Petungkriyono, Negeri di Atas Awan yang Masih Perawan

Di Travelling 1341 views

Daerah Pantura (Pantai Utara) memang dikenal dengan suhu udara yang cukup tinggi. Maka tidak heran jika anda berkunjung ke wilayah pantura anda akan merasakan panasnya sengatan matahari. Namun siapa sangka jika di wilayah selatan pantura tepatnya di kabupaten pekalongan terdapat kawasan ekowisata di wilayah dataran tinggi yang sejuk dan asri yaitu kawasan ekowisata Petungkriyono.

Negeri di Atas Awan yang Masih Perawan

Petungkriyono merupakan daerah yang masih perawan dan belum terjamah. Petungkriyono merupakan salah satu Kecamatan di daerah kabupaten Pekalongan dengan luas wilayah mencapai 5300 hektar dan ketinggian 500 hingga 2100 diatas permukaan laut.

Jika anda akan berkunjung kesini, anda harus menempuh jarak sepanjang 70km dari kota Pekalongan. Jika anda berkunjung ke Petungkriyono bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Apabila mengguakan kendaraan umum sesampainya di Kecamatan Doro perjalanan dilanjutkan dengan menumpang Pajero. Anda mungkin bertanya-tanya Pajero? Pajero disini adalah kepanjangan dari “Panas Jobo Jero”  atau dalam bahasa indonesia Panas Luar Dalam dan oleh masyarakat Petungkriyono sering disebut dengan Doplak alias kendaraan bak terbuka.

Kawasan Petungkriyono tergabung dalam dataran tinggi Dieng yang masih terjaga keasrianya. Menuju kawasan ini sangatlah mengasyikkan anda akan mnyusuri jalan yang berliku dan banyak sekali tikungan tajam namun mata anda akan dimanjakan oleh hamparan sawah yang nan hijau, tebing yang tinggi dan perbukitan yang berundak-undak seperti gelombang yang menjulang menembus awan. Maka tidak heran jika kawasan Ekowisata petungkriyono ini dinamakan Negeri di Atas Awan.

Curug Bajing

curg bajing - Negeri di Atas Awan yang Masih PerawanCurug Bajing merupakan salah satu aset wisata yang belum digarap secara serius oleh pemerintah Kabupaten Pekalongan.  Curug Bajing terletak di dusun Soko Kembang Desa kayu Puring. Objek wisata ini menjadi idola baru bagi wisata alam di kawasan ekowisata Petungkriyono.

Keindahanya tidak bisa dibayangkan dan ditambah lagi dengan dinginya air yang mengalir di bawahnya. Apabila Sore hari tiba Curug Bajing akan tersapu dan tertutup kabut putih yang menimbulkan hawa dingin. Pemandangan yang sangat indah bukan?

Curug Muncar

curg muncarMasih di dusun Soko Kembang Desa Kayu Puring, Curug Muncar? Itulah nama salah satu curug yang sudah dikelola dengan baik oleh Pemerintah Desa. Walaupun jalan menuju curug masih jalan setapak namun keadaanya jauh sudah lebih baik karena bisa dilalui sepeda motor. Curug Muncar berada di Lereng Gunung Rogo Jembangan dengan ketinggian 1249 meter di atas permukaan air laut sehingga hawanya sejuk. Curug Muncar merupakan kompleks air terjun yang didalamnya terdapat tujuh buah air terjun

 

Potensi wisata di Petungkriyono tidak pernah habis sepanjang jalan menuju Petungkriyono setiap saat dapat dijumpai objek wisata seperti curuk kembar yang letaknya di pinggir jalan sehingga mudah untuk di singgahi. Potensi wisata yang ada tidak kalah menariknya dengan wisata di daerah lain

Tags: #curug bajing #curug muncar #ekowisata petung #petungkriyono

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top