Jambu Biji, Solusi Tepat Atasi Diare Pada Anak

Di Kesehatan 3408 views

Diare Pada Anak

Diare (atau dalam bahasa kasar disebut mencret) adalah penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam.

Diare bisa juga menyerang bayi, dan akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Diare pada bayi/diare pada anak bisa disembuhkan menggunakan obat diare untuk bayi cukup dengan obat herbal yang bahannya sangat mudah ditemukan disekitar kita yaitu tanaman obat herbal jambu biji.

Gejala Diare

Gejala diare yang dialamai pada anak-anak sama dengan gejala yang dialami pada orang dewasa. Gejala diare sangat bermacam-macam ada yang hanya merasakan sakit perut, sering muntah, muntah, lemas dan dehidrasi serta perut seringkali berbunyi. Pada penderita diare yang sudah parah kemungkinan juga dapat menimbulkan demamdan kram perut.

Diare biasanya pulih dengan sendirinya dalam waktu dua sampai empat hari. Namun Anda dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami diare lebih dari satu minggu atau diare tersebut sampai mengganggu tidur Anda.

Mengobati Diare

Buah jambu biji merupakan tanaman obat herbal untuk menyembuhkan diare pada anak/diare pada bayi. jambu biji diketahui memiliki zat aktif yang disebut dengan tannin. Kandungan tannin pada jambu biji, baik buah dan daunnya, cukup tinggi hingga mencapai 17 persen. Indikasi dari adanya tannin yaitu memiliki rasa pahit saat menyentuh lidah sebagai indera pengecap.

Efeknya pada diare, tannin sangat berguna dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme di dalam perut yang menyebabkan reaksi diare. Di samping itu, tannin berperan untuk penyerap racun dalam sistem pencernaan dan sekaligus menggumpalkan protein yang ada. Untuk itulah pengobatan diare dengan daun atau buah jambu biji cukup efektif menyembuhkan.

Cara Memanfaatkan Jambu Biji Untuk Obat Diare

Untuk mengatasi diare dengan jambu biji cukup kita ambil buah jambu biji yang sudah kita siapkan kemudian beri sedikit garam dan selanjutnya buah jambu biji itu kita kunyah-kunyah sampai keluar airnya. Setelah airnya keluar maka kita telan air kunyahan jambu biji tersebut dan ampasnya kita buang.

Jambu biji dianggap cukup aman sebagai obat diare karena merupakan salah satu bahan alami dan menyehatkan. Meskipun demikian, pemeriksaan lebih lanjut ke dokter sangat diperlukan bagi penderita diare. Terlebih ketika telah memakan banyak jambu biji namun diare tidak kunjung reda ataupun ketika diare disertai dengan mual serta muntah.

 

Tags: #cara mengatasi diare pada anak #diare anak #jambu biji

author
Penulis: 
    Baca Juga×

    Top