Air Kelapa Muda Sembuhkan Covid, Benarkah?

Diposting pada

Memang ini berita agak lama. tentang air kelapa muda sembuhkan covid 19. Terlebih kabar ini viral saat badai covid gelombang kedua tahun ini. Satu sisi memang menguntungkan penjual kelapa muda seperti saya.

Memang seperti inilah kebiasaan kita. Kalau ada yang viral, ramai-ramai kita ikut-ikutan tanpa mengecek kebenarannya. Seperti halnya kasus susu beruang yang sampai rebutan.

Terus terang, karena viralnya berita air kelapa bisa sembuhkan covid, saat itu saya benar-benar kebanjiran order kelapa muda. Para pedagang langganan yang ambil degan ke saya, yang biasa habis 30 butir sehari, saat itu bisa 4 kali lipatnya.

Mereka bahkan bercerita, seumur-umur jualan kelapa muda, baru kali itu penjualannya sangat meningkat drastis. Mengalahkan larisnya saat bulan puasa. Hal itu pula yang memicu semakin menjamurnya pedagang es degan di pinggir jalan sekarang ini.

Tapi sebenarnya, benarkah air kelapa muda bisa menyembuhkan covid 19?

Air Kelapa Muda Sembuhkan Covid, Mitos atau Fakta?

Seperti Bupati Aceh Barat H. Ramli MS yang mengaku membaik setelah meminum ramuan dari air kelapa muda yang dicampur sedikit garam dapur, satu sendok madu dan jeruk nipis.

Setiap hari beliau mengkonsumsinya dua kali, setelah sarapan dan makan malam. Sehingga hasil tes menyatakan beliau negatif. Hal-hal semacam itu, banyak media yang memuatnya dengan judul yang menjadikan pembacanya salah tafsir.

Tapi sebenarnya bagaimana kita menanggapi hal ini?

Satgas Covid sendiri dalam berbagai media telah mengungkapkan bahwa air kelapa muda bisa sembuhkan covid adalah hoax. Memang benar, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan meminum air kelapa, tubuh jadi terpenuhi asupan cairan dan mendapat energi serta banyak vitamin yang terkandung di dalamnya.

Semua asupan yang masuk ke dalam tubuh itu sama sama membantu tubuh untuk membentuk antibodi sehingga virus tidak bisa masuk.

Namun, secara ilmiah belum ada penelitian bahwa air kelapa bisa menyembuhkan covid 19. Hal itu juga sudah dikonfirmasi oleh spesialis gizi seperti dr. Juwalita Surapsari dari RS Pondok Indah.

Apapun itu, selama baik untuk kesehatan kita, mari kita konsumsi untuk menjaga dari berbagai penyakit dan virus apapun.

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.