Macam-macam Penyakit Mulut

penyakit mulutSesuatu yang setiap hari kita gunakan akan tetapi jarang dilakukan perawatan adalah mulut. Ya, mulut sering kali tidak kita jaga kesehatannya, baik kesehatan jasmani maupun rohaninya. Hanya gara-gara mulutlah dua sahabat bisa jadi saling bertengkar. Hanya karena mulut sepasang suami-istri bisa ribut. Hanya dengan mulut, seseorang bisa naik jabatan. Dan hanya karena mulut yang tidak sehat, seseorang akan tak bergairah dalam melakukan aktivitasnya. Intinya mulut adalah bagian tubuh kita yang harus dijaga agar tidak terkena penyakit mulut.

Berikut adalah macam-macam penyakit mulut (jasmani):

Bau Mulut

Penyakit satu ini yang paling sering kita jumpai pada laki-laki. Seringnya sih begitu, kalau pada wanita saya belum pernah menemukannya. Tentu saja ini disebut penyakit karena merugikan. Biasanya bau mulut disebabkan oleh tidak terawatnya gigi dan gusi, infeksi atau luka pada mulut, mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat, merokok, minuman beralkohol dan lain sebagainya. Jika kondisinya seperti ini tentu harus dicari solusi cara menghilangkan bau mulut.

Radang Mulut

Penyebab radang mulut terjadi karena jamur. Ciri-cirinya lidah berwarna pucat dan terdapat bercak putih. Jika bersentuhan dengan makanan biasanya akan terasa perih, atau saat menyikat gigi. Yang sering saya lihat pada anak kecil. Cara pengobatannya bisa dengan tablet hisap antifungal.

Sariawan

Ini penyakit yang sering terjadi dan mengenai siapa saja yang kurang merawat kesehatan mulut. Kecil, besar, tua, muda, pria, wanita, semua bisa terkena sariawan. Tidak pandang bulu, tapi pandang mulut, hihi. Biasanya sariawan mengenai area bibir atau dinding mulut. Bahkan ada yang dilidah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari tergigit sendiri sampai kekurangan vitamin C. Pengobatannya bisa diolesi antiseptic yang bisa mengobati sariawan. Atau jika malas, biarkan saja, insya Allah akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu dekat.

Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam penyakit mulut, untuk informasi lebih detail bisa menghubungi dokter terdekat saja yah, hehe.  Dengan mengetahui penyakit mulut, mudah-mudahan kita semakin sadar untuk menjaga kebersihan mulut. Bagaimanapun juga kita tentu lebih memilih sehat bukan? Jika mulut sehat, makanpun jadi enak :mrgreen:

Share dong, penyakit mulut apa yang anda pernah alami?

Ari Tunsa

Seorang pemuda asal Tunsa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Beristri satu dan satu-satunya. Sembari mengejar mimpi, mari nikmati secangkir kopi | Twitter | Facebook | Google+
Posted in Kesehatan. Tagged with , .

8 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: