Cara Mengolah Cacing Untuk Obat Typus

Posted on

Cacing, mendengar namanya saja sebagian orang akan merasa jijik. Namun siapa sangka binatang menggelikan itu menjadi bahan dasar pembuatan obat. Bahkan telah digunakan bangsa Tiongkok sejak 4000 SM silam. Beberapa obat yang menggunakan bahan dasar cacing tanah diantaranya, obat pelancar air seni, penetral bisa gigitan laba-laba, obat malaria, sakit kuning, demam, stroke, dan pembasmi cacing pita. Sebagaimana termaktub dalam kitab kuno Bencao Gang Mu.

Namun tahukah Anda, cacing tanah juga dapat menjadi obat penyakit tipus. Bagaimana langkah mengolah cacing tanah sebagai obat yang bebas bahan kimia untuk mengobati penyakit tipus? 

Alat dan Bahan

Pertama yang Anda perlukan adalah bahan, jelas bahan yang digunakan adalah cacing tanah dengan tambahan air secukupnya.

Kedua, Anda perlu menyiapkan alat, seperti pisau, gelas, wajan/panci, dan kompor

Cara Mengolah Cacing Tanah untuk Obat Tipes

Cara pengolahan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan disangrai seperti halnya menyangrai kopi dan bisa juga dengan cara direbus.

Pengolahan cacing tanah dengan cara disangrai

  • Panaskan kuali gerabah
  • Aduklah dengan terampil agar cacing jangan sampai lengket di kuali atau bahkan gosong (lakukan seperti saat sobat menyangrai kopi)
  • Setelah cacing tanah sudah kering, berarti proses menyangrai sudah selesai
  • Haluskan dengan sendok dan sejenisnya
  • Masukkan ke dalam bungkus kapsul kosong
  • Setelah kapsul cacing tanah jadi, minum/ontal kapsul tersebut 3 x 1 kapsul setiap hari, boleh sebelum atau sesudah makan, akan tetapi baiknya diminum setelah makan.

Pengolahan Cacing Tanah dengan Cara Direbus

  • Gunakan panci
  • Masukkan air secukupnya
  • Masukkan cacing tanah setelah air sudah mendidih
  • Tunggu sampai cacing tanah matang
  • Untuk menyiasatinya agar tidak anyir, campurkanlah rebusan cacing tanah ke minuman teh atau jus buah apel dan buah lainnya, tapi jangan buah yang asam-asam.
  • Minumlah 3 kali sehari.
  • Jangan biarkan air didihan cacing tersebut telalu lama di diamkan karena bisa menimbulkan bau yang tidak sedap ,setelah mendidih diamkan terlebih dahulu 2-5 menit agar bisa langsung diminum selagi hangat.

Pengobatan Tifus dari Cacing Tanah Menurut Medis

Sebelum Anda bertindak lebih lanjut mengenai pengobatan tifus dari cacing tanah, sebaiknya pertimbangkan dari sisi medis. Dikutip dari Halodoc, bahwa cacing tanah untuk mengobati tipes berdasarkan ilmu medis belum terbukti khasiatnya dan diuji secara ilmiah.

Meskipun telah digunakan selama ribuan tahun di China bahkan Indonesia, cacing tanah secara medis hanya mampu menurunkan demam saja, tidak membunuh bakteri penyebab tipes ini.

Departemen Mikrobiologi dan Farmakologi Universitas Airlangga, telah melakukan penelitian terhadap cacing ini bahwa konsentrasi cacing tanah yang mencapai 3.200 mg/ml, tidak menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap Salmonella typhi (bakteri penyebab tipes).

The Effect of Lumbricus rubellus in Treatment of Patient with Typhoid Fever juga mengadakan penelitian serupa. Hasilnya, penambahan ekstrak cacing Lumbricus sp pada pasien yang diberikan antibiotik siprofloksasin tidak memberikan efek terhadap kesembuhan pasien tifus.

Jadi bakteri salmonella penyebab tipes ini tidak terbunuh dengan ekstrak cacing. Sehingga suatu saat bisa kambuh lagi. Selain itu, ekstrak cacing tanah juga tidak selalu cocok untuk semua orang. Bisa jadi, cocok untuk Anda, tapi tidak cocok untuk keluarga Anda sebab belum diuji lab.

Demikian cara mengolah cacing tanah untuk mengobati penyakit tipes. Apapun yang Anda pilih, resiko ditanggung masing-masing ya. Saran saya, sebelum mencoba ini, konsultasikan dulu ke dokter langganan Anda.

Gravatar Image
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.