Review Xiaomi Redmi 5A, Sebagus Apa?

Posted on

Sejak awal peluncurannya, ponsel ini sudah bikin heboh. Hal itu disebabkan harga resminya yang murah banget, cuma 1 jutaan kembali seribu rupiah. Video yang bertebaran di youtube pun membuktikan bahwa hype hape ini bener-bener besar. Lihat saja, semua youtuber gadget membuat video tentang redmi 5A dan semuanya mendapatkan views tinggi dari para subscribers mereka.

Tidak hanya itu, iklannya pun secara masive sering kita lihat di media online. Sampai-sampai orang yang gak ngerti tentang gadget pun tahu tentang redmi 5a ini. Kebanyakan mereka menyebutnya “hape sejutaan yang bagus”. Yah, mungkin karena terpengaruh iklan, hihi.

Tapi bagaimana soal kualitas smartphone ini sendiri. Apakah cuma terkenal karena harganya terlalu murah, atau juga karena ditunjang dengan performa yang mumpuni? Berikut ini review Xiaomi Redmi 5A, coba tebak sebagus apa? 🙂

1. Desain

Secara penampilan, Redmi 5A terlihat biasa-biasa saja. Tapi jika ditelisik lebih lanjut handphone ini ternyata mirip seperti pendahulunya Redmi 4A. Bagian depan maupun belakang, mirip banget. Hanya saja, garis antena di bagian belakang body sedikit berbeda. Redmi 4A seperti memotong kamera, sedangkan redmi 5A ada di bawah kamera.

redmi 5a vs redmi 4a, review xiaomi redmi 5a

Selain bentuk fisiknya, ternyata redmi 4a dan redmi 5a sama dalam hal spesifikasi. Padahal keduanya berbeda generasi, Redmi 4A sudah keluar setahun yang lalu, sedangkan redmi 5A baru launching. Jangan-jangan, 5A itu hasil modifikasi 4A yang tidak laku, hehe.

Body dari Redmi 5A sebenarnya plastik, tapi menggunakan finishing metal sehingga terlihat seperti metal beneran. Tidak begitu mewah, tapi juga Anda tidak akan banyak mengeluh karena sudah sesuai dengan harga.

Dibagian depan, terdapat LED notifikasi yang terletak di home button bawah, tapi warnanya hanya putih saja tidak bisa berganti-ganti. Kemudian di bagian atas, Xiaomi nampaknya masih mempertahankan ciri khasnya yaitu infrared yang berguna banget untuk pengganti remote TV dan AC.

Kekurangan:

Redmi 5A hanya memiliki satu kekurangan yang sebenarnya butuh gak butuh, yaitu ketiadaan finger print sensor. Tapi hal itu sedikit wajar karena harganya murah 😀

2. Display

redmi 5a vs redmi 4a, review xiaomi redmi 5a, redmi 5A buat main game, layar xiaomi redmi 5a

Pada bagian ini, Xiaomi Redmi 5A sudah mempunyai resolusi HD 720 p yang dijamin terbaik di kelasnya. Dari berbagai handphone dengan range harga segitu, kualitas layar dari redmi 5A ini termasuk yang paling keren. Warna yang dihasilkan enak dipandang dan gambarnya juga terlihat tajam.

Respon terhadap sentuhan juga bagus, beda banget dengan hape sejutaan yang lain. Namun, jangan bandingkan Redmi 5A dengan ponsel seharga 2 jutaan ya. Layar di hape ini mudah tertempel minyak dan debu sehingga mudah kotor.

3. Spesifikasi

Setelah membahas display dan desain, selanjutnya mari kita rogoh lebih dalam. Secara spesifikasi, handphone ini mirip seperti kakaknya, redmi 4A. Berikut ini data spesifikasi Xiaomi Redmi 5A:

Prosesor: Snapdragon 425

GPU Adreno 308

RAM 2GB

Memori Internal 16 GB

Kamera Belakang 13 MP

Kamera Depan 5 MP

Baterai 3000 mAh

Android Nougat 7.1

Memang tidak begitu wah, tapi dengan harga segitu, redmi 5A sudah termasuk bagus dan lumayan tinggi spesifikasinya. Terlebih kalau dilihat kelengkapan sensornya, hape semurah ini sudah memiliki sensor cahaya dan magnetic.

4. Performa

Satu hal lagi yang patut diacungi jempol, meski RAMnya masih kecil dan prosesornya sudah agak “jadul”, Xiaomi Redmi 5A masih oke banget buat main game. Mungkin Anda termasuk salah seorang yang mencari tahu apakah redmi 5A bisa buat main game atau tidak.

redmi 5a vs redmi 4a, review xiaomi redmi 5a, redmi 5A buat main game

Lalu game apa yang bisa dimainkan?

Mobile legend dengan setingan grafis tertinggi pun masih bisa dimainkan di hape ini. Hanya saja akan sedikit mengalami frame drop saat memainkannya, tapi hal itu tidak masalah. Oleh karenanya, bagi orang tua yang ingin membelikan anaknya sebuah smartphone yang bisa buat main game, redmi 5A ini mungkin cocok.

5. Ketahanan Batrei

Seperti yang sudah saya sebutkan, hape ini cocok buat main game tapi tidak akan melalaikan. Alasannya karena ketahanan batrenya tidak terlalu panjang. Jadi kita tidak akan terlena saat bermain game, dipakai lama batrenya akan habis sendiri, hehe.

Untuk kegiatan ringan seperti menggunakan sosial media atau aplikasi yang ringan, hape ini bisa bertahan selama 4-5 jam. Itu sudah cukup lah untuk penggunaan sehari-hari. Sama seperti sebagian hape lain.

6. Kamera

Kamera dari Redmi 5A dengan harga sejutaan ini yang bikin kagum. Kamera redmi 5A ini kuat banget soal detail. Hanya saja, kontras warna sedikit mengecewakan karena hasil fotonya menunjukkan lebih kusam dari aslinya. Dynamic range juga tidak begitu mantap, kalau dibandingkan dengan hape merk lain sih kamera redmi 5A sudah bagus.

Kesimpulan Review Xiaomi Redmi 5A

Apakah Xiaomi Redmi 5A ini recommended untuk dibeli? Tentu saja, ya. Selain sensor sidik jari, hape ini sudah recomended banget. Dari harga 999.000 rasanya kita tak perlu banyak mengeluh, hehe. Dengan harga segitu, biasanya merk lain akan menyunat pada bagian performa dan lainnya.

Dan itu tidak terjadi pada Redmi 5A. Namun seperti yang dikhawatirkan banyak pihak, bahwa Xiaomi Redmi 5A bakalan naik setelah flash sale dari Lazada. Jika hal itu terjadi dan kenaikan harga normalnya berkisar 100 – 200 ribuan maka redmi 5A masih saya rekomendasikan juga.

Gravatar Image
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *