Inilah 5 Olahraga yang Disunahkan Rasulullah

Di Islam 1863 views

Olahraga yang Disunahkan Rasulullah

Islam merupakan agama yang diturunkan Allah Subhanahuwata’ala untuk menyebarkan keselamatan, kebahagiaan serta kesejahteraan umat manusia lahir dan batin baik di dunia maupun di akhirat. Karena itu islam mengajarkan keselamatan hidup secara utuh termasuk di dalamnya masalah kesehatan.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam diutus Allah kepada seluruh umat manusia di bumi menjadi contoh dan teladan terbaik dari segala aspek kehidupan. Dalam bidang kesehatan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mencontohkan pola hidup sehat yang berdasarkan wahyu dalam Al-quran.

Olahraga yang Disunahkan Rasulullah

Sehat dapat membuat kita kuat dalam ibadah, kuat dalam berbuat kebaikan. Karena kalau kita sakit, kita jadi kurang produktif juga jadi beban bagi orang lain. Oleh karena itu berusaha hidup sehat adalah amal saleh yang membuat kita dicintai Allah Subhanahuwata’ala. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wa salam yang artinya:

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah. Walau pada keduanya terdapat kebaikan.” [HR. Muslim]

Lari

Lari merupakan salah satu olahraga yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagaimana sabdanya yang artinya:

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bertanding lari denganku dan aku menang. Ketika aku sering memakan daging sehingga badanku menjadi gemuk, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bertanding lagi denganku dan beliau mengalahkanku. Lalu beliau bersabda: Kemenangan ini untuk kemenangan itu.” [Hr. Imam Ahmad]

Memanah

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat menganjurkan olahraga memanah. Memanah bukan sekedar permainan dan hobi semata karena memanah dapat melatih otak kita untuk berkonsentrasi serta fokus. Memanah juga sebagai sarana untuk membangun sebuah kekuatan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berada di atas mimbar berkata: “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi. Ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah!” [HR. Abu Daud]

Berkuda

Berkuda amat baik untuk kesehatan manusia. Seluruh anggota tubuh badan dari kepala hingga ke kaki, dari fisik hingga mental akan mendapat manfaatnya. Bentuk lekuk badan belakang kuda – tempat ditunggang sangat baik untuk merawat segala masalah tulang belakang manusia.

Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang & memanah [HR. Bukhari&Muslim]

Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda). [HR. Muslim]

Berenag

Selain berkuda, olahraga yang dianjurkan kepada kaum Muslimin untuk dikenalkan dan diajarkan kepada anak-anaknya adalah berenang. Semasa berenang, mental, semua otot & tulang rangka digerakkan untuk membuat satu gerakan yang berkoordinasi antara dua anggota kaki & dua anggota tangan, selain meransang stamina, berenang juga mengajarkan manusia untuk berani terhadap air.

Gulat

Suatu ketika, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bergulat dengan seorang laki-laki bernama Rukanah yang terkenal kekuatannya, dan permainan ini dilakukannya selama beberapa kali. Dalam riwayat Imam Abu Daud dijelaskan, “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam gulat dengan Rukanah yang terkenal kekuatannya itu, kemudian ia berkata; Domba lawan domba. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bergulat dan beliau bersabda: Berjanjilah denganku untuk (melakukan gulat) lagi di lain waktu

 

 

Tags: #olah raga #olah raga sunah

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top