Jual Kelapa Muda

Diposting pada

jual kelapa muda

Terhitung sejak tahun 2009, saya sudah bergelut dengan dunia online. Sampai-sampai sumber penghasilan saya pun berasal dari online. Mulai dari jualan online, hingga monetisasi dari google dan youtube.

Meskipun sudah terlanjur nyaman, tapi sebenarnya dalam lubuk hati paling dalam, saya tetap punya impian memiliki bisnis offline. Benar-benar secara offline, bertatap muka langsung kepada pada konsumen.

Tampaknya, aktivitas bertemu orang secara langsung, semacam pedagang-pedagang pasar terlihat menyenangkan. Bermacam-macam karakter orang akan saya temui saat berjualan secara offline.

Setelah lama merenung dan berpikir dalam-dalam, akhirnya saya memilih untuk jual kelapa muda.

Akhirnya Jualan Degan

Memang ini bukan yang saya impikan, tapi setidaknya saya sudah melangkah untuk memulai bisnis offline. Jual kelapa muda memang bukan yang saya inginkan, tapi orang bilang, kalau bisnis itu menunggu kesempatan bertemu dengan momentum.

Meski awalnya alot untuk mulai ‘jalan’, tapi akhirnya terlaksana. Entah prosesnya bagaimana, kalau sudah dikasih jalan, semuanya terlihat mengalir begitu saja. Qadarullah wa maa syaa a fa’ala.

Memang saya mulai jualan kelapa muda, atau biasa kita kenal dengan degan, belum lama. Berawal dari bulan puasa tahun ini, 2021. Pas mulai awal puasa, saya mulai jualan kelapa muda dan kelapa tua di pasar.

Kok Bisa Kepikiran Jual Degan?

Yaa, seperti yang saya katakan tadi, kalau sudah ada jalan, kayaknya mengalir begitu saja. Oke… oke… sebenarnya bukan hanya ‘begitu saja’, tapi ada sesuatunya.

Hmm… sesungguhnya kakak ipar saya sudah mulai jualan kelapa tua terlebih dahulu. Ya, kurang lebih setahun lebih lama lah. Beberapa kali saat bertemu, ngobrol sana sini akhirnya mengerucutlah obrolan saya mengenai kelapa, karena penasaran.

Kakak ipar memang tidak jualan secara langsung ke pasar, beliau hanya sebagai tengkulak. Jadi, beli langsung dari petani, dan langsung mengantarkan ke para pedagang di pasar.

Alhasil, singkat cerita, saya memutuskan untuk jualan kelapa juga, dengan langkah awal, ambil dari kakak ipar. Tapi dengan sistem jualan yang berbeda, saya jual secara langsung ke konsumen.

Ya, awalnya memang hanya jual kelapa tua saja. Beberapa saat kemudian, saya juga membawa beberapa kelapa muda ke lapak. Eh, ternyata respon pasar sangat bagus waktu itu. Bahkan lebih bagus daripada penjualan kelapa tua.

Saat itu juga saya memutuskan untuk mendatangkan kelapa muda lebih banyak. Dan akhirnya, hingga saat ini, hampir 90 persen penjualan saya didominasi oleh degan.

Begitulah sedikit cerita saya, bagaimana tiba-tiba kok jual kelapa muda. Memang setelah jualan secara offline, ada kepuasan batin tersendiri saat berinteraksi dengan orang lain. Meskipun suasana sedih juga muncul saat pasar sedang sepi, hehe.

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

2 thoughts on “Jual Kelapa Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.