ASI Sulit Keluar, Gimana Solusinya? 😭

Diposting pada

asi sulit keluar, solusi agar asi lancar

Semua ibu pasti menyadari bahwa hingga saat ini tidak ada produk susu formula apapun yang mampu mengalahkan air susu ibu (ASI). Termasuk produk susu sapi yang ada di pasaran. Bahkan sering kita dengar ungkapan, susu sapi ya paling baik untuk anak sapi sedangkan anak manusia paling baik minum ASI.

Sebagaimana kita ketahui bersama, pemerintah menganjurkan ASI Eksklusif diberikan kepada bayi dari lahir hingga usia 6 bulan. Akan tetapi iklan susu formula diberbagai media rasanya berpengaruh besar terhadap kesadaran para ibu-ibu untuk memberikan ASI Eksklusif. Ditambah lagi karena alasan ibu bekerja di luar rumah sehingga susah menyusui bayinya.

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Mia Sutanto mengatakan bahwa di Indonesia tingkat kesadaran akan pentingnya memberikan ASI Eksklusif masih rendah dibandingkan Afghanistan sekalipun. Padahal manfaatnya sangat luar biasa.

Perlu Anda ketahui bahwa pada saat lahir, usus bayi berbentuk bolong-bolong dan akan tertutup hanya dengan kolostrum yang terdapat pada ASI. Kolostrum yang paling banyak terdapat pada ASI yang pertama keluar ketika bayi baru lahir.

Namun, tidak sedikit ibu-ibu yang ingin memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya tapi terkendala dengan ASI sulit keluar. Nah, jika Anda termasuk salah satu ibu-ibu yang ingin ASI keluar dengan lancar, coba ikuti tips dari Mia Sutanto ini:

7 Tips ASI Sulit Keluar Agar Kembali Lancar

1. Tingkatkan Frekuensi Menyusui Bayi

Mungkin sebagian Anda bertanya, ASI gak keluar kok malah disuruh sering-sering menyusui. Tapi ternyata, jika ASI sering dikeluarkan dengan cara disusui langsung ke bayi maupun dipompa, maka produksi akan semakin lancar. Jika bayi Anda gak mau menyusu karena masih kenyang, Anda bisa memerahnya.

2. Bikin Rileks, Jangan Stres

Pikiran bunda dibikin rileks ya, jangan stres karena ASI sulit keluar. Faktor psikologis ibu sangat mempengaruhi keluarnya ASI. Bahkan menurut penelitian, lebih dari 80% ibu gagal memberikan ASI Eksklusif karena faktor psikologis yang kurang baik. Intinya dibikin ceria saja.

3. Hindari Pemberian Susu Formula

Ini yang umum terjadi, takut anaknya masih lapar sebab ASI sulit keluar, lalu ibu memberikan susu formula pada bayi. Saat diberikan susu formula, maka bayi tidak akan lagi menyusu ASI karena sudah kenyang. Sehingga volume ASI bunda semakin sedikit diproduksi. Selain itu, bayi juga akan bingung mana yang puting mana dot

4. Jauhi Penggunaan Dot

Empeng juga termasuk diantaranya. Dot bisa membuat bayi bingung puting, karena ketika ia menyusu menggunakan dot langsung lancar sementara saat menyusu ASI malah sulit keluar. Hal itu juga membuat bayi menyusu dengan cara salah, tidak memasukkan puting susu ke dalam mulut, padahal cara yang benar adalah dengan memasukkan seluruh puting hingga bagian aerola.

5. Datang ke Klinik Laktasi

Sekarang sudah banyak kita jumpai klinik laktasi atau yang serupa. Dengan mendatangi klinik laktasi, ibu dan ayah akan mendapatkan ilmu secara langsung bagaimana agar ASI keluar dengan lancar.

6. Perbanyak Konsumsi Makanan Bergizi

Sang ibu juga harus menjaga asupan makanan bergizi. Cari tahu apa saja makanan yang bisa membuat ASI lancar. Misalnya, konsumsi sayur daun katu atau yang lainnya.

7. Lakukan Pijat Payud4r4

Lakukan dengan bantuan suami atau sendiri. Caranya kompres dengan air hangat dan air dingin secara bergantian. Pijak secara perlahan.

Demikian 7 tips ASI sulit keluar agar lancar sehingga bunda bisa memberikan ASI eksklusif kepada si buah hati. Semoga diberikan kelancaran ya Bunda

 

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.