Apakah Wasir atau Ambeien Harus Dioperasi?

Diposting pada

apakah wasir atau ambeien harus diperasi, cara mengobati ambeien, wasir

Wasir bahasa kedokterannya hemoroid, tapi orang sering menyebutnya ambeien. Yaitu membesarnya pembuluh darah sekitar anus sehingga akan terasa sakit jika tidak segera Anda atasi.

Meskipun tidak begitu berbahaya tapi sangat menyiksa si penderita. Penyebab penyakit ini karena faktor genetikal. Pengobatannya harus melalui petunjuk dokter dengan cara terapi atau operasi.

Meskipun penderita sudah sembuh tapi ada kemungkinan penyakit ini kambuh lagi jika tidak bisa menjaga pola makan dan olahraga secara teratur. dr Soegiarto, Sp PD dari RS Islam Roemani Semarang menyarankan agar berkonsultasi kepada dokter ahli.

Orang Yang Berrisiko Terkena Ambeien

Ambeien atau wasir bisa mudah mengenai orang orang dengan keadaan seperti berikut:

  • Orang yang susah buang air besar
  • Wanita hamil
  • Penderita penyakit kronik hati
  • Orang berusia lebih dari 50 tahun
  • Keluarga ada yang punya wasir

Beberapa jenis orang yang sudah tadi lebih rentan terkena ambeien daripada selainnya. Tentu saja gejala dan rasa sakitnya berbeda-beda tergantung keparahan masing-masing. Begitupun juga dengan cara mengatasi ambeien, apakah wasir atau ambeien harus dioperasi?

Cara Mengobati Penyakit Wasir

Setiap orang akan berbeda penanganan tergantung seberapa parah. Jika sakit sudah tidak tertahankan, maka konsultasikan dahulu ke dokter apa perlu ambeien harus dioperasi atau tidak.

Untuk Anda yang sudah muncul gejala ambeien atau wasir seperti perasaan gatal dan serasa ada benjolan daging di sekitar anus dan sakit, bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Rendam bagian pantat dengan air hagat

Berendam dalam air hangat akan mengurangi rasa sakit pada bagian yang bengkak. Selain itu juga bisa mengurangi pembengkakan lebih parah. Lakukan minimal 3 kali setiap hari dengan durasi 15-20 menit

2. Banyak konsumsi makanan berserat tinggi dan minum air putih

Fungsinya untuk memperlancar proses buang air besar. Jika tidak ada masalah sembelit saat BAB maka insya Allah sakit yang karena wasir bisa lebih diminimalisir.

3. Gunakan obat untuk wasir atau ambeien

Anda bisa mendapatkannya di apotek terdekat, biasanya berbentuk salep yang bisa dioleskan pada bagian yang menonjol sekitar anus. Jika terlalu sakit, konsumsi paracetamol untuk mengurangi rasa sakitnya sebelum memeriksakan diri ke dokter spesialis.

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.