Ternyata Ini Penyebab Mulut Pahit Saat Sakit

lidah pahit saat sakit, lidah pahit

Penyebab mulut pahit saat sakit ternyata ini!

Memang benar kata orang, kita baru bisa merasakan nikmatnya sehat ketika sakit. Segala macam makanan yang biasa kita konsumsi ternyata kurang kita syukuri. Kita anggap semua itu hanya rutinitas sehari-hari. Padahal semua itu nikmat dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Bakso, soto, nasi goreng, pizza, sate, tidak bisa kita nikmati saat sakit. Terbukti sudah bahwa sehat itu memang anugerah yang harus kita syukuri.

Eh, ngomong-ngomong soal makanan nikmat, sadarkah Anda bahwa saat kita sakit mulut terasa pahit?

Makanan apapun yang masuk ke dalam mulut, semuanya pasti tidak enak. Oleh karena itu banyak orang sakit yang tidak doyan makan, salah satunya karena mulut terasa pahit.

Mulut Pahit Saat Sakit, Ini Sebabnya!

Semua orang pasti pernah merasakan sakit dan merasakan yang namanya mulut pahit. Tapi tahukah Anda apa penyebab mulut pahit itu?

Mengutip dari The Breath, yang menyebabkan mulut pahit saat sakit adalah karena produksi air liur berkurang. Padahal makanan bisa kita rasakan jika makanan tersebut telah larut dalam air liur.

Mulut yang kering otomatis menyebabkan kemampuan lidah dalam mengecap rasa jadi berkurang. Itulah penyebab mulut pahit saat sakit. Maka dari itu, biasanya mulut pahit juga bersamaan dengan bau mulut dan mulut kering.

Nah, saat air liur berkurang dalam mulut, oksigen juga akan berkurang, ini dapat memicu tumbuhnya bakteri anaerob. Dalam jumlah besar, bakteri tersebut mengeluarkan gas sulfur sehingga menyebabkan bau mulut. Bakteri-bakteri ini juga yang menyebabkan mulut terasa pahit.

Untuk Anda yang mempunyai lidah dengan tekstur kasar akan lebih rentan terkena bakteri anaerob dibanding dengan lidah dengan permukaan halus. Papilia (tonjolan lidah) secara sepintas akan tampak berbulu dan lebih putih.

 

 

Lutut Keropos Karena Sering Onani?

lutut kopong, lutut keropos, lutut keropos karena onani

Kata orang, lutut keropos karena onani, benarkah pernyataan itu?

Lutut merupakan salah satu bagian tubuh kita yang kerjanya sangat berat. Lutut menopang seluruh bagian tubuh dari kepala, makanya wajar jika semakin lama kinerjanya semakin kurang baik.

Dengkul terasa sering nyeri, orang menyebutnya dengan lutut keropos. Orang-orang juga biasa menyebutnya lutut kopong. Menariknya ada anggapan yang beredar di masyarakat sejak dahulu bahwa lutut keropos itu karena sering masturbasi. Benarkah demikian?

Kondisi seperti itu bisa terjadi pada siapapun, akan tetapi lebih sering terjadi pada orang yang berusia lanjut. Makanya jika ada anak muda yang sering sakit pada lututnya mereka menganggap bahwa itu penyebabnya karena sering onani.

Lutut Keropos Karena Onani, Mitos atau Fakta?

Pertama kita harus tahu, onani itu merupakan proses mengeluarkan sperma atau bisa kita kenal dengan masturbasi. Sperma dan tulang itu tidak ada hubungannya, bukan berarti sperma itu bagian dari tulang sehingga ketika cairan itu keluar maka tulang lutut menjadi keropos.

Tidak hanya terjadi pada lutut, tulang keropos dalam bahasa medis adalah osteoporosis. Lutut keropos karena onani itu hanya mitos. Sebenarnya yang dimaksud keropos itu, tulang kehilangan kepadatannnya karena kemampuan metabolisme kalsium tubuh manusia semakin menurun.

