Inilah Alasan Pentingnya Punya Ijazah

Di Personal 1234 views

Terkadang saya berpikir, apa sih pentingnya punya ijazah? Apakah hanya sekadar digunakan untuk mencari kerja? Lalu setelah masuk kerja buat apa lagi? Buat persiapan cari kerja lagi kalau resign? Gimana kalau kerjanya betah disatu tempat? Percuma dong sekolah bertahun-tahun hanya digunakan sekali itu saja  😆 *dikeroyokmasa*

pentingnya punya ijazah, alasan punya ijazah, ijazah sekolah

Seiring berjalannya waktu, ternyata dipikir-pikir punya ijazah itu penting juga. Berikut ini empat hal yang merupakan arti pentingnya ijazah bagi saya:

1. Melamar Pekerjaan

Tidak dipungkiri, ijazah merupakan suatu syarat penting untuk melamar pekerjaan. Yaaa meskipun tidak semua perusahaan membutuhkan ijazah sebagai persyaratan administratif. Tapi sebagian perusahaan tidak mau menerima karyawan yang tidak berijazah. Ijazah sebagai catatan resmi bahwa seseorang telah menjalani pendidikan di suatu sekolah/ universitas/ tempat kursus. Jadi, ijazah itu penting untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Mengurus Paspor

Jumat kemarin, saya dipaksa temen untuk menemaninya ke kantor imigrasi kelas I, Denpasar. Dengan sedikit terpaksa akhirnya saya ikut. Ternyata tidak sia-sia keikutsertaanku, saya jadi sedikit bermanfaat, setidaknya untuk teman ngobrol saat dia sedang antri.

Teman saya itu hendak memperpanjang paspor yang masa berlakunya kurang dari 6 bulan. Ternyata mau memperpanjang saja ribet, perlu menulis formulir permohonan perpanjangan paspor dan pernyataan dari suami/ istri bagi yang sudah menikah. Lalu melengkapinya dengan dokumen yang diminta. KTP, Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, dan tidak ketinggalan IJAZAH asli.

Temanku yang kala itu tak membawa ijazah akhirnya pulang gara-gara satu dokumen itu. Seketika itu kami “melongo” bersama, ternyata ijazah itu penting. Untungnya ijazahku belum kumasukkan ke dalam mesin penghancur kertas, haha.

3. Mengaktifkan Rekening Bank

Pengalaman saya kehilangan dompet beberapa waktu lalu telah membuktikan betapa pentingnya selembar ijazah. Sesaat setelah hilangnya dompet beserta isi-isinya, saya langsung memblokir semua nomor kartu atm yang ada di dompet. Sehari setelah melapor ke kantor kepolisian sektor Denpasar Timur saya menyesal, sebab telah memblokir nomor rekening tersebut. Pasalnya salah satu bank yang mengeluarkan kartu atm tidak mau mengganti kartu dan membuka blokirnya jika saya tak membawa identitas diri.

Bagaimana tidak menyesal coba, seluruh kartu identitas saya berada di dalam dompet yang hilang. Meski telah merengek, mbak CSO (Customer Service Officer) tetap saja tak mau memberikan kartu baru. Hanya ada satu solusi, saya tetap harus menggunakan identitas diri, haha.

Kalian tau apa yang diminta mbak-mbak itu? IJAZAH. Ya, ijazah bisa digunakan untuk membuka blokirnya.

4. Special Request

Diantara arti pentingnya punya ijazah di atas, sepertinya ini yang paling penting. Ijazah menjadi sangat penting ketika ada special request dari calon mertua. Mungkin tidak semua orang, tapi ada yang demikian. Semoga Anda yang tidak mempunyai ijazah tetap dapat calon yang sempurna, hehe.

Demikian 4 arti pentingnya ijazah bagi saya. Tulisan ini bukan bermaksud untuk mencela orang yang tidak mempunyai ijazah. Bagaimanapun juga, penting tidaknya ijazah tergantung pada siapa orangnya.

Tags: #Ijazah Tidak Boleh Hilang #Pentingnya Ijazah

author
Penulis: 
Blogger asal Pekalongan yang punya mimpi BESAR. Terima kasih telah membaca tulisan saya, silakan SHARE jika bermanfaat!
Baca Juga×

Top