Inilah Orang Yang Paling Pertama Mendengar Terompet Sangkakala

Di Islam 839 views

Orang Yang Paling Pertama Mendengar Terompet Sangkakala

Tiupan sangkakala merupakan peristiwa yang sangat mengerikan, yaitu peristiwa pertama kali yang terjadi pada hari kiamat. Malaikat Israfil meniup sangkakala pada hari kiamat sesuai perintah Allah Ta’ala. Semua manusia di bumi pada saat itu akan mati setelah mendengar tiupan sangkakala malaikat isrofil.

Setelah sangkakala ditiup oleh malaikat isrofil seluruh umat manusia di bumi ini akan mati secara bersamaan. Setelah manusia di bumi ini semuanya meninggal maka baru terjadi tabrakan gunung, kebakaran dan hancurnya bumi ini dan seluruh isinya.

Orang Yang Paling Pertama Mendengar Terompet Sangkakala

Dalam riwayat hadits dijelaskan siapa orang yang pertamakali akan mendengar suara tiupan terompet malaikat isrofil Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

Kemudian ditiuplah sangkakala. Tidak ada seorang pun yang mendengarnya kecuali dia memasang pendengarannya dan menjulurkan lehernya. Beliau bersabda,’Maka orang yang pertama kali mendengarnya adalah seseorang yang memperbaiki telaga untuk untanya.’ Beliau berkata,’Dia pun mati, dan orang-orang pun mati.’ Kemudian Allah mengirim –atau beliau berkata,’Menurunkan’- hujan gerimis atau naungan –Nu’man (salah seorang perawi) ragu-ragu- yang darinya Allah menumbuhkan (membangkitkan) jasad-jasad manusia. Kemudian ditiuplah sangkakala yang ke dua, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing) …” [HR. Muslim]

Maka di dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa ketika sangkakala ditiup pertama kali dan didengar manusia, dan orang yang paling pertama mendengar tiupan terompet sangkakala itu ialah seorang yang sedang memperbaiki telaga untuk untanya.

Kemudian orang itu mengangkat kupingnya untuk mendengar maka matilah dia dan matilah seluruh manusia di bumi. Kemudian ditiuplah sangkakala ke dua kalinya, maka bangkitlah manusia dari kuburnya dan menunggu putusannya masing-masing.

Tags: #hari kiamat #Kiamat #malaikat isrofil #sangkakala #tiupan sangkakala

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top