Hal ini disebabkan karena proses penuaan dan kurangnya nutrisi yang baik untuk kebutuhan tulang. Salah satu nutrisi untuk kebutuhan tulang adalah vitamin D dan kalsium.

Jika sudah terjadi pada Anda, hendaknya konsultasikan pada dokter ahli. Nanti dokter akan memberikan suplemen yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Jadi sekarang jika ada orang yang mengatakan bahwa tulang keropos karena sering onani, maka bisa menyangkalnya dengn percaya diri.

Semoga bermanfaat, silakan share…

Susu Bikin Anak Cerdas, Benarkah?

minum susu bikin anak cerdas, susu kecerdasan

Orang-orang dahulu mempercayai bahwa susu bikin anak cerdas. Makanya orang tua selalu membuatkan susu pada pagi hari sebelum sekolah. Itu orang tua saya, bagaimana dengan orang tuamu?

Diantara para pembaca blog ini, saya yakin pernah setidaknya sekali seumur hidup mendengar atau melihat iklan susu formula dengan tagline “Nutrisi Tepat Agar Anak Cerdas”. Ataupun susu kental manis yang biasa kita kenal.

Banyaknya iklan semacam itu membuat sebagian besar masyarakat, terutama ibu-ibu meyakini bahwa minum susu bisa membuat anak menjadi cerdas. Sebagaimana iklan-iklan tv.

Bukan hanya iklan, sejak kecil kita selalu menerima doktrin untuk selalu menyanyikan 4 sehat 5 sempurna dengan susu sebagai penyempurnanya. Padahal sekarang sudah berganti dengan gizi seimbang.

Dengan terpengaruhnya mindset kita seperti itu, banyak ibu-ibu bahkan membelikan susu yang harganya tidak murah dengan asumsi lebih bikin anak semakin cerdas.

Susu Bikin Cerdas, Mitos atau Fakta?

Ternyata anggapan bahwa anak yang minum susu tambah cerdas adalah keliru alias mitos belaka. Mengukur tingkat kecerdasan anak bukan dari banyaknya minum susu.

Kecerdasan anak terjadi dari banyak faktor, antara lain keturununan, stimulasi lingkungan dan nutrisi yang tepat. Sedangkan susu hanya berperan pada bab nutrisi, itupun tidak bisa melengkapi nutrisi hanya dari minum susu saja.

Nutrisi yang baik akan memperbaiki sambungan-sambungan saraf (sinaps) otak. Sehingga stimulasi dari lingkungan akan diterima dengan baik oleh sang anak.

Meskipun anak Anda mengkonsumsi susu yang paling lengkap kandungan nutrisinya tapi tidakmendukung stimulasi lingkungan yang baik maka akan sia-sia saja.

Pendidikan keluarga sangat penting sebagai rangsangan ke otak. Anda lah sebagai orang tua yang sangat berperan penting terhadap kecerdasan anak, bukan dari seberapa mahal konsumsi susunya.

Semoga bermanfaat

Penyakit Aneh Myasthenia Gravis

penyakit aneh myasthenia gravis, myasthenia gravis

Ada yang belum tau apa itu Myasthenia Gravis?

Sebelum melangkah lebih lanjut saya akan mencoba sedikit menjelaskan kepada anda tentang Myasthenia Gravis.

Apa Itu Myasthenia Gravis?

Myasthenia Gravis (MG) adalah suatu kelainan autoimun (anti-body) dimana antibodi yang seharusnya melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan zat asing lain tapi malah menyerang otot tubuh itu sendiri.

Penyakit ini hampir mirip dengan Lupus, sama-sama kelainan imun, hanya saja menyerang pada bagian dan gejala yang berbeda antara keduanya.

MG juga dapat menyerang otot apa saja, tapi yang paling umum terserang adalah otot yang mengontrol gerakan mata, kelopak mata, mengunyah, menelan, batuk dan ekspresi wajah. Bahu, pinggul, leher, otot yg mengontrol gerakan badan serta otot yang membantu pernafasan juga dapat terserang.

Penderita Myasthenia Gravis biasanya tidak sama antara satu orang dengan orang lain. Berdasarkan data, penyakit ini tergolong masih langka sebab masih kurangnya pengetahuan tentang gejala-gejala penyakit aneh tersebut.

Oiya, Myasthenia Gravis lebih sering terjadi pada perempuan, meskipun tidak menutup kemungkinan laki-laki juga bisa terdiagnosa. Namun presentasenya lebih besar wanita.

Saya sendiri lebih suka menganggap penderita Myasthenia Gravis bukan sebagai orang yang sakit, tapi orang yang mempunyai kelainan.

Gejala Myasthenia Gravis

Myasthenia Gravis adalah penyakit yang terjadi karena kelainan otot. Maka gejala-gejala yang timbul juga dapat kita lihat dari terjadinya beberapa otot-otot yang melemah.

Otot-otot yang paling sering terkena MG adalah otot yang mengontrol gerak mata, kelopak mata, bicara, menelan, mengunyah, dan yang lebih parah adalah menyerang otot pernafasan.

Pada 90% penderita Myasthenia Gravis gejala awal yang tampak adalah pada otot ocular yang menyebabkan turunnya kelopak mata dan penglihatan ganda. Jelas terlihat secara fisik. Tentunya gajala selanjutnya akan tampak dan menjalar menyerang otot lain.

Sampai yang lebih parah menyerang otot pernafasan yang biasanya terlihat dari melemahnya batuk. Bahkan ada yang menjadi sesak nafas dan bisa fatal akibatnya.

Namun, sekali lagi penderita MG tidak sama antar satu dengan yang lain. Ada yang semakin memburuk, ada juga yang membaik dan adapula yang stagnan, begitu-begitu saja.

Seperti salah seorang sahabat blogger saya, beliau menderita kelaianan Myasthenia Gravis sejak tahun 1997 sampai sekarang. Kebetulan saya berkesempatan ngobrol dengannya tadi malam.

Pengalaman Kena Penyakit Aneh Myasthenia Gravis

Beliau adalah seorang blogger. Ramah dan periang. Semalam, saya sempat chat dengan beliau tentang Myasthenia Gravis. Awalnya saya tidak mengetahui jenis penyakit tersebut.

yayasan myasrhenia gravis indonesia, myasthenia gravis, penyakit MG

“Dulu malah ga minum obat apa2 sampai thb 2010. Jadinya badan kayak’ agar2. Senggol dikit, jatuh” tuturnya.

Saya ikut penasaran, bagaimana rasanya di masyarakat, apa terintimidasi atau bagaimana, maka saya melanjutkan pertanyaan itu kepada beliau.

“Kalau untuk perasaan, beda-beda pastinya ya mas. Aku bisa jawab dr sudut padangku aja. Kadang2 ngerasa begitu.. ada saat-saatnya ngerasa terdiskriminasi ada saatnya nggak dan ngerasa sama dg yg lainnya.

Kalau dulu sih iya, ngerasa beda banget dan drop secara mental sampai nggak mau ketemu orang-orang bahkan keluarga sendiri dan mendadak jadi pendiam. Kalau menghina sampai sekarang sih juga ada, tapi udah cuek aja.” Terangnya panjang.

“Tapi yang namanya hati ya suka berubah kan mas, kadang-kadang juga masih ada perasaan ga terima dg keadaan begini.

Kadang ngerasa sedih jg karena banyak kesempatan baik yg g bisa diambil karena MG. Tp dibawa asik aja sih” Imbuhnya terlihat semangat.

Ya, saya bisa merasakannya. Merasakan bagaimana rasanya berada pada posisi tersebut. Apalagi beliau adalah seorang wanita, tentu beban mental semakin berat. Saya salut sama sahabat blogger yang satu itu, meski ada “penyakit aneh” tetap bisa tersenyum.

Kita tidak perlu menghindari penderita Myasthenia Gravis, karena bukan penyakit menular dan menurun gen pada anak. Mbak Mawar (sebut saja begitu) adalah satu-satunya yang mempunyai kelainan MG dalam keluarganya. Bahkan sebaiknya kita memberikan support kepada mereka.

Perkumpulan Penderita Myasthenia Gravis

Yayasan MGI adalah salah satu yayasan yang menaungi penderita kelainan Myasthenia Gravis (MG) di Indonesia. Berdiri sejak 6 Juni 2011, kini MGI telah berhasil mendata penderita MG di Indonesia sekitar 260 orang.

Info yang saya dapat dari Mbak Hani. Insya Allah valid, karena beliau adalah salah satu pengurus yayasan tersebut yang menjabat sebagai bendahara.

Yayasan tersebut berdiri untuk menaungi Mgers (Sebutan untuk penderita Myasthenia Gravis). Tentu saja para anggotanya adalah penyandang MG. Sejak awal obrolan saya dengan beliau, saya tertarik dan mulai lebih banyak mensyukuri kesehatan yang ada.

Berdirinya yayasan MGI ini membuat saya semakin salut, mereka (MGers) tetap bisa menjalankan aktivitas seperti biasa bahkan mendirikan sebuah yayasan yang mempunyai visi dan misi sosial.

Tidak menutup kemungkinan non-MG turut terlibat, karena MGers sendiri punya banyak keterbatasan. Hanya saja non MGers berada di luar yayasan. Istilahnya sukarelawan (valounteer).

“Dengan yayasan MGI, kita ingin mendata MGers yang ada di Indonesia. Kedepannya ingin memperjuangkan obat-obatan dan treatment yang terjangkau, karena obat untuk MG itu biayanya tinggi. Dan kita mau berbagi antar sesama MGers.. Saling support” Tutur mbak Hani, sebagai salah satu pengurusnya.

Mari Support MGers

Jika anda adalah salah seorang blogger yang peduli dengan sesama, mari kita saling support para MGers. Berbagai hal bisa kita lakukan, termasuk salah satunya adalah dengan mensosialisasikan Myasthenia Gravis melalui tulisan.

Sampai saat ini MG belum ada obatnya secara pasti. Bagi yang mempunyai kemampuan, bisa juga turut mengulurkan tangan kepada yayasan tersebut. Saya hanya bisa berharap mudah-mudahan segera ditemukan obat untuk MG.

Mari support MGers, mari publikasikan kepada masyarakat mengenai Myasthenia Gravis (MG) agar kita lebih aware terhadap MG. Juga supaya masyarakat bisa mendiagnosa MG lebih awal untuk meminimalisir gejala  MG.

Jangan sampai kejadian seperti MGers yang sudah lama terulang kembali yaitu terlambat diagnosa dan tentu saja penanganannya akan terlambat.

“Aku salah satu orang yang terlambat mendiagnosa. Sekitar tahun 2001 baru aku tau kalau aku MG, padahal gejala dah dirasakan sejak 1997 dan nggak mengkonsumsi obat apapun, karena dokternya nggak paham dengan MG” Kata mbak Hani.

Yuk peduli sesama!

Jika Anda menderita penyakit MG dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas, silakan bergabung ke Yayasan MG Indonesia

Dengan bergabungnya ke yayasan tersebut, Anda tidak merasa sendirian. Mereka akan saling support dan saling memahami yang Anda rasakan saat ini.

Silakan share jika bermanfaat

Cara Menghilangkan Tato dengan Mudah

cara menghilangkan tato

“Bagaimana cara menghilangkan tato dengan mudah? Saya mau melamar kerja soalnya”

Bagi sebagian orang, punya tato itu adalah seni. Makanya orang yang sudah bertato biasanya akan “kecanduan” membuat tato lagi pada bagian tubuhnya yang lain. Tapi ada juga orang yang membuat tato hanya sekadar ikut-ikutan tren saja.

