisah Manusia Tertua Di Dunia

Di Info 1506 views

Manusia Tertua Di Dunia

Memiliki usia yang panjang mungkin merupakan salah satu impian dari banyak manusia saat ini. Namun apakah memiliki usia yang panjang itu merupakan sebuah anugerah atu malah sebaliknya?. Sebab terkadang di usia yang sudah renta, tubuh ini tidak lagi sama seperti kita di usia muda. Banyak penyakit yang datang menyerang, tenaga yang tidak sekuat dulu lagi, bahkan tidak jarang berbagai kemampuan mulai perlahan menghilang dari tubuh kita.

 

Salah satu manusia yang memiliki umur yang panjang adalah Mbah Gotho. Mbah Gotho yang bernama lengkap Sodimejo ini dikenal sebagai pria tertua di dunia saat ini. Hal tersebut terbukti setelah melihat kartu tanda penduduknya yang  menunjukan jika pria tersebut dilahirkan pada 31 Desember 1870.

Berdasarkan pengakuan Sodimedjo alias Mbah Gotho yang lantas dimasukkan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), dirinya lahir di Klaten, Jawa Tengah, 31 Desember 1870 lampau. Artinya, jika pengakuan Mbah Gotho benar, dia hampir berusia 146 tahun, melampaui rekor manusia tertua dari Jepang yaitu 112 tahun. Saat ini Mbah Gotho tinggal di Desa Cemeng, Sragen Jawa Tengah.

Mbah Gotho mempunyai seorang istri dan dikarunia lima orang anak namun semuanya telah meninggal. Meskipun usianya telah mencapai ratusan tahun namun ia tetap bisa melakukan aktiitas sendiri tanpa bantuan orang lain.

Secara fisik, mungkin kekuatannya Mbah Gotho jauh berkurang, penglihatnnya juga tidak tajam seperti dulu masih muda, namun untuk urusan ingatan, Mbah Gotho bisa dianggap masih memiliki ingatan yang masih cukup tajam. Buktinya Mbah Gotho mampu bercerita dengan cukup jelas mengenai kenangan sewaktu masih berusia muda.

Meski mayoritas orang mengharapkan berumur panjang tapi tidak bagi beliau. Mbah Gotho mengungkapkan bahwa selama hidupnya, ia telah melewati banyak hal dan kejadian sehingga merasa ingin cepat meninggal.

 

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top