Cara Mengatasi Cegukan

Siapa sih yang gak pernah cegukan?

cara mengatasi cegukan

Insya Allah semua pernah mengalaminya ya, bahkan anak bayi pun juga saya yakin sudah bisa cegukan. Meskipun terlihat sepele, tapi cegukan sungguh mengganggu. Apalagi disaat datang pada waktu yang kurang tepat.

Misalnya, lagi meeting, ketika peserta ruangan diam, tiba-tiba Anda mengalami cegukan. Contoh lain, saat kamu lagi berada di depan ruang sidang untuk melakukan presentasi, haha. Sulit dibayangkan, tapi hal itu bisa saja terjadi.

Terlebih biasanya cegukan terjadi tidak hanya satu dua kali saja. Bahkan saya pernah mengalaminya seharian, dan belum juga reda.

Nah, untuk Anda yang sedang mengalami cegukan secara sporadis, mungkin tips cara mengatasi cegukan ini bisa menjadi solusi jitu. Tapi sebelum menuju kesana, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana cegukan itu berasal.

Penyebab Cegukan

Cegukan itu sendiri terjadi ketika Anda mengeluarkan bunyi (hik) secara tidak sengaja dan tidak bisa diatur. Penyebab terjadinya, karena diafragma atau otot antara perut dan dada berkontraksi secara tiba-tiba. Udara tiba-tiba lewat paru-paru sebabkan ruang antara pita suara tertutup.

Umumnya, cegukan akan berhenti dengan sendirinya. Akan tetapi seperti yang saya katakan tadi, anda akan butuh solusi jika terjadi pada waktu yang tidak tepat.

Berikut ini beberapa cara mengatasi cegukan menurut pengalaman pribadi:

1. Minum air putih yang banyak

Ini yang biasa terjadi ketika makanan yang kita konsumsi tidak berkuah. Makanan yang masuk ke dalam perut menyebabkan ruang antara cairan dan udara tidak seimbang. Solusinya, minum air putih yang banyak. Keadaan ini juga menyebabkan perut rasanya seperti begah.

2. Tarik nafas dalam, lalu hembuskan perlahan

Hal ini juga salah satu yang biasa saya lakukan ketika cegukan. Tarik nafas dalam dalam, tahan beberapa detik lalu hembuskan perlahan.

3. Letakkan kepala di atas meja dengan posisi ke bawah

Cara ini saya lakukan ketika cara pertama kedua tidak berhasil. Biasanya setelah melakukan ini beberapa saat, kita akan sendawa dan akhirnya cegukan itu menghilang.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.