Nah, untuk Anda yang cuma iseng, tato permanen akan susah hilang. Makanya pikirkan berulang kali sebelum Anda memutuskan untuk membuatnya pada tubuh.

Tapi jika Anda sudah keburu membuat tato dan menyesal ingin menghilangkannya, bisa coba beberapa cara berikut ini.

3 Metode Hilangkan Tato dengan Mudah

Ini cara memang mudah, karena yang akan melakukannya seorang profesional. Apa saja metodenya sehingga bisa dengan mudah menghilangkan tato?

1. Menggunakan Laser

Sistem kerja dari laser ini adalah memecah warna tinta tato yang sudah masuk dalam tubuh Anda dengan sinar tinggi. Makanya, dalam proses laser, Anda akan dibius total agar tidak kesakitan.

Setelah dibius, kulit akan mati rasa dan sinar laser mulai memanaskan hingga meleburkan warna tato dalam tubuh. Proses ini memang akan menimbulkan bengkak dan pendarahan di bawah kulit.

Untuk mencegah infeksi, biasanya dokter akan memberikan salep antibiotik. Sayangnya, proses menghilangkan tato dengan laser tidak bisa hanya sekali jadi. Harus Anda lakukan sebanyak 2-10 kali tergantung jenis tinta untuk tato tersebut.

Kelemahan berikutnya, laser tidak bisa memecah warna hijau. Jika Anda kurang tertarik menghilangkan tato dengan cara ini, mungkin cara berikutnya akan cocok.

2. Operasi Jaringan Kulit

Dalam prosesnya, area yang bertato akan memasukkan bius lokal kemudian lakukan tindakan operasi. Sayatan akan menghilangkan jaringan kulit yang ada tatonya. Lalu olesi dengan salep antibiotik agar tidak menimbulkan infeksi.

Karena dilakukan dengan menghilangkan bagian kulit yang bertato, maka cara ini akan membekas pada kulit. Oleh karena itu, metode menghilangkan tato dengan operasi jaringan kulit banyak dipilih untuk tato yang berukuran kecil.

Metode menghilangkan tato satu ini sangat efektif. Namun, bagi Anda yang kurang setuju, mungkin cara berikutnya bisa Anda pilih.

3. Proses Dermabrasi

Proses dermabrasi artinya proses mengangkat tato dengan mengikis lapisan kulit menggunakan alat khusus. Sama seperti proses laser, dermabrasi bertujuan untuk memudarkan warna kulit, bukan untuk menghilangkannya.

Menghapus tato dengan proses dermabrasi saat ini sangat kurang populer karena hasilnya tidak 100 persen berhasil. Setiap orang belum tentu sama hasilnya.

Demikian beberapa tips menghilangkan tato yang bisa Anda lakukan secara medis. Bukan hanya prosesnya yang panjang dan menyakitkan, menghilangkan tato biayanya juga sangat besar.

Oleh karena itu, jika Anda mau menghilangkan tato karena sebagai syarat masuk kerja atau menikah dengan wanita idaman maka konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kulit.

Semoga bermanfaat

Daun Pegagan Untuk Obati TBC

Daun Pegagan atau biasa disebut secara ilmiah Cantella asiatica, di berbagai daerah di Indonesia memiliki nama lokal seperti: antanan, panegowang, Rendeng, rambut gading kecil, antenan besar, naik tekosan, pegaga, kori-kori.

Centella asiatica dapat tumbuh sampai ketinggian 2.500 m di atas permukaan laut. Jenis tanaman tanpa batang, dengan rimpang pendek dan stolon-merayap panjang stolon dari 10-80 cm.

