Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Diposting pada

cara membersihkan mesin cuci bukaan atas

Punya mesin cuci memang sangat membantu pekerjaan harian rumah tangga. Alhamdulillah sekarang teknologi semakin maju, tidak seperti dahulu kala yang mencuci baju harus dengan menyikatnya secara manual.

Selain menguras tenaga, mencuci baju secara manual membuat tangan jadi lecet. Itupun memakan waktu yang lebih lama, dan kurang efisien.

Setelah ada mesin cuci, semua serba otomatis. Terutama mesin cuci bukaan atas atau top loading, tinggal masukkan pakaian kotor, deterjen, lalu pencet tombolnya. Kita bisa sembari melakukan aktivitas lain selama mencuci baju.

Tapi tahukah Anda, mesin cuci bukan tanpa kelemahan. Mesin cuci juga harus secara berkala dibersihkan. Nah, membersihkan mesin cuci bukaan atas berbeda dengan mesin cuci dua tabung atau bukaan depan.

Cara Bersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

The Spruce, telah membeberkan bagaimana yang benar cara membersihkan mesin cuci otomatis bukaan atas. Pertama, siapkan alat-alat berikut:

  • Kain microfiber
  • Sikat gigi bekas
  • Pemutih klorin (seperti bayclin)
  • Cuka putih
  • Cairan pencuci piring

Setelah semua perlengkapan diatas tersedia, lalu yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Mesin Cuci Kosong

Tentu saja tidak boleh ada pakaian yang masih tersisa dalam tabungnya. Air juga pastikan sudah tidak ada di dalamnya.

2. Rebus Air

Maksudnya, rebus air pakai kompor, bukan di mesin cucinya. Air ini nantinya akan kita gunakan untuk mencuci bagian dalam mesin cuci bukaan atas.

3. Tambahkan Pemutih Klorin

Setelah air di rebus dan mendidih, masukkan ke dalam tabung mesin cuci bukaan atas. Setelah itu tambahkan 1 liter atau 4 gelas pemutih klorin. Diamkan selama beberapa saat.

4. Nyalakan Mesin Cuci Bukaan Atas

Setelah air panas yang sudah bercampur pemutih tadi didiamkan beberapa saat, lalu nyalakan mesin cucinya. Putar dalam mode mencuci dengan waktu yang paling lama. Pastikan air klorin yang tadi terbuang semua setelah selesainya proses mencuci.

5. Bersihkan Tempat Deterjen dan Pelembut

Bagian ini juga harus Anda bersihkan, kalau bisa wadahnya lepas dahulu. Jika tidak bisa, maka bisa lakukan dengan memberikan cuka yang sudah hangat. Diamkan selama 15 menit untuk menghilangkan sisa deterjen yang sudah menjadi kerak. Setelah 15 menit, Anda bisa gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya.

6. Isi Air Panas Lagi

Isi tabung mesin cuci bukaan atas dengan air panas lagi. Dengan pengaturan mencuci yang paling lama, tapi sebelum mesin berputar, hentikan.

7. Tambahkan Cuka Putih

Sebelum memutar mesin cuci, masukkan cuka putih sebanyak satu liter ke dalam air mendidih tadi. Sesuaikan air mendidihnya seperti mode mencuci dengan penuh.

8. Selesaikan Proses Mencuci

Setelah semua Anda lalukan, biarkan mesin cuci berputar hingga selesai dan berhenti sendiri. Otomatis akan membersihkan tabung mesin cuci bukaan atas.

9. Bersihkan Rangka Mesin Cuci

Sabun cuci piring dan microfiber mulai Anda gunakan untuk ini. Beberapa tetes cairan pencuci piring dicampur air hangat Anda gunakan untuk mencuci debu, kotoran yang ada pada body mesin cuci bukaan atas.

Berhati-hatilah saat menyentuh bagian panel elektronik mesin cuci Anda. Pakailah sikat gigi bekas tadi untuk membersihkan setiap sudut pada penutup mesin cuci bukaan atas milik Anda.

Demikian beberapa cara membersihkan mesin cuci bukaan atas yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Lakukan secara rutin untuk membuat mesin cuci Anda awet dan tahan lama.

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.