Buah Plum Seperti Apa Sih?

Diposting pada

buah plum, manfaat buah plum

Memang tidak banyak yang mengenal buah satu ini, namanya buah plum. Ngomong-ngomong tentang buah, saya punya cerita masa kecil.

Pernah gak sih, waktu kecil kalian ngobrol sama teman-temanmu begini:

“Buah apa yang belum pernah kamu makan?”

Nah, pasti ada saja yang menjawab ada salah satu atau beberapa buah belum pernah ia makan. Entah itu, durian, manggis, atau buah musiman lain yang anak-anak belum tentu memakannya.

Ternyata semakin dewasa usia dan pengetahuan kita, semakin banyak macam buah yang belum pernah kita kenal di dunia ini. Salah satunya buah plum. Siapa yang belum pernah makan plum? atau bahkan melihatnya saja belum pernah?

Seperti Apa Bentuk Buah Plum?

Khusus untuk Anda yang belum pernah melihat buah plum, tak perlu pusing, tinggal browsing saja. Tuntas urusan, hehe. Tapi gambar tidak akan menjelaskan bagaimana rasa dan teksturnya ketika dimakan.

Buah ini berwarna merah ke hitam-hitaman, atau keunguan. Kalau Anda pernah melihat anggur jawa, seperti itulah tampilan luarnya. Tapi ukurannya lebih besar dari anggur, lebih kecil dari apel.

Eropa, China, dan Amerika mempunyai bentuk buah yang berbeda, hanya saja secara keseluruhan sama saja. Rasanya manis asam segar dan mempunyai kandungan air yang sangat banyak.

Meskipun asalnya dari negara luar, kita juga bisa menemukannya di Indonesia. Coba saja ke supermarket besar, Anda pasti akan menemukannya.

4 Manfaat Buah Plum Yang Jarang Diketahui

Selain buahnya yang unik dan langka, ternyata buah ini juga tidak sedikit manfaatnya lho. Kalaupun Anda susah payah mencarinya, itu sebanding dengan manfaatnya.

Berikut beberapa manfaat dari buah plum:

1. Menormalkan darah

Buah ini mengandung serat yang sangat tinggi, bahkan para ahli menyebutkan bahwa serat tersebut bisa mencegah pembekuan trombosit penyebab tekanan darah tinggi.

Selain itu, kandungan dalam plum bisa memurnikan darah. Kelainan darah seperti oxygenating, arteriosklerosis dan lainnya insya Allah bisa teratasi.

Buah ini juga sangat dianjurkan untuk penderita jantung koroner dan stroke mengkonsumsinya. Caranya cukup dengan mengkonsumsinya secara langsung seperti buah-buah pada umumnya.

2. Melawan kanker

Para ahli sudah banyak membuktikan tingginya kandungan pada buah plum. Kandungan antioksidannya mampu membantu melawan penyakit jantung dan menghambat sel-sel pemicu kanker. Konsumsi secara langsung maupun dalam bentuk jus secara rutin.

3. Mencegah kram otot dan kelelahan

Untuk Anda yang suka olahraga dan sering cedera, bisa mengkonsumsi buah ungu ini. Hanya dengan beberapa buah, kandungan asam sitratnya bisa mencegah fisik menurun sehingga menurunkan resiko kram pada otot.

4. Untuk kesehatan mata

Selain nutrisi yang disebutkan tadi, plum juga mengandung vitamin A. Rutin mengkonsumsi buah ini bisa mencegah infeksi mata dan degenerasi makula.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain, seperti bisa merawat kulit dan membuat rambut lebih berkilau. Dan masih banyak lagi yang lainnya, manfaat-manfaat tersebut sudah melalui berbagai riset.

Apakah Anda sudah pernah mengkonsumsi buah plum?

 

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.