Akar dari setiap punuk, dengan cabang-cabang yang akan membentuk tanaman baru. Daun tunggal (satu), panjang sekitar 5-15 cm batang dengan bentuk seperti ginjal manusia.

Manfat Daun Pegagan Untuk Obat

Sebagai tanaman obat, pegagan telah digunakan terutama oleh masyarakat India, Pakistan, Malaysia, dan Indonesia. Berbagai manfaat yang diberikan oleh Centella asiatica meliputi: Obat untuk kusta (penyakit kronis menular yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae) dan tuberkulosis (TB).

Meningkatkan ketahanan tubuh, membersihkan darah, meningkatkan urin, memberi efek positif pada daya stimulasi saraf otak, meningkatkan transportasi pada pembuluh darah otak.

Bahkan saat ini digunakan sebagai tonik untuk memperkuat dan meningkatkan daya tahan otak dan saraf. Tanaman ini juga digunakan secara oral maupun topikal untuk meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki, mencegah varises, dan salah urat.

Selain itu untuk membantu meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh, pegagan juga dapat membantu menyeimbangkan tingkat energi serta menurunkan gejala stres dan depresi.

Penelitian pada Pegagan dari berbagai percobaan terhadap pegagan. Daun ini mampu untuk menghancurkan bakteri yang menyebabkan infeksi, seperti Staphylococcus aureus, Escherechia coli, Pseudomonas aeruginosa, Salmonella typhi, dan sejenisnya.

daun pegagan, manfaat daun pegagan

Pegagan Bisa Menghambat Bakteri

Sementara itu, dalam bentuk infus atau ekstrak etanol, tanaman ini kabarnya bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Laorpuksa A dan rekan-rekannya dalam studi pada tahun 1988 membuktikan, Estrak air pegagan untuk melawan bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan. Makanya daun pegagan untuk obati TBC juga bisa!

Sementara Herbert D. dan teman-teman dari Tuberculosis Research Center dari India mencoba efek pegagan pada bakteri tuberkulosis H37Rv secara in vitro. Akibatnya, Centella asiatica efek tidak langsung pada bakteri tuberkulosis. Namun, Herbert menyarankan penelitian lebih lanjut dari senyawa asiaticoside aktif.

Dugaan Herbert terbukti benar. Berdasarkan penelitian lanjutan, senyawa aktif pegagan mycobakterium ternyata melawan tuberkulosis dan Bacillus leprae (Oliver-Bever, 1986). Penelitian selanjutnya oleh Walter H. Lewis juga mengatakan kola termasuk kelompok tanaman yang menghasilkan zat seperti antibiotika dan asiaticoside.

Boeteau P, pernah melakukan uji khasiat pegagan. Mereka menginokulasi guinea pig hewan percobaan dengan Basil bakteri TBC selama 15 hari. Injeksi 0,5 ml 4% asiaticoside diberikan kepada kelinci percobaan, terbukti mengurangi jumlah lesi tuberkular paru-paru, hati, dan limpa.

Senyawa asiaticoside membuat pegagan tak hanya menghambat pertumbuhan bakteri TB, tetapi juga berpotensi sebagai imunomodulator – peningkat daya tahan tubuh.

Cara Mengobati TB dengan Daun Pegagan

Daun pegagan untuk obati TBC memang tidak umum, tapi bisa sebagai alternatif. Secara empiris, penggunaan pegagan untuk membasmi tuberkulosis paru-paru dengan mengacu pada resep berikut:

  • Cuci 30-60 g pegagan segar
  • Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas
  • Minum 3 kali sehari.
  • Untuk TB Kulit: Tumbuk daun pegagan lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

Berbagai penelitian lain mengenai khasiat pegagan telah banyak terjadi. Manfaat yang terkait dengan saraf dan fungsi otak telah terbukti lewat berbagai penelitian. Sebanyak 30 pasien anak yang menderita lemah mental menunjukkan kemajuan yang signifikan setelah dirawat dengan ramuan seperti itu selama 12 minggu.

