banner 728x90

Macam-macam Penyakit Mulut

In Kesehatan

penyakit mulut, macam-macam penyakit mulutSesuatu yang setiap hari kita gunakan akan tetapi jarang dilakukan perawatan adalah mulut. Ya, mulut sering kali tidak kita jaga kesehatannya, baik kesehatan jasmani maupun rohaninya. Hanya gara-gara mulutlah dua sahabat bisa jadi saling bertengkar. Hanya karena mulut sepasang suami-istri bisa ribut. Hanya dengan mulut, seseorang bisa naik jabatan. Dan hanya karena mulut yang tidak sehat, seseorang akan tak bergairah dalam melakukan aktivitasnya. Intinya mulut adalah bagian tubuh kita yang harus dijaga agar tidak terkena penyakit mulut.

Berikut adalah macam-macam penyakit mulut (jasmani):

Bau Mulut

Penyakit satu ini yang paling sering kita jumpai pada laki-laki. Seringnya sih begitu, kalau pada wanita saya belum pernah menemukannya. Tentu saja ini disebut penyakit karena merugikan. Biasanya bau mulut disebabkan oleh tidak terawatnya gigi dan gusi, infeksi atau luka pada mulut, mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat, merokok, minuman beralkohol dan lain sebagainya. Jika kondisinya seperti ini tentu harus dicari solusi cara menghilangkan bau mulut.

Radang Mulut

Penyebab radang mulut terjadi karena jamur. Ciri-cirinya lidah berwarna pucat dan terdapat bercak putih. Jika bersentuhan dengan makanan biasanya akan terasa perih, atau saat menyikat gigi. Yang sering saya lihat pada anak kecil. Cara pengobatannya bisa dengan tablet hisap antifungal.

Sariawan

Ini penyakit yang sering terjadi dan mengenai siapa saja yang kurang merawat kesehatan mulut. Kecil, besar, tua, muda, pria, wanita, semua bisa terkena sariawan. Tidak pandang bulu, tapi pandang mulut, hihi. Biasanya sariawan mengenai area bibir atau dinding mulut. Bahkan ada yang dilidah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari tergigit sendiri sampai kekurangan vitamin C. Pengobatannya bisa diolesi antiseptic yang bisa mengobati sariawan. Atau jika malas, biarkan saja, insya Allah akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu dekat.

Gusi Berdarah

Banyak penyebab gusi berdarah, salah satunya dikarenakan menggosok gigi terlalu keras. Masih ada banyak penyebab lainnya, akan tetapi yang perlu jadi sorotan bahwa gusi berdarah merupakan jenis penyakit gigi yang tak boleh diremehkan. Meskipun sebagian besar orang mengabaikan, tapi bisa jadi masalah serius jika dibiarkan begitu saja. Atasi masalah gusi berdarah secara alami agar tidak menimbulkan penyakit yang lebih serius.

Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam penyakit mulut, untuk informasi lebih detail bisa menghubungi dokter terdekat saja yah, hehe.  Dengan mengetahui penyakit mulut, mudah-mudahan kita semakin sadar untuk menjaga kebersihan mulut. Bagaimanapun juga kita tentu lebih memilih sehat bukan? Jika mulut sehat, makanpun jadi enak :mrgreen:

Share dong, penyakit mulut apa yang anda pernah alami?

Tags: #Cara Menghilangkan Bau Mulut #Penyakit Mulut

author
Author: 
Seorang pemuda asal Tunsa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Beristri satu dan satu-satunya. Sembari mengejar mimpi, mari nikmati secangkir kopi | Twitter | Facebook | Google+
5 Cara Berhenti Merokok ala Indonesia
5 Cara Berhenti Merokok ala Indonesia
Dampak buruk dari rokok hampir setiap orang
Terapi Sengatan Lebah Sembuhkan Berbagai Penyakit
Terapi Sengatan Lebah Sembuhkan Berbagai Penyakit
Lebah madu tidak asing lagi di Indonesia,
Cara Mengatasi Gusi Berdarah Secara Alami
Cara Mengatasi Gusi Berdarah Secara Alami
Gusi berdarah, banyak orang mengalaminya tapi tak
9 Tips Mencegah Virus Corona
9 Tips Mencegah Virus Corona
Virus Corona meskipun tidak seganas pendahulunya SARS
  • http://princessdija.blogspot.com D I J A

    dija giginya bolong Om,
    tapi sekarang kalo mau tidur, sikat gigi dulu kok..biar bolongnya gak makin gedhe

    • http://aritunsa.com ari tunsa

      wah bagus Dija, kalo Dija bolong mah nggak apa2 kan nanti mau tumbuh yg baru :D

  • http://myemdi.blogspot.com Marchia Diandra

    Pernah sakit gigi karena bolong gak ketauan …. idiiihhh sakit

    • http://aritunsa.com ari tunsa

      Waduhh, saya sih belum pernah, eh, semoga saja tidak :(

  • http://www.fitrian.net Lidya

    yuk jaga kesehatan gigi dan mulut

    • http://aritunsa.com ari tunsa

      hayuukkk… :D

  • obat tradisional sakit pinggang

    terimakasih infonya sangat bermanfaat untuk saya.

  • Pingback: Cara Mengobati Sariawan | Cepat dan Ampuh()

Must read×

Top