6 Pola Hidup Sehat Yang Murah dan Mudah

Diposting pada

pola hidup sehat, menjaga hidup agar tetap sehat

Sehat itu mahal Bung!

Semua orang menginginkan hal itu, siapa yang tidak ingin sehat maka otaknya sudah tidak sehat lagi, hehe. Sebenarnya sehat itu murah, sakit yang mahal.

Kita memang harus membayar mahal untuk kembali sehat, tapi kita hanya perlu menjaganya ketika kita sehat. Insya Allah Anda masih sehat karena masih bisa membaca tulisan ini dengan jelas.

6 pola hidup sehat yang murah dan mudah ini bisa Anda lakukan mulai sekarang, simak sampai habis:

1. Hidup Harus Seimbang

Jangan jadikan hidupmu 24 jam full non stop, tubuh juga butuh istirahat. Hidup itu harus seimbang, adakalanya kerja keras, ada kalanya menikmati hidup. Olah raga juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan hidup tersebut. Akan tetapi jangan juga terlalu addict dalam berolahraga sehingga malah menimbulkan cidera.

2. Perbanyak Air Putih

Ada banyak jenis minuman di dunia ini, terlebih di Indonesia, tak kalah jumlahnya. Kita memang diperbolehkan minum apapun, tapi minuman terbaik adalah air putih.

Minum air putih ada takarannya, hendaknya kita minum 8-10 gelas perhari. Atau sebagian orang menganggap minum air putih itu minimal beberapa persen dari berat badan kita. Bebas, intinya perbanyak air putih.

3. Jangan Lupa Sarapan

Orang sering salah kaprah, kebanyakan dari mereka meninggalkan waktu makan di pagi hari. Alasannya bermacam-macam, ada yang tidak sempat karena dalam perjalanan, dan adapula karena malas.

Sarapan pagi dianjurkan sebelum banyak aktivitas, karena sarapan merupakan proses masuknya protein ke dalam tubuh pertama kali. Maka sarapanlah dengan makanan yang mengandung banyak protein karena akan mensuplai energi untuk beraktivitas.

Perhatikan juga gizi dan nutrisi seimbang. Lakukan itu secara terus menerus sehingga membentuk pola hidup yang sehat dan murah. Buah-buahan dan vitamin juga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Jika baru sembuh dari sakit, konsumsi herbal penunjang juga tidak mengapa.

4. Makanan Harus Berimbang

Bolehlah sekali-kali kita makan makanan fast food, tapi ingat, harus berimbang. Bukan artinya makan makanan instan 1 kali lalu makan bergizi 1 kali. Melainkan perbanyak makanan dengan serat tinggi setiap hari, makan junkfood seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

Protein, karbohidrat, dan lemak harus dikonsumsi secara seimbang. Kuncinya makan secara seimbang, kita membutuhkan segala nutrisi dalam makanan untuk dikonsumsi.

5. Udara Bersih

Alhamdulillah, manusia tidak perlu membeli udara. Kita diciptakan sudah langsung bisa menghirup udara secara otomatis. Akan tetapi di perkotaan, polusi asap knalpot membuat udara jadi tak bersih lagi.

Kita bisa mendapatkan udara bersih pada pagi hari, sempatkan untuk keluar sekedar jalan-jalan untuk menikmati udara bersih yang gratis ini. Udara pagi hari umumnya belum banyak tercemat asap kendaraan, debu dan lainnya.

Bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan, bersyukurlah karena banyak pepohonan yang membuat udara sekitar Anda menyejukkan karena bersih. Dengan udara bersih, paru-paru kita akan sehat sehingga oksigen yang kita hirup bisa langsung dialirkan ke otak. Dengan begitu otomatis, pikiran jadi tenang dan nyaman.

6. Istirahatkan Otak

Pekerjaan berat menimbulkan otak Anda bekerja terlalu keras. Bukan berarti kita tidak boleh bekerja keras, tapi sebaliknya. Bekerjalah saat waktunya bekerja, dan istirahatkanlah otak ketika tidak sedang bekerja. Jadi, kita harus memberi ruang pada otak.

Alihkan pikiran dari aktivitas pekerjaan yang berat sejenak untuk hal ringan. Misalnya melihat suasana alam, di luar ruangan. Melihat hijaunya pepohonan di samping kantor atau selainnya. Ngobrol dengan teman kita juga salah satu yang membuat otak beristirahat sejenak dari pekerjaan berat.

Demikian beberapa pola hidup sehat yang mudah dan murah. Manusia itu benar-benar dimanja, semua serba ada. Maka maksimalkan dan hiduplah dengan sehat. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.