Tiket Kereta Api Mulai Naik

tiket kereta api mulai naik

Kemarin saya telah menuntaskan pembelian sejumlah tiket untuk mudik lebaran tahun ini. Langkah pembelian tiket diawal waktu untuk menghindari tiket yang sudah mulai naik. Kemarin saya lihat tiket kereta api mulai naik, meskipun lebaran masih kurang tiga bulan lagi. Makanya banyak orang yang sudah membeli tiket pulang kampung jauh-jauh hari.

Sudah menjadi rahasia umum, mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Sehingga banyak orang merelakan waktu dan uang untuk rebutan tiket mudik. Dengan fenomena itu banyak perusahaan transportasi masal memanfaatkan kesempatan dengan menaikkan harga tiket. Saya masih belum mengerti kenapa musti dinaikkan sih, padahal nggak naik juga sudah pasti banyak untungnya, hehe.

Kereta Api, salah satu alat transportasi masal yang banyak digemari calon pemudik sudah mulai menaikkan harga tiketnya. Bahkan kemarin saya lihat ada yang kenaikannya hingga 100 persen atau dua kali lipat. Tiket yang naik untuk jadwal keberangkatan mulai dari H-6 atau kira-kira sekitar tanggal 23 Juli 2014. Sebagaimana kita ketahui bahwa di kalender yang beredar bahwa hari raya Idul Fitri diperkirakan jatuh pada tanggal 28-29 Juli 2014. Dan waktu favorit yang digunakan untuk mudik biasanya sekitar satu minggu sebelum hari raya.

Tiket kereta api bisa dibeli untuk keberangkatan H+90

Kebijakan baru PT Kereta Api Indonesia (KAI) beberapa tahun ini membolehkan calon penumpang membeli tiket untuk keberangkatan hingga 90 hari ke depan. Sehingga minimal 3 bulan sebelum hari raya para calon penumpang sudah banyak yang berburu tiket mudik. Tak aneh jika beberapa bulan sebelum mudik tiket kereta api jarak jauh telah habis. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu, KAI kehabisan tiket kereta jarak jauh.

Tiket yang mengalami kenaikan kebanyakan kereta jarak jauh kelas bisnis dan eksekutif. Bahkan tidak hanya naik, sejumlah kereta kelas eksekutif dan bisnis sudah banyak yang kehabisan tiket untuk H-5 hari raya. Berikut info tiket kereta api yang habis untuk rute Surabaya Pasar Turi – Pekalongan keberangkatan 23 Juli 2014 (Data diambil dari _tiketkai.com pada tanggal 25 April 2014)

Kereta Gumarang 15:30 – 21:09 Kelas Ekonomi | Sub Kelas C

Kereta Gumarang 15:30 – 21:09 Kelas Eksekutif | Sub Kelas I

Kereta Gumarang 15:30 – 21:09 Kelas Eksekutif | Sub Kelas J

Kereta Gumarang 15:30 – 21:09 Kelas Eksekutif | Sub Kelas X

Kereta Gumarang 15:30 – 21:09 Kelas Bisnis | Sub Kelas Y

Kereta Harina 17:15 – 22:54 Kelas Eksekutif | Sub Kelas I

Kereta Harina 17:15 – 22:54 Kelas Eksekutif | Sub Kelas J

Kereta Harina 17:15 – 22:54 Kelas Eksekutif | Sub Kelas X

Kereta Harina 17:15 – 22:54 Kelas Bisnis | Sub Kelas Y

Kereta Argo Anggrek 08:15 – 12:53 Kelas Eksekutif | Sub Kelas X

Kereta Argo Anggrek 08:15 – 12:53 Kelas Eksekutif | Sub Kelas X

Meskipun tiket kereta api yang sudah habis di atas hanya dari satu rute tapi saya yakin bahwa banyak rute lainnya yang kondisinya sama. Sebabnya waktu-waktu sekarang ini sudah banyak orang yang sudah membeli tiket kereta untuk mudik tiga bulan mendatang. Saran saya, lebih baik beli tiket sekarang untuk mudik lebaran, daripada kehabisan :lol: Juga sebelum tiket kereta api naik lebih tinggi #halah

Ari Tunsa

Seorang pemuda asal Tunsa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Beristri satu dan satu-satunya. Sembari mengejar mimpi, mari nikmati secangkir kopi | Twitter | Facebook | Google+
Posted in Info, Transportasi. Tagged with , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: