Cara Membuat Pas Foto 3×4 dari HP

Diposting pada

Saya kepikiran menulis tentang ini bermula dari proses penerimaan siswa baru untuk tahun ajaran depan. Beberapa hari yang lalu, saya hendak mendaftarkan anak ke tingkat Sekolah Dasar. Sebagaimana mestinya yang kita tahu, bahwa ada satu syarat pendaftaran sekolah yang harus orang tua siapkan. Yaitu pas foto. Kali ini saya akan menulis cara membuat pas foto 3×4 dari hp.

Yups, sekolah tempat anak saya mendaftar mensyaratkan foto berwarna dengan ukuran 3×4. Mengingat sekarang, semua serba canggih, saya berinisiatif untuk foto sendiri menggunakan kamera hp, kemudian mencetaknya di tempat foto copy.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, foto berwarna biasanya terdapat background warna merah atau yang lain. Untuk membuat seperti itu musti lewat sistem editing foto. Hapus background foto terlebih dahulu, lalu tinggal beri warna sesuai keinginan kita.

Hapus Background Foto Tanpa Photoshop

Saya biasanya mengedit foto menggunakan photoshop, baik untuk menghapus latar belakang maupun yang lain. Intinya, jika hendak edit foto saya memerlukan laptop untuk membuka software tersebut. Termasuk membuat pas foto.

Ternyata di era yang serba online, cara itu sudah ketinggalan. Ada cara lain yang lebih simpel dan mudah tanpa menggunakan laptop kita bisa menghapus background foto.

Kebetulan saat hendak mendaftarkan anak, saya belum mempersiapkan fotonya. Dan saat itu, posisi saya sedang mengantar si sulung sekolah TK. Gak mungkin dong, harus foto dulu, lalu pulang untuk edit fotonya, lalu balik lagi.

Semua pasti memerlukan banyak waktu, mengingat jarak tempat tinggal kami ke sekolah anak lumayan jauh. Satu-satunya cara ya lakukan editing singkat tanpa harus memerlukan photoshop dan laptop untuk mengaksesnya.

Begini Cara Membuat Pas Foto 3×4 dari HP Android

Saat kepepet, bolehlah menggunakan cara ini untuk menghilangkan background. Meskipun hasilnya kurang sempurna seperti menggunakan software editing foto di laptop, tapi setidaknya bisa menjadi solusi cepat.

1. Buka Google Playstore

2. Download dan instal Aplikasi “Pas Foto” dari siranet

cara membuat pas foto

3. Buka aplikasinya, lalu pilih foto yang ada di galeri hp Anda

cara membuat pas foto 3x4 dari hp

4. Tentukan ukuran pas foto yang akan dibuat, saya menggunakan 3×4 cm

gimana caranya bikin pas foto

5. Atur posisi foto menyesuaikan bingkai yang ada

cara membuat pas foto

 

6. Pilih Warna, untuk mengubah warna background yang Anda inginkan

bikin foto background merah

7. Tunggu beberapa saat, foto yang tadi akan otomatis berubah backgroundnya

bikin pas foto berwarna

8. Jika sudah cocok, tekan YA, Anda juga bisa pilih koreksi untuk mengatur kecerahan dan kontras foto

9. Download foto tersebut dengan klik logo download di sebelah thumbnail foto

bikin pas foto dari hp

Setelah semua selesai, Anda tinggal ke tukang foto copy yang menerima jasa cetak foto. Biasanya untuk pas foto, mereka akan memberikan tarif paket. Satu paketnya bisa berisi banyak foto tergantung ukuran pas foto yang Anda inginkan.

Demikian cara membuat pas foto 3×4 cm dari hp android. Jika sudah mencoba, jangan sungkan untuk memberi komentarnya di bawah postingan ini ya. Share jika bermanfaat.

 

 

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.