Daun Pegagan Meningkatkan Kerja Otak

Pada orang dewasa dan tua penggunaan pegagan sangat baik untuk membantu memperkuat daya kerja otak, meningkatkan memori, dan memerangi kelelahan.

Centella asiatica juga bermanfaat bagi anak-anak dengan Attention Deficit Disorder (ADD). Hal ini akibat efek stimulasi pada otak sehingga meningkatkan kemampuan seseorang untuk lebih konsentrasi dan fokus. Selain itu juga memiliki efek relaksasi pada sistem saraf yang terlalu aktif.

Penelitian lain menunjukkan, berbagai penyakit seperti skleroderma, gangguan pembuluh darah vena, serta gangguan pencernaan rata-rata dapat sembuh dengan ramuan tersebut hingga 80% setelah 2-18 bulan.

Kandungan kimia pegagan (Centella asiatica) yang biasa kita kenal sebagai Centella Herba mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, asam Brahmic, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, karotenoid, hydrocotylin, vellarine, tanin dan garam-garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan zat besi.

Triterpenoida glikosida atau asiaticoside memiliki antilepra berkhasiat untuk penyembuhan luka yang luar biasa.

Sayuran Penyebab Asam Urat Yang Terlarang Untuk Dikonsumsi

sayur untuk asam urat

Pada dasarnya segala macam sayuran itu baik untuk kesehatan karena mengandung serat tinggi. Oleh karenanya banyak pakar gizi maupun praktisi kesehatan menyarankan untuk selalu mengkonsumsi sayuran secara seimbang.

Akan tetapi di masyarakat umum sering kita dengar ada beberapa sayuran penyebab asam urat yang terlarang untuk dikonsumsi. Misalnya sayur asem, dengan daun melinjo di dalamnya.

Pasalnya, emping terlarang untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sedangkan emping terbuat dari biji melinjo, asumsi masyarakat membuat kesimpulan bahwa daun melinjo juga bisa menjadi tersangka kambuhnya asam urat.

Padahal faktanya, daun melinjo justru mengandung antioksidan yang tinggi. dr. Devia Irine Putri, Health educator and communicator di KlikDokter.com mengatakan bahwa daun melinjo sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin yang berlebihan. Tubuh mengolah purin menjadi asam urat. Namun jika kadar asam urat berlebihan, maka ginjal tidak mampu mengeluarkan, sehingga kristal asam urat menumpuk pada persendian. Akibatnya, sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Zat purin biasanya banyak terkandung pada jeroan dan jenis makanan lain, oleh karena itu untuk menghindari kambuhnya asam urat disarankan untuk melakukan diet asam urat. Salah satunya hindari sayuran penyebab asam urat.

6 Tips Mengatasi Asam Urat

1. Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat

Makanan yang meningkatkan asam urat diantaranya seperti jeroan (hati, ginjal, limfa, babat, usus, paru, dan otak). Hindari juga makanan laut seperti udang, cumi, kerang, kepiting dan sejenisnya. Makanan kaleng, telur, kaldu dan kuah kaldu kental juga harus dihindari.

2. Menghindari makanan penyebab asam urat

Diantaranya seperti emping, melinjo, kangkung dan bayam. Daun singkong, daun jambu mete, asparagus, buncis, dan kol. Hindari juga jenis kacang-kacangan seperti kacanghijau, kacang tanah, kacang panjang, kedelai, tempe, oncom, dan susu kedelai.

3. Menghindari buah-buahan berikut: durian, alpukat dan nanas

4. Hindari minuman dan makanan beralkohol

5. Pada orang gemuk dengan asam urat tinggi sebaiknya menurunkan berat badan

6. Banyak minum air putih

Karena dengan banyak minum air putih kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Demikian 6 tips mengatasi asam urat yang sebaiknya aplikasikan sebelum asam urat lebih kronis. Segera hubungi dokter jika terdapat tanda-tanda lain.