Inilah Rahasia Anak Kecil Meninggal Sebelum Baligh

Di Islam 1606 views

Anak Kecil Meninggal Sebelum Baligh

Sesungguhnya kita milik Allah Subhanahuwata’ala dan semua yang hidup akan kembali kepada Sang Pemilik, Allah Subhanahuwata’ala. Banyak yang bilang jika anak kecil meninggal sebelum baligh akan masuk surga bahkan bisa melapangkan kedua orang tuanya menuju surga. Benarkah pendapat ini dalam islam?. Ataukah hanya hiburan untuk mengurangi duka orang tua yang di tinggalkan anak tercinta.

Anak Kecil Meninggal Sebelum Baligh

Pendapat yang mengatakan bahwa jika seorang anak kecil yang meninggal sebelum baligh akan masuk surga adalah benar dalam islam. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam yang artinya:

“Tiap-tiap anak orang islam yang mati sebelum baligh akan dimasukkan ke dalam surga dengan rahmat Allah” [HR. Bukhari & Muslim]

Seorang bayi terlahir dalam keadaan suci dan tidak membawa dosa hingga masa dimana ia baligh dan tumbuh dewasa. Maka seorang anak yang meninggal sebelum usia baligh ia meninggal dalam keadaan tanpa dosa karena belum mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Oleh karenanya bagi orang tua kehilangan anaknya saat masih kecil jangan terlarut dalam kesedihan karena sesungguhnya sang anak telah kembali ke surganya Allah.

Kehilangan orang terdekat selalu meninggalkan duka yang mendalam terlebih jika orang tua yang kehilangan anaknya yang masih balita. Meski sesungguhnya dibalik semua cobaan terselip hikmah bagi hamba Allah yang sabar. Salah satunya adalah jika anak kecil meninggal sebelum baligh maka ia akan menyambut kedatangan ayah ibunya yang sholeh dan ber iman di surga. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Ketika aku mi’raj ke langit, tiba-tiba aku mendengar suara kanak-kanak. Aku bertanya: ‘Wahai Jibril Siapakah mereka itu?’ Jibril menjawab: ‘Mereka adalah anak cucu orang islam yang meninggal dunia sebelum baligh. Mereka diasuh oleh Nabi Ibrahim As. Sampai orang tuanya datang’.” [HR. Abu Daud]

Hikmah Anak Kecil Meninggal Sebelum Baligh

Allah Subhanahuwata’ala sungguh maha pengasih dan pemurah. Dibalik kesedihan yang mendalam yang dirasakan orang tua Allah Subhanahuwata’ala memberikan banyak keberkahan bagi orang tua yang sabar dan ikhlas. Bahkan tahukah anda bahwa seorang anak kecil yang meninggal sebelum baligh dapat mengajak orang tuanya yang beriman dan beramal sholeh untuk masuk surga bersama mereka.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Allah Subhanahuwata’ala berfirman pada hari kiamat kepada anak-anak. ‘Masuklah kalian ke dalam surga’. Anak-anak itu berkata: ‘Ya Rabbi (kami menunggu) hingga ayah ibu kami masuk’ lalu mereka mendekati pintu surga tapi tidak mau masuk ke dalamnya. Allah berfirman: ‘Mengapa, Aku melihat mereka enggan masuk? masuklah kalian ke dalam surga!’. Mereka menjawab: ‘Tetapi (bagaimana) orang tua kami?’ Allah pun berfirman: ‘Masuklah kalian ke dalam surga bersama orang tua kalian’.” [HR. Ahmad]

Namun perlu diingat anak kecil yang sudah meninggal dapat menjadi penolong orang tuanya kelak jika mereka masih mengikuti ajaran islam dan  mentaati semua yang ditetapkan Allah Subhanahuwata’ala. Namun apabila sebaliknya pertolongan ini akan batal dengan sendirinya. 

Tags: #anak kecil meninggal #anak kecil penolong orang tua #rahasia anak kecil meninggal

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top