Cara Mengatasi Gusi Berdarah dengan Cepat

Diposting pada

cara mengatasi gusi berdarah

Gusi berdarah sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Apalagi jika tidak merasa sakit saat berdarah. Padahal hal itu bisa mengindikasikan penyakit yang lebih serius. Lalu bagaimana cara mengatasi gusi berdarah yang kita alami?

Sebelum berbicara tentang mengatasinya, kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Gusi berdarah biasanya terjadi karena proses pembersihan plak antara garis gusi dan gigi tidak benar.

Sehingga bisa menyebabkan gingivitis alias radang gusi. Nah, plak inilah yang menyebabkan karang gigi dalam jangka waktu tertentu. Ketika sudah menjadi karang gigi yang menempel kuat maka akan berakibat gusi berdarah saat dibersihkan dengan sikat gigi.

Untuk itu, cara menyikat gigi juga harus dilakukan dengan benar. Jika tidak akan berakibat menjadi penyakit yang namanya periodentitis atau rahang dan gusi.

9 Cara Atasi Gusi Berdarah

Setelah kita mengetahui penyebabnya, langkah yang selanjutnya adalah bagaimana cara atasi gusi berdarah. Simak 9 cara atasi gusi berdarah berikut:

1. Gunakan air lemon

Ambil buah lemon, potong melintang menjadi dua lalu peras seperti saat membuat minuman. Berkumurlah menggunakan air tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Lakukan setiap hari secara rutin.

2. Air rebusan sirih

Daun sirih juga berfungsi untuk mengatasi gusi yang berdarah. Rebus daun sirih secukupnya, tambahkan sedikit kunyit dan garam. Saat sudah dingin, kumurlah menggunakan air tersebut.

3. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dan minyak zaitun jadikan satu agar bercampur. Campuran ini bisa Anda gunakan secara langsung untuk mengolesi pada gusi yang berdarah.

4. Kapur sirih

Kapur sirih berbeda dengan daun sirih ya. Bisa Anda dapatkan di pasar tradisional. Rebus 4 gelas air, campurkan satu sendok kapur sirih dan 5 lembar daun jarak. Gunakan untuk berkumur.

5. Stroberi

Ya, buah stroberi juga bisa menjadi pahlawan untuk gusi Anda. Blender stroberi tanpa gula ya. Lalu gunakan sebagai pasta gigi. Agar hasilnya maksimal, Anda juga bisa menambahkan perasan lemon.

6. Minyak VCO

Virgin Coconut Oil atau VCO tidak hanya digunakan untuk kecantikan tapi juga bisa bermanfaat untuk gusi berdarah. Cukup oleskan langsung VCO pada gusi yang berdarah.

7. Bawang putih

Jangan skeptis dulu pada bawang putih. Ternyata meskipun berbau sangat menyengat, bawang putih mengandung anti biotik lho. Bawang putih bagus untuk mengatasi infeksi gusi.

8. Air garam

Campurkan garam ke dalam air hangat, gunakan untuk berkumur beberapa kali dalam sehari.

9. Tawas

Campurkan tawas dengan 300 ml air putih untuk berkumur. Insya Allah gusi berdarah bisa teratasi menggunakan air tawas.

Demikian beberapa cara mengatasi gusi berdarah yang bisa Anda lakukan di rumah. Ambil cara yang paling sesuai dengan Anda, lakukan secara rutin. Semoga cepat sembuh.

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.