Dahsyatnya Peristiwa Kabut Asap Ad Dukhan

Di Islam 6023 views

Peristiwa Kabut Asap Ad Dukhan

Peristiwa hari kiamat tidak diragukan lagi menjadi hari yang paling menakutkan umat manusia. Saat bumi dan alam semesta hancur melenyapkan segala kehidupan di muka bumi. Sebelum terjadi kiamat akan terjadi peristiwa maha dahsyat yang terjadi di muka bumi salah satunya muncul asap atau Ad Dukhan.

Allah Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya:

“Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata, yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.” [QS. Ad Dukhan]

Peristiwa Kabut Asap Ad Dukhan

Peristiwa Ad Dukhan adalah peristiwa besar yang sangat mengerikan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam menggambarkan peristiwa ini dalam haditsnya:

“Sesungguhnya Rabb-mu telah memperingatkanmu akan tiga hal. Pertama asap yang akan mengakibatkan kepada orang-orang mukmin seperti demam, dan kepada orang kafir sehingga ia melepuh dan keluar asap dari setiap telinganya. Yang kedua binatang melata dabbah. Yang ketiga adalah dajjal.” [HR. Thabrani]

Dari sejak masa sahabat hingga kini banyak menduga bahwa kedatangan asap Ad Dukhan disebabkan jatuhnya meteor ke muka bumi. Benturan meteor ini menimbulkan asap tebal berwarna hitam yang akan menyelimuti langit dan bumi. Asap ini tidak hanya menutupi  bumi tetapi juga akan menghalangi cahaya matahari.

Peristiwa jatuhnya benda luar angkasa ini digambarkan dalam Al-Quran sebagaimana Allah Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya:

“(Ingatlah) hari (ketika) Kami menghantam mereka dengan hantaman yang keras. Sesungguhnya Kami adalah Pemberi balasan.” [QS. Ad Dukhan: 16]

Menurut badan antariksa Amerika Serikat atau NASA sekitar satu ton debu dan partikel seukuran pasir yang dikenal sebagai meteorid memasuki atmosfer bumi setiap hari. Meski kebanyakan terlalu kecil untuk diamati. NASA memperkirakan rata-rata meteor seukuran satu obil masuk ke atmosfer bumi sekali setiap tahun dan menghasilkan bola api impresif yang terbakar sebelum mencapai daratan.

Beberapa peristiwa membuktikan betapa dahsyatnya hantaman meteor yang jatuh ke bumi. Ledakanya begitu menghancurkan padahal meteor yang jatuh berukuran tak begitu besar. Bisa dibayangkan bagaimana kehancuran bumi bila di hantam oleh meteor raksasa bisa jadi planet ini akan hancur dan seluruh kehidupan akan mati.

 

 

Tags: #ad dhuhan #kabut asap #peristiwa kabut asap #Tanda Kiamat

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top