Inilah Salah Satu Kunci Surga yang Harus Anda Ketahui

Di Islam 570 views

 

Kunci Surga

Suraga merupakan tempat terindah yang Allah subhanahuwata’ala ciptakan untuk selurh umat muslim tentunya untuk orang-orang yang beriman. Tetapi tidaklah mudah untuk masuk kedalam surga, karena untuk masuk surga kita sebagai umat muslim harus memiliki kunci surga.

Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban yang sangat besar dalam islam dan hal tersebut merupakan salah satu kunci untuk memasuki surga di akhirat kelak. Suatu ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi wa salam di tanya tentang amalan yang paling tinggi dan mulia, beliau bersabda yang artinya

“Shalat tepat pada waktunya, berbuat baik kepada kedua orang tua jihad di jalan Allah” [HR. Bukhori & Muslim]

Berdasarkan hadits tersebut betapa agungnya kedudukan orang tua dalam islam sampai Rasulullah Shallallahu’alaihi wa salam menempatkan sebagai salah satu amalan yang paling utama.

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” [HR. Bukhari & Muslim]

Orang Tua Adalah Pintu Surga Paling Tengah

“Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu, atau kalian bisa menjaganya” [HR. Ahmad, Turmudzi & Ibn Majah]

Maksud pintu surga yang paling tengah  adalah pintu yang PALING BAGUS dan PALING TINGGI.  Dengan kata lain,  sebaik-baik sarana yang bisa mengantarkan seseorang ke dalam surga dan meraih  derajat yang tinggi adalah dengan mentaati orangtua dan menjaganya.

Sungguh berbakti kepada kedua orang tua adalah hal yang diwajibkan oleh Allah Subhanahuwata’ala kepada setiap anak karena salah satu cara untuk mendapatkan kunci surga di akhirat kelak dengan cara kita berbakti kepada orang tua dan selalu menyayanginya.

Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang memiliki salah satu kunci surga tersebut. Aamiin ya Rabbal ‘Alamin.

Tags: #berbakti kepada orang tua #kunci surga #orang tua

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top