Dari Hobi Jadi Sumber Rezeki

Tidak terpikirkan sebelumnya kalau sampai saat ini, saya bisa hidup dari internet. Maklum, dulu awal membuat blog sekitar tahun 2009, tidak pernah bisa konsisten mengisi konten.

Memang sebelum 2009 saya sudah mengenal internet, tapi saat itu masih belum familiar seperti saat ini. Saya ingat betul, sekitar tahun 2006 saya dan teman-teman mengayuh sepeda sejauh 5 km demi bisa menyewa warnet. Tidak ada yang banyak dilakukan, hanya bermain-main mencari teman baru melalui Yahoo Messenger.

Setelah 2006, saya belum terlalu memikirkan dunia internet karena fokus dengan pendidikan. Hingga akhirnya pada akhir 2009 saya bersinggungan kembali di dunia maya melalui blog.

Namun, sudah menjadi drama setiap pendatang baru, konsisten membuat konten itu hal yang mustahil. Terlebih lagi tidak ada motivasi kuat untuk terus menulis. Akhirnya pada bulan Juni 2010, semangat kembali tersulut setelah melihat teman sekampung bisa konsisten menulis di blog.

pertama kenal dunia internet
Hasil capture tulisan pertama saya di blog tunsa.wordpress.com

Bertambah Teman Dunia Maya

Seiring berjalannya waktu, ternyata blog membawa saya banyak mengenal orang-orang yang sehobi. Setiap hari kami saling berkunjung membaca blog masing-masing dan meninggalkan komentar di sana.

Ternyata pertemanan itu tidak sebatas di dunia maya saja, akan tetapi berlanjut ke dunia nyata. Saat pergi ke suatu daerah, maka kami akan saling bertemu satu sama lain. Aktivitas tersebut dinamakan kopdar. Meskipun baru kali pertama, saya merasa setiap pertemuannya sangat menyenangkan tanpa rasa canggung.

Obrolan begitu seru seolah sudah sering bertemu. Ternyata rasa itu membuat saya semakin konsisten dan awet di dunia tulis menulis blog.

Asiknya lagi, setiap blogger berasal dari bermacam-macam usia dan profesi. Meski demikian, kami saling menghargai dan support satu sama lain. Baru kali itu saya benar-benar bisa merasakan betapa besarnya manfaat internet dalam kehidupan.

Semangat Ngeblog Berkat Ini

Tak dipungkiri memang salah satu yang membuat semangat menulis di blog adalah jaringan internetnya. Internet yang cepat dan stabil semakin membuat terus semangat menulis setiap hari.

Sebagaimana kita ketahui bersama, internet era sebelum 4G datang begitu lambat, kecuali internet kabel. Selain lemot, tarif kuota juga tergolong mahal. Karena itu saya menggunakan provider internet kabel dari Telkom Indonesia.

Saat itu masih bernama Telkom Speedy, sekarang sudah berganti nama menjadi IndiHome. Kalau boleh jujur, internet kabel saat itu lebih mumpuni dibanding dengan mobile internet. Kelebihan internet kabel ini memang kecepatannya lebih stabil. Hanya saja saat terjadi hujan lebat sering terjadi insiden kabel putus tertimpa pohon tumbang.

telkom speedy
Sumber gambar: seputarharapanindah.com

Dengan internet yang cepat dan kuota unlimited, tentu saja saya bisa lebih bisa mengeksplorasi banyak hal melalui internet tanpa khawatir lagi. Telkom memang salah satu penyedia internetnya Indonesia yang sudah sejak lama ada dan dipercaya masyarakat Indonesia.

Mulai Menghasilkan Uang dari Internet

Beberapa tahun bergelut dengan blog, pertemanan satu hobi ini kian solid. Seolah tidak ada jarak memisahkan para blogger se-Indonesia untuk saling silaturahmi, meski hanya dari blog satu ke blog lain. Semakin rajin berkunjung, traffic blog pun menjadi semakin tinggi.

Akhirnya seiring bertambahnya pengalaman menulis usia blog, mulai ada permintaan blog post berbayar. Jadi, saya diberi sejumlah uang untuk menulis artikel sesuai permintaan mereka lalu mengunggahnya di blog.

Nilainya memang tidak terlalu besar, tapi sebagai pemula tentu saja sangat menyenangkan. Mulai ratusan ribu hingga pernah mendapat dua juta rupiah untuk satu kali post di blog. Alhamdulillah.

Ternyata pintu rezeki saya dari internet semakin terbuka. Ada banyak hal yang baru saya ketahui kalau kita bisa menghasilkan uang dari internet. Salah satunya dengan menjadi publisher Google Adsense.

Pada tahun 2013 saya juga mendaftarkan blog ini ke Google Adsense beberapa hari kemudian langsung disetujui. Lagi-lagi, saya kembali menjadi seorang pemula. Dan itu tidak mudah, terbukti selama setahun saya belum juga bisa mendapatkan uang dari Google.

FYI, satu syarat agar kita bisa mendapat bayaran dari Google adalah minimal saldo diakun google adsense sejumlah 100 dolar selama satu bulan. Beberapa waktu kemudian, pengalaman yang menjawabnya. Saya bisa selalu rutin payout setiap bulan. Alhamdulillah.

Benar-Benar Hidup dari Internet

Semakin banyak hal yang bisa diketahui ternyata dunia internet ini asik dan menyenangkan. Apalagi setelah rutin mendapat penghasilan dari internet. Akhirnya sekitar tahun 2014 saya memutuskan untuk menjadi full time blogger.

Saya jadi sadar betul kalau dunia internet ini luas. Berbagai revenue stream dari internet bisa kita dapatkan kalau tahu ilmunya. Dua tahun setelahnya saya mengikuti banyak seminar online secara gratis. Dari salah satu webinar tersebut, saya mencoba belajar tentang media sosial facebook. Ternyata tidak hanya untuk berinteraksi dengan orang lain, facebook menyimpan rahasia besar untuk meningkatkan penghasilan.

Sejak saat itu mulailah saya mengenal online shop dengan facebook sebagai sumber trafficnya. Mulai 2016 saya mencoba pertama kalinya beriklan di media sosial tersebut.

Dari sinilah awal mula saya benar-benar bisa hidup dari dunia internet. Walaupun banyak hal tidak mudah untuk dilalui, tapi akhirnya bisa terus bertahan untuk mencari penghidupan dengan cara jualan online.

iklan facebook

Tidak terlalu besar seperti teman-teman internet marketer lainnya, tapi saya sudah sangat bersyukur bisa hidup dari sana. Kalau bisa disimpulkan secara singkat, saya menjalani sesuatu dari hobi hingga bisa menjadi sumber rezeki.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.