Makan Malam Bikin Gemuk, Benarkah?

Diposting pada

makan malam bikin gemuk

Tubuh manusia agar bisa tetap bisa bekerja dengan baik harus diberi asupan yang cukup. Tidak ada satu makhluk hidup pun di dunia ini yang bisa beraktivitas normal tanpa makan. Terlebih lagi manusia, satu-satunya makhluk hidup yang paling cerdas di bumi.

Pada umumnya, kita makan sehari tiga kali, yahh memang ada yang makan sehari sekali atau bahkan tidak makan sama sekali. Bersyukur yang untuk Anda yang berkecukupan bisa makan tanpa memikirkan bagaimana cara mendapatkan makanannya. Hadeeh jadi tambah ngawur, mari kita kembali ke topik.

Makan Malam Bikin Gemuk?

Pola pikir kita sudah terbentuk dari kecil bahwa makan itu harus tiga kali, sarapan, makan siang dan makan malam. Sehingga meskipun sebenarnya kita belum benar-benar lapar, kalau sudah waktu makan tiba ya harus makan. Tapi tahukah Anda bahwa ada satu waktu makan yang sebenarnya sudah banyak orang menghindarinya. Yaitu, makan malam.

Kenapa banyak yang menghindari? sebab makan malam itu bikin kita tambah gemuk. Secara medis memang semakin malam, metabolisme manusia semakin melambat. Memang fitrahnya begitu. Ketika proses metabolisme tubuh melambat, maka makanan yang kita konsumsi lebih mudah menjadi lemak.

Disamping itu kegiatan malam yang tidak sebanyak siang hari membuat lemak tersebut tidak mudah terbakar menjadi kalori. Oleh karena itu ada beberapa metode diet alami yang dilakukan sebagian orang dengan cara meniadakan makan malam. Makan paling lambat itu sebelum jam 6 sore.

Bagaimana Kalau Lapar di Malam Hari?

Ya makan saja. dr Herlina Kurniawati mengatakan bahwa kita sebenarnya boleh makan di malam hari, hanya saja kurangi makanan yang berkalori tinggi seperti nasi dan roti. Pilih makanan berkalori renda dan berprotein, misalnya daging tanpa lemak, sayuran maupun buah-buahan.

Memang kegemukan dan lemak dipinggang tidak hanya disebabkan karena makan di malam hari. Tapi secara umum, kelebihan makanan yang masuk dari pagi hingga malam juga bisa. Intinya, asupan makanan yang dikonsumsi tidak semuanya terbakar menjadi kalori.

Demikian beberapa hal tentang fakta makan malam bisa bikin gemuk. Selain mengurangi makan malam, untuk menjaga tubuh agar tidak gemuk dengan cara olahraga ringan setiap harinya. Semoga bermanfaat, bagi yang berusaha untuk menurunkan berat badan seperti saya, hehe.

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.